Luncurkan bZ4X, Ini Alasan Kenapa Toyota Baru Hadirkan Mobil Listrik di Indonesia

Oleh Arendra Pranayaditya pada 11 Nov 2022, 17:13 WIB
Diperbarui 11 Nov 2022, 17:13 WIB
Toyota bZ4X
Toyota bZ4X (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Kamis (11/10/2022) meluncurkan mobil listrik Toyota bZ4X di Indonesia. Mobil ini menjadi pelengkap lini produk mobil ramah lingkungan Toyota di Indonesia, setelah Lexus UX300e untuk segmen premium.

Kehadiran mobil ini terbilang cukup telat dibanding model lainnya. Sebagai contoh Nissan LEAF dirilis pada tahun 2021. Sedangkan Hyundai Ioniq 5 debut di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 kemarin. Bahkan Lexus UX 300e lebih dulu hadir di tahun 2020.

Meski terbilang sebagai salah satu brand paling populer di tanah air, mengapa Toyota baru memboyong mobil listrik sekarang?

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Permintaan

Toyota bZ4X
Toyota bZ4X (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, menjelaskan bahwa menghadirkan mobil listrik ke tanah air bukanlah perkara yang mudah.

Memboyong kendaraan listrik, katanya, memerlukan banyak persiapan, terutama dari segi infrastruktur. Selain itu kehadiran suatu Electric Vehicle (EV) juga bergantung pada permintaan pasar.

"Semua produk pastinya kita sesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia," papar Anton di sela-sela peluncuran All New Toyota bZ4X.

Alasan Lexus Lebih Dulu

Lexus UX300e KTT G20
Lexus UX300e digunakan sebagai kendaraan resmi KTT G20 Bali (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sementara untuk target konsumen yang ideal, Anton menilai untuk saat ini pasar mobil listrik lebih ditujukan untuk segmen menengah ke atas.

Begitu juga terkait infrastruktur charging station untuk mobil listrik yang belum memadai juga menjadi salah satu faktor utama. Dengan demikian Toyota memutuskan untuk meluncurkan mobil listrik melalui merek Lexus terlebih dahulu.

"Untuk segmen BEV murni itu masuknya dari segmen atas dulu. Itu kenapa kita luncurkan yang Lexus lebih dulu. Kemudian kita melakukan survey di GIIAS dan hari ini kita luncurkan product bZ yang pertama," tukas Anton.

Model Lain

Anton juga sedikit menyinggung tentang produk mobil listrik Toyota berikutnya.

Meski tidak menyebut model, ia memastikan. indonesia kedepannya akan diramaikan oleh beragam mobil listrik murni dari Toyota. Mobil ini bisa hadir dari lini beyond Zero (bZ) atau BEV Toyota. Bahkan bisa jadi mempunyai harga yang lebih rendah.

"Pastinya kedepannya kami akan menghadirkan beragam produk elektrifikasi, menyusuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia dan infrastruktur yang ada," ujarnya.

Spesifikasi bZ4X

Toyota bZ4X hadir sebagai mobil listrik pertama Toyota. Mobil ini juga melengkapi lini produk elektrifikasi Toyota, mulai dari Hybrid Electric hingga Pure EV.

Mobil ini hadir dengan tampilan unik dan berbagai fitur menarik, sebagai contoh adalah posisi berkendara menarik, head unit besar berukuran 12.3 inci, panoramic sunroof, jok kulit elektrik dan sudah disematkan Toyota Safety Sense 3.0 terbaru.

Toyota bZ4X dibekali motor listrik tunggal dengan semburan tenaga 204 hp dan torsi 266 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD). Baterai bawaannya berukuran 71.4 kWh  dengan klaim jarak tempuh mencapai 500 km.

Mobil ini dijal Rp 1.190.000.000

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya