Sama-sama Hybrid, Pilih Wuling Almaz atau Toyota Corolla Cross?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 04 Nov 2022, 17:08 WIB
Diperbarui 04 Nov 2022, 17:08 WIB
Toyota Corolla Cross Hybrid dan Wuling Almaz Hybrid
Toyota Corolla Cross Hybrid dan Wuling Almaz Hybrid (Toyota, Wuling)

Otosia.com, Jakarta PT Wuling Motors Indonesia baru saja meluncurkan Almaz hybrid terbaru, Kamis (3/11/2022). SUV ini mejadi produk ramah lingkungan kedua, setelah peluncuran Air ev di GIIAS 2022 silam.

Kehadiran Almaz Hybrid kemungkinan akan menimbulkan persaingan yang lebih sengit di segmen mobil hybrid. Salah satunya bersaing sengit dengan Toyota Corolla Cross Hybrid, lantaran keduanya sama-sama merupakan mobil SUV bermesin hybrid.

Kedua mobil ini mempunyai keunggulannya masing-masing, dari segi fitur dan harga. Lantas mobil mana yang lebih layak dipinang?

Video Terpopuler saat Ini

Eksterior

Toyota Corolla Cross Hybrid IIMS 2022
Toyota Corolla Cross Hybrid dipajang pada booth Toyota menjelang acara otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Secara tampilan, kedua SUV ini pada dasarnya mengusung desain yang sama seperti varian bensin non-hybridnya. Sebagai contoh, Toyota Corolla Cross Hybrid pada dasarnya mirip dengan Corolla Cross non-hybrid, kecuali tambahan aksen-aksen biru di lampu dan logo.

Kasus yang sama juga ditemukan pada Almaz hybrid. Model ini mengusung tampilan mirip dengan Almaz RS Pro, kecuali aksen-aksen merahnya diganti berwarna biru.

Secara fitur keda SUV ini sama-sama lengkap, seperti adanya fitur lampu depan dan belakang LED, pelek two tone, keyless entry dan rem belakang sudah cakram. Namun Almaz lebih unggul sedikit, lantaran atapnya sudah dipasangkan panoramic sunroof. Sementara Corolla Cross hanya menggunakan sunroof konvensional.

Interior

Interior Toyota Corolla Cross Hybrid
Interior Toyota Corolla Cross Hybrid (TAM)

Interior Wuling Almaz dan Toyota Corolla Cross memiliki keunggulannya masing-masing. SUV hybrid dari Toyota mempunyai bagasi lapang dengan kapasitas 440 liter. Selain itu pintu bagasi bisa terlipat otomatis dan warna interior hitamnya memberi kesan premium.

Di sisi lain interior Wuling Almaz lebih unggul dari segi fitur. Mobil ini sudah dilengkapi voice command, speedometer digital dan head unit serba besar. Lalu, meski tetap disematkan sistem hybrid, Almaz masih bisa menampung 7 penumpang. Almaz juga mempunyai rem parkir elektrik, tidak seperti Corolla Cross yang masih sistem pedal injak.

Kumpulan fitur lainnya kurang lebih sama di antara keduanya, seperti AC digital otomatis, kursi berbalut bahan kulit, jok pengemudi elektrik, armrest di depan dan belakang, serta setir dengan audio steering switch.

Keselamatan

Wuling Almaz Hybrid
Wuling Almaz Hybrid (Wuling)

Wuling Almaz Hybrid lebih lengkap dari segi fitur keselamatan. SUV asal Tiongkok ini sudah mendapatkan Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang membantu mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Artinya, mobil ini bisa menggunakan fitur seperti Lane Keep Assist, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control, Collision Mitigation Braking System, serta High Beam Assist.

Sedangkan Toyota Corolla Cross lebih sederhana dalam fitur keselamatannya. SUV ini dilengkapi Traction Control, Hill Start Assist, 6 airbags, ABS, EBD dan Emergency Stap Signal. Fitur-fitur ini juga ditemukan di Almaz Hybrid.

Performa dan harga

Interior Wuling Almaz Hybrid
Interior Wuling Almaz Hybrid (Wuling)

Toyota Corolla Cross hybrid memboyong mesin bensin 1.800cc 2ZR-FXE dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi 142 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan motor listrik dengan daya pacu 72 PS dan torsi 162 Nm.

Sedangkan Wuling Almaz Hybrid dibenamkan mesin bensin 2.000cc yang menghasilkan output 123 hp dan torsi 168 Nm. Mesin ini didukung oleh motor listrik yang menyemburkan tenaga 174 hp dan torsi 320 Nm. Almaz Hybrid juga mendapatkan baterai berkapasitas 1.8 kWh.

Untuk harga, Toyota Corolla Cross Hybrid lebih mahal dibanding Wuling Almaz Hybrid. SUV dari Toyota bisa dipinang dengan harga Rp 540,9 juta. Sementara Almaz Hybrid debut dengan harga Rp 470 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya