Chery Dibilang Berani, Bikin SUV Rasa Eropa Harga Negeri Sakura

Oleh Nazarudin Ray pada 22 Okt 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 22 Okt 2022, 15:00 WIB
Chery Dibilang Berani, Bikin SUV Rasa Eropa Harga Negeri Sakura
Chery Tiggo 8 Pro (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta Nama Chery di Indonesia ibarat direkonstruksi ketika mereka hadir kembali ke Tanah Air, bukan dengan model laris MPV tetapi SUV, bahkan premium.

Pegiat otomotif senior, Bebin Djuhana, menyatakan hal tersebut. Ia tidak menampik bahwa hal ini merupakan sebuah kesulitan. Namun, ada yang menarik akan hal itu.

"Masuk di SUV yang marketnya kalah besar dengan MPV. Masuknya ke kelas premium. Saya percaya bahwa setiap kesulitan ada peluang. Memang tidak mudah. Yang dihadapi yang jago kandang. Namun, dia hadir dengan barang yang tanpa basa-basi," kata dia. 

 

 

 

 

Video Terpopuler saat Ini
 

SUV Rasa Eropa

Chery Dibilang Berani, Bikin SUV Rasa Eropa Harga Negeri Sakura
Chery Tiggo 7 Pro juga membidik kaum wanita (Otosia.com/Nazar Ray)

Sekarang, menurutnya, adalah persoalan seberapa cepat masyarakat akan mengapresiasi kualitas Chery. Dia mengatakan, Chery yang sudah dicobanya tidak bisa dibandingkan dengan produk China yang sudah ada, bahkan yang dari Negeri Sakura.

"Yang luar biasa, dia membawa spesifikasi yang populer di Eropa. Scoop-nya kecil. Peluangnya adalah bagaimana memberikan spesifikasi Eropa dengan harga bersahabat

Saya lihat peluangnya di situ. Tinggal teman-teman dari Chery memperjuangkannya," ujarnya.

Spesifikasi yang ditawarkan menurutnya standar Eropa, tetapi dengan harga harga Negeri Sakura.

"Kalau mencoba, merek itu dari Negeri Sakura cuma sekian tapi ketika mau apple to apple tidak ketemu. Ketika mau dibanding-bandingkan, lihat saja spesifikasinya Audi," ujarnya memberi komparasi akan kualitas Chery terkini.

 

SUV Premium

Chery tidak sekadar meramaikan pasar otomotif Indonesia, brand asal Tiongkok ini telah menyatakan siap menggelontorkan investasi sebesar Rp15 triliun di Tanah Air.

Sebagai langkah awal, Chery memanfaatkan momentum Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 lalu untuk memperkenalkan kembali brand yang dulu sudah sempat dikenal di Indonesia.

Yang menarik, Chery lebih tertarik bermain di segmen SUV. Chery menjagokan SUV Premium 5 dan 7 penumpang, yakni Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

Memboyong keduanya bukan tanpa alasan, dari respon konsumen Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro merupakan jawaban atas kebutuhan orang Indonesia.

 

Compact SUV

Tidak cukup dengan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro, Chery Sales Indonesia akan meluncurkan SUV kompak 5 penumpang tahun depan.

Compact SUV Chery ini nantinya diposisikan di bawah Tiggo 7 Pro, namun dijanjikan tampil lebih sporti dan modern baik eksterior maupun interior dengan penyematan fitur-fitur canggih

“Kami akan perkenalkan di kuartal ketiga tahun depan. Desainnya sporti dan dalamnya lebih keren, tapi ini bukan OMODA 5, ini compact SUV global kami. Kami punya Tiggo 3 dan Tiggo 2, jadi seri Tiggo ada bermadam-macam,” kata Zheng Shou, Sales & Dealer Network Development Director PT Chery Sales Indonesia di sela-sela acara test drive Tiggo 7 dan 8 Pro di Bandung, Rabu kemarin (19/10/2022).

Namun demikian Chery membocorkan bahwa compact SUV mereka mengadopsi desain mobil konsep Chery Omoda yang dipamerkan di IIMS lalu. Rencananya, SUV ini akan dibuat di Indonesia.

 

Mobil Listrik

Selain SUV kompak, Chery akan memperkenalkan mobil listrik pada kuartal yang sama. Mobil ini luncur setelah SUV kompak pertama mereka di Indonesia resmi dirilis.

Banyak yang menyebut-nyebut bahwa kendaraan tersebut adalah Chery EQ1. Tapi hal ini ditampik oleh Chery. “Oh bukan, nanti kejutan. Diluncurkan setelah compact SUV kami. Jadi kami sudah siap memasuki pasar kendaraan listrik di Indonesia,” kata Zheng Shou.

Dugaan lain mobil tersebut bukanlah listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) melainkan Plugin Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Pasalnya Tiggo 7 Pro untuk pasar Indonesia direncanakan akan punya varian Plugin Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Menyasar Kelas Atas

Kembali ke Indonesia dengan menyasar kelas yang lebih tinggi dari sebelumnya, tentu saja mengharuskan Chery memiliki strategi yang kuat, terutama kepercayaan pasar bahwa Chery memang memiliki kemampuan untuk menyediakan produk premium dan dapat melayani aktivitas purnajual dengan baik.

Dengan strategi investasi yang telah direncanakan secara matang, Chery akan membangun pabrik produksi berkapasitas tinggi yang tidak hanya akan memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, namun juga menjadi basis produksi setir kanan untuk beberapa negara tujuan ekspor.

Selain itu dalam rencana yang lebih panjang termasuk untuk memproduksi kendaraan elektrifikasi yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia.

Membangun Dealer

Setali dengan hal itu, Chery akan memastikan jaringan dealer-nya yang melayani penjualan dan purnajual di berbagai kota besar di Indonesia.

Saat ini Chery telah mencapai kesepakatan dengan sembilan grup dealer yang telah memenuhi klasifikasi 3S sesuai standar PT Chery Sales Indonesia. Ada 20 dealer yang sudah memulai konstruksi outlet di beberapa kota besar di Indonesia yang meliputi pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Di akhir tahun 2022, Chery Sales Indonesia menargetkan 30 outlet dealer dan memperluas cakupannya hingga pulau Bali,” papar Tao Yong, President Director PT Chery Sales Indonesia.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya