Toyota Innova Terbaru Bakal Punya Kembaran dari Suzuki

Oleh Arendra Pranayaditya pada 25 Okt 2022, 11:14 WIB
Diperbarui 25 Okt 2022, 11:14 WIB
Toyota
Berbalut kamuflase, mobil yang diduga Toyota Innova Zenix tertangkap kamera tengah uji jalan. (YT Naveen Gowda)

Otosia.com, Jakarta Toyota Innova terbaru akan meluncur dalam waktu dekat. Bocoran tentang mobil ini mulai tersebar di internet, mulai dari spyshot sedang tes jalan hingga informasi terkait spesifikasi barunya.

Salah satu MPV andalan Toyota ini terciduk sedang tes jalan di India, masih dengan bodi yang disamarkan, guna menutupi detail bentuk barunya.

Namun demikian spyshot terbaru tersebut mengungkapkan beberapa hal baru, seperti adanya fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS), kamera 360 dan kerai privasi untuk kursi baris kedua.

Video Paling Dicari saat Ini
Suzuki Across
Suzuki Across kembaran dari Toyota RAV4, dijual di Inggris (netcarshow.com)
Spyshot baru All New Toyota Innova
Spyshot baru All New Toyota Innova (YouTube/@Naveen Gowda)
Fitur-fitur pada All New Toyota Kijang Innova
Fitur-fitur pada All New Toyota Kijang Innova (YouTube/@Naveen Gowda))

Punya kembaran

Rupanya ada perkembangan terkini tentang All New Toyota Innova. Melansir autocarindia.com, Senin (24/10/2022), MPV ini dikabarkan akan mempunyai model kembaran dari Maruti Suzuki di India.

Adanya model kembar ini merupakan hasil dari joint venture antara Toyota India dan Maruti Suzuki. Kedua merek ini telah menghasilkan berbagai model kembar, di antaranya Suzuki Baleno dengan Toyota Glanza dan Toyota Urban Cruiser Hyryder dengan Suzuki Grand Vitara.

Yang menarik, duet kembar ini tidak sebatas beredar di negeri Bollywood. Suzuki di Inggris misalnya, menjual Across (kembaran dari Toyota RAV4) dan Suzuki Swace (kembaran dari Corolla Touring).

Perbedaan

Lantaran informasi ini masih cukup baru, detail tentang produk hasil kolaborasi ini masih belum banyak terungkap.

Namun, mengikuti jejak sejarah antara kedua brand, bisa dikatakan bahwa Innova Hycross atau Zenix versi Suzuki akan mempunyai perbedaan dari segi styling dan deretan fitur yang ditawarkan.

Kemungkinan besar perbedaan terletak pada bentuk grill, lampu depan dan desain bumper yang berbeda. Sementara sektor buritan juga mendapatkan rombakan bentuk yang serupa.

Sementara pilihan mesin boleh jadi tetap sama. Artinya mesin 2.000cc naturally aspirated dan varian hybrid juga akan ditemukan pada versi Suzuki kelak. Begitu juga dengan platform terbarunya, yakni Toyota New Global Architecture (TNGA) model C.

Innova versi Suzuki ini dikabarkan akan debut sekitar 6 bulan setelah All New Toyota Innova resmi meluncur.

Detail Innova terbaru

Spyshot terbaru Innova Zenix diseberkan ke internet oleh akun YouTube @Naveen Gowda. Rekaman baru menunjukkan lebih jelas wujud Innova paling anyar. Beberapa detail baru ditemukan dalam video ini, sekaligus menjadi petunjuk fitur-fitur apa saja yang disematkan nanti.

Ukuran All New Toyota Innova terlihat mirip dengan model yang dijual saat ini, kecuali dalam segi desain. Sebagai gambaran, Innova saat ini mempunyai dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm.

Desain Innova baru memiliki bentuk serba sleek dan modern. Paling mencolok adalah lampu depan pipih, lampu belakang juga kecil memanjang, terlihat ada DRL LED di area lampu kabut, grill besar, dan spoiler kecil di pintu bagasi.

Beberapa ubahan lain termasuk bentuk fender yang lebih “berisi”, adanya overfender di area rumah roda dan desain pelek lima palang model kembang.

Fitur

Selain itu, ada beberapa fitur terkini yang terungkap pada rekaman singkat ini. Pertama adalah adanya head unit model floating. Hal ini terlihat dari bentuk layar mengotak besar di dalam interiornya, di mana layar tersebut tidak terlihat terpisah dari dasbor.

Kemudian di baris kedua tidak terlihat sandaran kepala yang bisa diartikan sebagai fitur captain seat. Sementara kerai privasi yang bisa dinaikturunkan, terlihat dalam posisi naik di sebelah kiri.

Lalu di belakang spion tengah ada sebuah kamera. Boleh jadi ini digunakan sebagai peranti keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS). Terakhir, terdapat sebuah “tonjolan” di spion samping dan grill depan, penanda adanya fitur kamera 360.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya