Viral Toyota Innova Nyaris Adu Banteng saat Nekat Nyalip di Tikungan, Pahami Aturan Marka Jalan Biar Tak Sembrono

Oleh Ahmad Muzaki pada 15 Nov 2022, 14:14 WIB
Diperbarui 15 Nov 2022, 14:14 WIB
Toyota Innova nyaris adu banteng (Instagram/@dashcamindonesia)
Toyota Innova nyaris adu banteng (Instagram/@dashcamindonesia)

Otosia.com, Jakarta Aksi pengendara ugal-ugalan di jalan sering ditemui, padahal hal semacam ini sangatlah berbahaya. Bisa memicu terjadinya tabrakan yang nantinya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baru-baru ini viral pengendara Toyota Innova nekat menyalip di tikungan. Padahal sudah jelas bahwa marka jalan menunjukkan garis putih tanpa putus.

Video yang memerlihatkan kejadian ini diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia pada Senin (14/11/2022). "Marka tidak putus ,nyalip ditikungan untung aja masih selamt," tulis akun tersebut.

Video Paling Dicari saat Ini

Nyaris Adu Banteng

Pengendara Innova nekat menyalip Pajero Sport dan truk yang ada di depannya. Namun dari arah berlawanan ada mobil yang melintas dengan cukup kencang.

Melihat hal itu pengendara Innova langsung menghindar banting setir ke kanan keluar dari aspal. Kedua kendaraan pun tak saling bertabrakan dan mobil dari arah berlawanan langsung melanjutkan perjalanan.

Sebenarnya pemobil yang merekam video hendak mengikuti jejak Innova hitam tersebut. Namun ketika melihat akan bertabrakan ia langsung mengerem dan kembali ke jalurnya.

Aturan Marka Jalan

Jika dicermati, pengendara Innova nekat menyalip di tikungan dengan marka jalan menunjukkan garis sambung utuh atau tanpa putus. Hal ini semacam ini tak diperbolehkan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 1993 dan Peratuan Menteri Perhubungan Nomor 67 Tahun 2018.

Secara fungsi sendiri, marka garis sambung utuh sebagai tanda bahwa pengendara tidak boleh mendahului kendaraan lain atau dilarang melewati garis marka. Alasan di baliknya terkait keamanan, sebab sangat berbahaya jika dilanggar.

Umumnya marka garis sambung utuh berada di tikungan tajam, jalan menurun, jalan berbelok-belok, dan rute-rute berbahaya lainnya.

Komentar Netizen

Video yang telah ditonton lebih dari 29 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salfok ke perekam video, sebab sama-sama mau menyalip di tikungan.

"Seneng gw sama DC. Menyerahkan sendiri barang bukti pelanggarannya," tulis abangabenk

"DC nya juga jadi Makmum Sama saja dong," jelas valiant.nugraha224

"Lah elu DC juga nganan2 siap2 nyalip, samanya ma dia 😂," ungkap lona.2434

"positif thingking itu supir travel 😂😂," komentar heryhardiyanto24

"Rata2 supir sumatera emang bgitu, suka lawan adrenalin 😂," tulis arwin_sofian

Video

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya