Honda Patenkan CR-V Generasi Baru di Indonesia, Segera Meluncur?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 09 Nov 2022, 14:07 WIB
Diperbarui 09 Nov 2022, 14:07 WIB
Paten Honda CR-V
Paten Honda CR-V (DJKI Kemenkumham, Honda)

Otosia.com, Jakarta PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini meluncurkan WR-V. Mobil ini menjadi SUV termurah, sekaligus pelengkap lini SUV Honda di Indonesia.

Honda WR-V diposisikan sebagai small SUV, bersaing dengan Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan KIA Sonet. Mobil ini mengambil basis yang sama dengan Honda BR-V, namun mempunyai bodi yang lebih kompak.

Setelah meluncurkan WR-V, Honda berpotensi menghadirkan satu SUV baru di Indonesia.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Paten

Paten Honda CR-V terbaru
Paten Honda CR-V terbaru (DJKI Kemenkumham)

Salah satu paten mobil Honda terdaftar di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham, pada Berita Resmi Desain Industri No. 33/DI/2022 yang terbit pada tanggal 2 November 2022 lalu.

Paten mobil ini ditemukan dengan nomor permohonan A00202200178 dan paten sebelumnya mem perlihatkan beberapa bagian kendaraan, mulai dari bumper depan hingga lampu belakang.

Meski terdaftar tanpa nama, diduga kuat bahwa paten tersebut adalah Honda CR-V terbaru. Paten ini diajukan oleh Honda Motor Co., Ltd.

Desain

All New Honda CR-V
All New Honda CR-V (Honda)

Paten baru Honda CR-V mengusung tampilan sekilas mirip dengan model sebelumnya. Bentuk keseluruhan bodi cenderung bongsor dengan beberapa perubahan di bagian detailnya.

Sebagai contoh lampu depan mobil ini menjadi lebih pipih dan menyambung ke grill depan. Lalu bumper depan mobil ini juga berbeda dengan adanya tarikan garis melengkung di sisi samping.

Bagian samping SUV ini paling mirip dengan CR-V model sebelumnya, sekilas tidak mempunyai perubahan signifikan. Sementara sektor buritan diberikan desain lampu dan bumper belakang lebih segar.

Spesifikasi

Honda Bocorkan Interior CR-V Generasi Baru (Autoblog)
Honda Bocorkan Interior CR-V Generasi Baru (Autoblog)

All New Honda CR-V sudah diluncurkan lebih dulu untuk pasar Amerika Serikat. Mobil itu mendapatkan beberapa fitur kenyamanan dan keselamatan, seperti speedometer digital, sistem audio premium buatan BOSE dengan 12 speaker dan sudah disematkan Honda Sensing.

Honda CR-V terbaru tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah 1.500cc turbo dengan semburan tenaga 190 hp dan torsi 242 Nm.

Opsi yang kedua adalah mesin 2.000cc Atkinson Cycle dengan sistem hybrid yang menggunakan sepasang motor listrik. Hasil kombinasi antara keduanya menghasilkan output 204 hp dan torsi 335 Nm.

Honda CR-V paling anyar hanya tersedia dengan transmisi CVT dan secara umum menyalurkan tenaga ke roda depan (FWD). Versi lainnya adalah penggerak setiap roda (AWD).

Tes di Thailand

Honda CR-V tes jalan
Honda CR-V terbaru terciduk sedang tes jalan di Thailand (paultan.org)

SUV ini juga tertangkap kamera oleh salah satu anggota grup Facebook Honda HR-V 2022 Club Thailand. Mobil ini ditemukan sedang wara-wiri sekitar jalanan Khao Yai, Thailand.

Meski tertutup kamuflase, beberapa bagian menunjukkan bahwa SUV ini kemungkinan besar adalah Honda CR-V generasi keenam. Paling mencolok adalah bentuk lampu belakang, desain knalpot baru dan pelek yang mirip dengan kepunyaan CR-V terbaru.

Lantaran masih tertutup kamuflase dan dalam tahap pengetesan, belum banyak detail yang terungkap terkait mobil ini. Belum diketahui apakah mengusung mesin turbo konvensional atau hybrid, serta tidak diketahui terkait perubahan spesifikasi untuk model di negara Asia lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya