Chery Siap Merilis Mobil Listrik Kecil, Siap Lawan Wuling Air ev dan Ayla BEV

Oleh Arendra Pranayaditya pada 24 Okt 2022, 16:11 WIB
Diperbarui 24 Okt 2022, 16:11 WIB
Chery QQ Wujie Pro
Chery QQ Wujie Pro (autohome.com.cn)

Otosia.com, Jakarta Chery Sales Indonesia tengah menyiapkan produk terbarunya yang akan diluncurkan tahun depan. Merek asal Tiongkok ini lebih tertarik untuk bersaing di segmen SUV di Indonesia.

Dua model pertama yang akan diperkenalkan bulan depan adalah Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro yang dinilai dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Setelah Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro, menyusul berikutnya mobil listrik

Merek ini sempat memboyong EQ1 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 kemarin, namun Chery menyebut ada model lain yang lebih sesuai.

“Oh bukan (EQ1), nanti kejutan. Diluncurkan setelah compact SUV kami. Jadi kami sudah siap memasuki pasar kendaraan listrik di Indonesia,” kata Zheng Shou, Sales & Dealer Network Development Director PT Chery Sales Indonesia.

Video Terpopuler saat Ini

Mobil baru

Sektor buritan Chery QQ Wujie Pro
Sektor buritan Chery QQ Wujie Pro (autohome.com.cn)

Sementara di Tiongkok, Chery bakal meluncurkan produk baru dalam waktu dekat. Melansir autohome.com.cn, Senin (24/10/2022), lebih tepatnya adalah Chery QQ Wujie Pro yang akan debut bulan ini.

Chery QQ Wujie Pro mempunyai ukuran panjang 3.402 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi sejkitar 1.590 mm. Ukuran ini lebih besar dibanding Air ev dengan panjang 2.974 mm, lebar 1.506 mm dan tinggi 1.631 mm.

Dengan demikian, QQ Wujie Pro lebih cocok bersaing dengan Daihatsu Ayla BEV. Secara standar LCGC ini berdimensi di kisaran panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm.

Eksterior

Bagasi Chery QQ Wujie Pro
Bagasi Chery QQ Wujie Pro (autohome.com.cn)

Ukuran yang lebih besar membuat mobil ini mempunyai bentuk proporsional, layaknya sebuah mobil hatchback dengan bodi yang lebih minimalis.

Mobil ini tampil unik dengan lampu depan pipih dan ada aksen hitam ke bawah, membentuk gaya “tear drop”. Layaknya mobil listrik, QQ Wujie Pro tidak mempunyai grill depan dan terlihat sepasang aksen oranye di bagian bawah.

Sisi samping terlihat konvensional dengan beberapa sentuhan modern, seperti atap berwarna hitam dan aksen oranye yang juga terlihat di area side skirts. Pelek mobil ini berukuran 16 inci dengan model kipas.

Sektor buritan mirip dengan wajah depannya, di mana lampu belakang pipih diikuti tarikan garis berwarna hitam membentuk wujud tear drop. Lalu aksen oranye juga ditemukan di bumper belakang dan ada spoiler kecil sebagai pelengkap.

Interior

Interior Chery QQ Wujie Pro
Interior Chery QQ Wujie Pro (autohome.com.cn)

Interior Chery QQ Wujie Pro tampil serba minimalis. Bagian dasbor minim tombol-tombol, lantaran seluruh pengaturan AC disematkan dalam head unit bawaannya yang berukuran 12.9 inci.

Sementara speedometernya juga berupa layar yang menyakikan beragam informasi, seperti kecepatan, jarak tempuh, Tyre Pressure Monitoring System, posisi gigi, mode berkendara dan sisa baterai.

Fitur-fitur unggulan lainnya termasuk kamera 360 derajat dan tersedia dengan panoramic sunroof besar di atap.

Performa

Detail Interior Chery QQ Wujie Pro
Detail interior Chery QQ Wujie Pro (autohome.com.cn)

Chery QQ Wujie Pro akan tersedia dengan dua pilihan motor listrik. Pertama adalah varian dengan motor listrik 70 kW yang bisa berakselerasi dari 0-50 km/jam dalam waktu 4.8 detik dan mempunyai kecepatan maksimal 125 km/jam. Jarak tempuhnya mencapai 408 km.

Sementara model kedua mengusung motor listrik berdaya 55 kW dengan jarak tempuh sejauh 301 km atau 408 km. Kedua versi ini bisa dicas dengan fast charging 41 kW atau pengecasan normal di angka 6.6 kW.

Chery QQ Wujie Pro juga mempunyai fitur Vehicle-To-Load (V2L), seperti Hyundai Ioniq 5. Pada dasarnya V2L memberikan akses pemilik mobil untuk bisa mengoperasikan alat elektronik secara eksternal, menggunakan daya dari baterai mobil.

Untuk harga, mobil ini dijual mulai dari 79.990 Yuan atau Rp 171,7 juta (dengan kurs 1 Yuan = Rp 2.146,57) hingga 101.900 Yuan atau Rp 218,7 juta.

Lantaran Chery tertarik untuk memboyong mobil listrik ke Indonesia, akankah QQ Wujie Pro menjadi model yang akan dirilis di tanah air pada kuartal ketiga tahun depan? Menarik untuk ditunggu.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya