Michelin Luncurkan Ban Baru untuk LCGC, MPV, sampai SUV

Oleh Nazarudin Ray pada 25 Okt 2022, 18:12 WIB
Diperbarui 25 Okt 2022, 18:12 WIB
Michelin Luncurkan Ban Baru untuk LCGC, MPV Sampai SUV
Seremoni peluncuran ban BFGoodrich Advantage Touring di Jakarta (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta Michelin Indonesia meluncurkan ban mobil penumpang BFGoodrich Advantage Touring. Ban on-road ini didesain khusus untuk mobil LCGC, MPV, sedan, hatchback, dan SUV.

BFGoodrich Advantage Touring diproduksi mulai ukuran 14 hingga 18 inci, dengan total 43 dimensi. Steven Vette, Presiden Direktur Michelin Indonesia mengungkapkan peluncuran ban mobil penumpang BFGoodrich merupakan milestone penting bagi Michelin di Indonesia.

“Ban BFGoodrich memiliki sejarah yang cukup panjang dan kami mempercayakan produksi ban ini di pabrik Michelin di Indonesia. Sebelumnya, ban ini telah diekspor terutama ke Amerika, dan juga ke Jepang, Eropa dan negara-negara lainnya,” kata Steven.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Pola Tapak Ban

Michelin Luncurkan Ban Baru untuk LCGC, MPV Sampai SUV
BFGoodrich Advantage Touring diklaim mengurangi kebisingan (Istimewa)

Mochammad Fachrul Rozi, Customer Engineering Support Michelin Indonesia mengatakan BFGoodrich Advantage Touring memiliki beberapa fitur unggulan.

Ia menyebut soal estetika dan performa kebisingan yang lebih baik. Hal ini merupakan hasil dari desain pola tapak yang baru, dinamis dan lebih sederhana, serta pola tapak asimetris yang dioptimalkan melalui optimisasi berbasis komputer untuk mengurangi kebisingan kabin interior

BFGoodrich Advantage Touring dirancang untuk menangani pengereman di segala kondisi, dengan desain permukaan asimetris yang memiliki blok tapak yang tegas, serta dinding yang memungkinkan penanganan dan kontrol menjadi lebih responsif.

Mengurangi Gesekan dan Panas

Selain itu, blok tapak besar dengan alur dalam memberikan kinerja pengereman mumpuni, baik dalam kondisi basah maupun kering, serta desain ukir yang terinspirasi dari warisan balap on-road BFGoodrich.

Dengan adanya fitur terbilang komplet, sedikit banyak memberikan pengendara kepercayaan diri saat berkendara selama masa pemakaian ban didukung dengan teknologi untaian rangka yang saling mengunci sehingga dapat mengurangi gesekan dan panas.

Hal tersebut membantu mengurangi konsumsi bahan bakar; ditambah dengan bidang kontak yang dioptimalkan dan dirancang khusus untuk kondisi jalan yang memiliki panas yang tinggi.

Tergantung Musim

Menurut Rozi, BFGoodrich Advantage Touring yang dipasarkan di Indonesia sedikit berbeda dengan seri yang diekspor, meskipun sama-sama diproduksi di pabrik Michelin di Indonesia.

BFGoodrich Advantage Touring dirancang khusus untuk memiliki ketahanan terhadap aspal yang panas sehingga cocok digunakan di negara tropis.

“Sedangkan BFGoodrich yang diekspor oleh Michelin dirancang untuk negara empat musim di mana kondisi jalan tidak terlalu ekstrem,” ungkap Rozi.

Ban Drag Radial

BFGoodrich merupakan merek ban dengan riwayat selama 150 tahun yang terus berinovasinya. Ban BFGoodrich seri ini juga telah diperbarui dengan pilihan ukuran yang luas serta peningkatan pada performa dan juga estetika. Terlebih lagi, ban ini juga dilengkapi dengan garansi pabrik selama 6 tahun.

BFGoodrich pertama kali memproduksi ban untuk sepeda pada 1880 di Amerika Serikat. Menyusul akuisisi oleh Michelin pada 1990, BFGoodrich mulai mengembangkan ban-ban dengan performa tinggi atau Ultra-high Performance

Brand ini menjadi yang pertama di dunia yang memproduksi ban jenis drag radial yang banyak digunakan oleh street racer yang diakui oleh Departemen Perhubungan (DOT) Amerika Serikat.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya