Honda SUV RS Segera Meluncur, Siap Jegal Raize-Rocky

Oleh Arendra Pranayaditya pada 26 Okt 2022, 09:09 WIB
Diperbarui 26 Okt 2022, 09:09 WIB
Honda SUV RS GIIAS 2022
Honda SUV RS di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Honda SUV RS akan meluncur dalam waktu dekat. Mobil ini sudah memasuki tahap akhir dalam pengembangannya dan siap diproduksi secara massal.

SUV tersebut sempat dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu. Hanya saja bodinya masih tertutup kamuflase..

Selain tampil di GIIAS, mobil ini sempat ditemukan sedang tes jalan. Dalam beberapa kesempatan Honda menggelar Road Show ke beberapa kota besar, memamerkan SUV RS tersebut.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Segera Meluncur

All New Honda SUV RS siap mengaspal
All New Honda SUV RS segera mengaspal, iklan mobil ini bertuliskan "wheeling soon" (Istimewa)

Progres pengetesan Honda SUV RS lalu ditanyakan langsung ke Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Ia menjelaskan bahwa SUV RS sudah selesai dites sejak bulan September lalu. Artinya peluncuran resmi mobil ini tinggal menunggu waktu.

"Pengecekan akhir dengan melakukan public road test untuk model Small SUV kami, sudah selesai dilakukan di akhir bulan September lalu mas," papar pria yang kerap disapa Billy ini kepada Otosia.com, Selasa (25/10/2022).

"Akan kita luncurkan segera mas. Tunggu sebentar lagi undangannya ya," tutup Billy.

Tes Jalan

Honda SUV RS Tes Jalan
Honda SUV RS terciduk sedang tes jalan (Instagram/@aldo.prtm)

Honda SUV RS sebelumnya sempat terciduk sedang tes jalan. Spy shot terkait mobil ini sedang berada jalan raya diunggah ke internet melalui akun Instagram @aldo.prtm, Rabu (24/8/2022).

Sama seperti di GIIAS 2022, SUV RS yang tertangkap kamera dibalut warna kamuflase tebal, menutupi detail-detail bentuk bodi mobil ini. Namun pada satu foto, pelek yang digunakan mempunyai bentuk lima palang, mirip dengan kepunyaan Honda BR-V tipe E.

Yang menarik beberapa bentuk bodi SUV RS ini terlihat berbeda dengan versi konsepnya. SUV RS Concept yang sering diboyong ke berbagai tempat cenderung mempunyai desain serba lancip.

Detail Bodi

Honda SUV RS Back Side
Sektor buritan Honda SUV RS di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sementara bentuk bodi SUV RS yang tertangkap kamera ini mempunyai bentuk lebih membulat dan bisa jadi mengambil bagian dari berbagai mobil Honda lainnya.

Sebagai contoh bagian depan SUV RS ini mempunyai bentuk mirip campuran antara Honda Brio RS dengan City hatchback. Bahkan lampu depan sekllas mirip dengan kepunyaan Brio, di mana lampu utama halogen dengan DRL LED di bawahnya.

Adapun sisi samping juga mirip dengan Brio. Lebih tepatnya bentuk kaca samping yang serupa. Namun ada perbedaan dari bentuk pintu belakang yang lebih besar dan door handle kini diletakkan di belakang kaca baris kedua, seperti Honda HR-V.

Prediksi Spesifikasi

Honda SUV RS digadang-gadang akan mengusung platform yang sama dengan Honda BR-V. Hal ini terungka pada pendaftaran mobil terbaru Honda di situs Samsat DKI Jakarta.

Pada segmen Minibus Honda nomor 12 hinga 16, tercatat mobil memiliki kode DG47 dan DG48. Kode ini mirip dengan Honda BR-V terbaru, yakni DG31. Setiap model juga mendapatkan mesin “1.5”, tersedia dengan pilihan model E dan RS, serta opsi transmisi manual atau CVT.

Dengan demikian, Honda SUV RS diprediksi kelak akan mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated VTEC DOHC dengan semburan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui girboks manual 6 percepatan atau CVT.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya