Kenali Beragam Indikator Mobil, dari Petunjuk Masalah Mesin hingga Rem

Oleh Arendra Pranayaditya pada 30 Okt 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 30 Okt 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi lampu indikator
Ilustrasi lampu indikator (mynrma.com.au)

Otosia.com, Jakarta Pada mobil-mobil modern terdapat lampu indikator yang menginformasikan kepada pengemudi bahwa telah terjadi sesuatu pada kendaraan.

Indikator lampu mobil akan menyala untuk memberitahu pengemudi adanya masalah atau kendala di mobil mereka. Lampu ini biasanya diposisikan di speedometer, yang akan dilihat langsung oleh pengemudi.

Lampu-lampu indikator ini tidak boleh disepelekan, karena menjadi pertanda bahwa kinerja mobil kurang optimal. Bagian ini mencakup berbagai hal, mulai dari bagian mesin hingga sensor pengereman ABS.

Melansir suzuki.co.id, Rabu (26/10/2022), setidaknya ada beberapa indikator yang wajib diketahui oleh pemilik kendaraan. Berikut rinciannya:

Video Paling Dicari saat Ini

1.   Check Engine

Pertama adalah indikator check engine light atau pengecekan mesin. Lampu ini akan menyala apabila terindikasi adanya kendala di bagian mesin. Beberapa penyebab utamanya adalah adanya komponen mesin yang wajib diganti atau kap penutup bahan bakar tidak erat.

2.   Pengisian Aki

Berikutnya adalah pengisian aki dengan bentuk baterai dengan kutub negatif dan positif. Lampu akan menyala apabila ada masalah di sistem pengisian arus listrik, seperti alternator bermasalah dan tidak bisa mengisi listrik. Hal ini bisa membuat aki cepat kosong dan rusak.

3.   Minyak rem

Indikator ini menandakan bahwa volume minyak rem mobil berkurang. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya kebocoran atau kampas rem yang aus dan belum diganti. Kurangnya minyak rem tentunya membuat proses pengereman menjadi kurang optimal.

4.   Transmisi

Automatic transmission hanya akan menyala apabila ditemukan adanya masalah pada bagian transmisi otomatis. Beberapa mobil transmisi manual terkini juga akan mendapatkan indikator yang sama.

5.   Traction Control

Berikutnya adalah warning lights untuk Traction Control (TC) atau Vehicle Stability Control (VSC). Lampu ini akan menyala apabila terjadi masalah dan mengingatkan pengemudi untuk berkendara lebih berhati-hati, lantaran mobil berpotensi bisa hilang kendali.

6.   Airbag

Lampu indikator airbag menunjukkan adanya masalah pada sistem airbag mobil. Masalah ini, sama seperti TC/VSC. Idealnya dibawa langsung ke diler untuk diperiksa, karena membutuhkan alat khusus.

7.   Immobilizer

Apabila lampu immobilizer menyala, sebaiknya segera diperbaiki. Fitur ini berfungsi sebagai sistem anti maling yang mencegah mesin menyala karena kunci kontak tidak sesuai.

8.   Sabuk pengaman

Lampu sabuk pengaman akan menyala di saat mobl sudah berjalan, namun pengemudi atau penumpang depan belum menggunakan sabuk pengaman. Beberapa mobil juga menambahkan peringatan yang sama melalui suara nyaring pada kecepatan di atas 20 km/jam.

9.   Temperatur mesin

Peringatan ini akan ditampilakan dalam symbol thermometer dengan garis melengkung di bawahnya. Jika lampu ini menyala, maka mesin sudah terlalu panas dan kendaraan mengalami kondisi overheat.

10.  Tekanan oli mesin

Lampu peringatan tekanan oli mesin menyerupai lentera aladin dengan fluida menetes di pucuk. Indikator ini akan menyala pada saat kadar volume oli di mesin sudah berkurang dan harus segera diisii ulang. Hal ini bisa disebakan oleh kualitas oli menurun atau adanya kebocoran.

11.  Indikator rem parkir

Indikator rem parkir cukup mudah diteliti. Pada saat rem parkir aktif, maka lampu ini akan ikut menyala. Bentuk peringatan ini dilambangkan seperti lingkaran dengan huruf “P” di dalamnya.

12.  Anti-lock Braking System

Anti-lock Braking System atau (ABS) berfungsi untuk mengurangi terjadinya penguncian, terutama saat mengerem mendadak. Apabila lampu ini menyala, maka pemilik mobil disarankan untuk segera menyervis bagian rem mobil.

13.  Electric Power Steering

Electric Power Steering (EPS) akan menyala pada saat sistem kemudi mengalami masalah. Selain lampu menyala, setir mobil juga akan terasa sangat berat.

14.  Bahan Bakar

Lampu indikator bahan bakar akan otomatis menyala pada saat mobil dihidupkan. Fungsi ini adalah menunjukkan sisa bensin yang tersedia di tangki, mengingatkan pemilik apakah jumlah bahan bakar tersebut mencukupi untuk melakukan perjalanan.

15.  Key Free

Terakhir adalah lamp key free. Indikator ini berlaku pada mobil dengan sistem penguncian pintu keyless entry dan start stop engine. Lampu akan menyala jika tidak terdeteksi adanya kunci mobil di dalam kendaraan.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya