Sebentar Lagi Meluncur, Toyota Mulai Produksi All New Kijang Innova Zenix Hybrid di Indonesia

Oleh Arendra Pranayaditya pada 21 Nov 2022, 12:08 WIB
Diperbarui 21 Nov 2022, 12:09 WIB
All New Kijang Innova Zenix Hybrid (Otosia/Arendra Pranayaditya)
All New Kijang Innova Zenix Hybrid (Otosia/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi memulai produksi produk baru All New Toyota Innova Zenix Hybrid di Indonesia, Senin (21/11/2022). Acara ini diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto di pabrik TMMIN, Karawang.

Mobil ini menjadi produk Hybrid pertama Toyota yang dibangun dalam negeri. Innova Zenix Hybrid juga melengkapi lini produk hybrid Toyota di Indonesia, mulai dari Corolla Hybrid, Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid hingga Camry Hybrid.

"Pemerintah mengucapkan selamat atas peluncurannya produk sejuta umat Toyota Kijang. Kami harapkan Innova bisa kata Airlangga.

Video Terpopuler saat Ini

Mengurangi emisi

All New Kijang Innova Zenix Hybrid (Otosia/Arendra Pranayaditya)
All New Kijang Innova Zenix Hybrid (Otosia/Arendra Pranayaditya)

Peresmian produksi mobil hybrid Toyota pertama di Indonesia juga menjadi langkah penting dari merek asal Jepang itu.

Dengan salah satu produk andalannya kini bermesin hybrid dan diproduksi lokal, bisa dikatakan produk hybrid kedepannya akan mendapatkan status yang sama.

Selain itu, kehadiran Innova Zenix Hybrid ini juga akan menjadi langkah baru Toyota dalam menghadirkan produk yang lebih ramah lingkungan, dengan basis elektrifikasi, terlebih lagi Toyota juga akan mempunyai pabrik baterainya sendiri.

"Tentu saya berharap kedepannya untuk tipe SUV atau MPV juga menggunakan teknologi elektrifikasi," tukas Airlangga.

Prediksi Spesifikasi Innova Zenix

All New Kijang Innova Zenix Hybrid (Otosia/Arendra Pranayaditya)
All New Kijang Innova Zenix Hybrid (Otosia/Arendra Pranayaditya)

Meski resmi diproduksi, All New Toyota Innova Zenix belum resmi diluncurkan ke publik.Sementara ini prediksi mobil ini mencakup tersedia dengan dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid. Informasi detail terkait mesin masih terbatas, namun diduga kuat mempunyai kapasitas 2.000cc.

Meski belum dikonfirmasi langsung, kemungkinan besar jantung pacu yang akan digunakan kelak berasal dari seri mesin M20A yang ditemukan pada berbagai model baru Toyota secara global.

Versi bensin adalah M20A-FKS yang saat ini dipasangkan pada Voxy terbaru di Indonesia. Jeroan berkapasitas 2.000cc naturally arpirated ini menghasilkan output 170 PS dan torsi 202 Nm.

Sedangkan varian hybrid boleh jadi mengandalkan M20-FXS yang digunakan pada berbagai model hybrid Toyota di Eropa, seperti Corolla Cross Hybrid dan C-HR Hybrid.

Spesifikasinya bergantung pada pilihan penggerak roda. Penggerak roda depan (FWD) menghasilkan output 178 PS dengan torsi 202 Nm, sedangkan varian penggerak empat roda (4WD) menyemburkan tenaga 152 PS dan torsi puncak 190 Nm.

Platform TNGA

All New Toyota Innova dikabarkan akan berbeda dengan model sebelumnya. Paling utama adalah pergantian sasis berbasis platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Ubahan sasis ini juga menggantikan struktur dasar Innova. Mobil ini akan mengusung sasis monokok dan berpenggerak roda depan (FWD). Hal ini kontras dengan model-model sebelumnya yang mengandalkan sasis ladder frame dan penggerak roda belakang (RWD).

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya