Penjualan Mobil Listrik Bulan Oktober 2022, Wuling Air ev Terlaris

Oleh Arendra Pranayaditya pada 24 Nov 2022, 18:29 WIB
Diperbarui 24 Nov 2022, 18:29 WIB
Wuling Air ev GIIAS 2022
Mobil listrik mungil Wuling Air ev menarik banyak perhatian pengunjung GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Segmen mobil listrik terus berkembang di Indonesia. Selain lebih ramah lingkungan, harga bahan bakar minyak (BBM) yang melambung, dan beragam model mendorong ketertarikan masyarakat terhadap Electric Vehicle (EV).

Saat ini pasar EV di Indonesia diramaikan oleh 7 merek, mulai dari Hyundai, Lexus, DFSK, MINI, Nissan, Toyota dan Wuling.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil listrik pada bulan Oktober 2022 mencapai angka 2.158 unit.

Video Terpopuler saat Ini

Wuling Air ev Terlaris

Dari data tersebut, Wuling Air ev menjadi mobil listrik terlaris di bulan Oktober 2022. Mobil mungil ini mencatat angka penjualan 1.629 unit, dengan 1.334 unit di antaranya datang dari tipe Long Range.

Mobil listrik terlaris berikutnya adalah Hyundai Ioniq 5 dengan total penjualan mencapai 523 unit. Tipe paling laku adalah Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range yang terjual sebanyak 497 unit.

Sedangkan Lexus UX300e terjual 5 unit dan DFSK Gelora E Minibus dengan 1 unit terjual di bulan Oktober kemarin.

Tidak Ada Penjualan

Hyundai Ioniq 5 IIMS 2022
Hyundai Ioniq 5 resmi diluncurkan ke publik pada hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Beberapa mobil listrik di daftar wholesales Gaikindo tidak mencatat adanya penjualan di bulan Oktober.

Sebagai contoh Nissan LEAF, Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric bulan lalu tidak mencatatkan adanya penjualan. Berbeda dengan bulan September 2022.  Begitu juga dengan Genesis G80 Electrified, Mini Electric, serta Toyota C+Pod.

Beberapa mobil listrik terbaru seperti Toyota bZ4X, BMW Ix, dan BMW i4 belum masuk dalam hitungan wholesales bulan Oktober.

Penjualan Januari-September 2022

Sementara angka penjualan dari bulan Januari hingga September mencapai 3.824 unit.

Dari total penjualan tersebut, Wuling Air ev menjadi mobil listrik terlaris kurun waktu Januari hingga September 2022. Mobil listrik mungil ini terjual sebanyak 2.708 unit, di mana 1.973 unit di antaranya adalah tipe Long Range.

Berikutnya di posisi kedua ada Hyundai Ioniq 5. SUV futuristik ini mencatat angka penjualan sebesar 947 unit. Model paling diminati adalah Ioniq 5 tipe Signature Long Range yang laku 692 unit.

Posisi ketiga ditempati oleh Hyundai Ioniq Electric. Mobil bergaya liftback ini terjual sebanyak 45 unit. Varian paling banyak dibeli adalah tipe Signature dengan angka 41 unit.

Nissan LEAF dan MINI ELectric

Nissan Leaf
Nissan Leaf direncanakan bakal dirilis di 7 negara Asia & Oceania. (Arief/Liputan6.com)

Lalu di posisi keempat ada Nissan LEAF. Mobil listrik yang diluncurkan pada bulan Agustus tahun lalu ini mencatat angka penjualan 32 unit.

Nissan LEAF ditempel dekat oleh Hyundai Kona EV. SUV listrik asal Korea Selatan ini terjual sebanyak 20 unit, yang seluruhnya merupakan varian termahal Signature.

Sementara MINI Electric menempati posisi keenam. Hatchback premium BMW Group ini terjual sebanyak 13 unit. Angka tersebut merupakan gabungan dari wholesales MINI Electric dan MINI Electric Collection.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya