Pekan Depan Meluncur, Beginikah Wujud Interior Innova Hybrid Terbaru?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 16 Nov 2022, 09:11 WIB
Diperbarui 16 Nov 2022, 09:11 WIB
Render Toyota Innova Hybrid
Render Toyota Innova Hybrid (Top Gear Philippines/Andrew Guerrero)

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) kemarin mengumumkan tanggal peluncuran All New Toyota Innova. Salah satu MPV andalan Toyota ini akan debut pekan depan, hari Senin (21/11/2022).

Model baru ini dikabarkan akan menambatkan banyak perubahan signifikan. Bahkan varian diesel dikabarkan akan digantikan oleh mesin bensin dengan teknologi hybrid.

Sementara penggunaan penggerak roda belakang (RWD) diubah menjadi penggerak roda depan (FWD), lantaran FWD dinilai mempunyai lebih banyak keuntungan secara keseluruhan.

Video Terpopuler saat Ini

Interior

Spyshot interior Toyota Innova terbaru
Spyshot interior Toyota Innova terbaru (motorbeam.com)

Satu hal yang masih menjadi misteri adalah wujud interiornya. Toyota Innova kerap ditemukan sedang tes jalan, namun bagian kabin mobil ini masih menjadi belum banyak terungkap.

Wujud interior mobil ini sedikit terungkap pada spyshot yang diunggah situs motorbeam.com beberapa waktu lalu. Kualitas video yang kurang memadai membuat melihat detail interior MPV ini cukup sulit.

Dari video singkat tersebut, beberapa aspek baru bisa diidentifikasi, seperti head unit besar model floating, konsol tengah yang cukup tinggi dan di bagian luar ventilasi AC terlihat ada aksen krom di sekelilingnya.

Render

Render interior Toyota Innova terbaru
Render interior Toyota Innova terbaru (Instagram/@hansautoworks)

Meski spyshot yang diunggah kurang memadai, beberapa orang mencoba menggambarkan wujud desain interior baru All New Toyota Innova. Salah satunya adalah akun Instagram @hansautoworks.

Akun ini mengunggah sebuah karya render, menunjukkan prediksi tampilan bagian dasbor Innova terbaru. Render yang ditampilkan menggunakan basis dari bocoran informasi yang sudah tersebar di internet.

Mewah

Teaser terbaru Toyota Innova Hybrid panoramic sunroof
Teaser terbaru Toyota Innova Hybrid menunjukkan adanya fitur panoramic sunroof (TAM)

Gambar tersebut menunjukkan tampilan interior serba premium. Dasbor dibuat bertingkat dengan warna coklat tua di atas dan hitam di bawah. Sama seperti spyshot, terlihat ada aksen warna perak di sekitar ventilasi AC.

Bagian konsol tengah menjadi lebih besar, menyerupai bentuk kepunyaan Toyota Voxy terbaru. Lalu panel AC menjadi digital dan minimalis dan di tengah dasbor terlihat head unit besar model floating.

Kesamaan dengan Voxy juga terlihat pada bagian setirnya yang sama. Sementara di belakangnya ada speedometer analog dengan MID digital di bagian tengah.

Sebagai pelengkap, mobil ini juga mendapatkan sepasang cup holder di area pojok dasbor, tuas transmisi baru, berbagai panel-panel soft touch, jok baru dan rem tangan menjadi elektrik.

Bocoran spesifikasi mesin

Sementara soal mesin yang dipinang, Toyota Innova terbaru dikabarkan akan mengusung mesin hybrid bensin yang dinilai lebih efisien dan ramah lingkungan. Varian hybrid ini juga dikabarkan akan menggantikan pilihan mesin 2.400cc diesel yang digunakan saat ini.

Spesifikasi mesin hybrid masih menjadi teka-teki. Namun berbagai situs di luar negeri memprediksi bahwa mesin baru ini berkapastias 2.000cc bensin.

Mesin Paling Mendekati

Spesifikasi paling mendekati adalah mesin M20A-FKS yang digunakan pada Toyota Voxy terbaru di Indonesia. Mesin itu menghasilkan tenaga 170 PS di 6.600 rpm dan torsi puncak 202 Nm pada 4.800 rpm.

Sedangkan varian hybrid dari mesin ini berkode M20A-FXS dan hanya ditemukan pada Toyota Corolla Hybrid, Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid di Eropa.

Untuk Corolla Cross Hybrid, spesifikasi jantung pacunya bergantung pada sistem penggerak roda. Penggerak roda depan (FWD) menghasilkan output 178 PS dengan torsi 202 Nm, sedangkan varian penggerak empat roda (4WD) menyemburkan tenaga 152 PS dan torsi puncak 190 Nm.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya