BBM Vios Terbaru Bisa 1:20 karena Perubahan Platform

Oleh Nazarudin Ray pada 16 Okt 2022, 13:14 WIB
Diperbarui 16 Okt 2022, 13:14 WIB
BBM Vios Terbaru Bisa 1:20 karena Perubahan Platform
Menguji handling dan kelincahan All New Vios (Istimewa)

Otosia.com, Jakarta PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Vios yang tidak hanya berubah secara tampilan tetapi juga menjadi lebih efisien secara penggunaan bahan bakar karena terjadi perubahan platform.

Mesinnya sendiri juga berubah. Jika sebelumnya Vios menggunakan mesin 2NR-FE, All New Vios menggunakan mesin 2NR-VE.

Adapun platform baru ini, seperti dijelaskan Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), memiliki sejumlah kelebihan.

"Platform memang baru. Kelebihannya, dari sisi berat berkurang. Pastinya, ini juga akan menambah keiritan bahan bakar dan overall mobil lebih ringan," ujarnya.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Handling dan Efisiensi

Perubahan juga terjadi di aspek-aspek lain. Hal ini terutama pada handling dan sisi sistem keselamatan berkendara.

"Rigidty lebih baik, suspensi dan handling lebih improve dari sebelumnya. Juga dari sisi safety ditingkatkan," ujarnya.

Terutama untuk perubahan platform yang membuat bobot kendaraan lebih ringan, efek pada efisiensi bahan bakar pun meningkat

"Yang lama 1:17, sedangkan yang baru bisa di atas 1:20," paparnya terkait sedan yang menerapkan distribusi tenaga ke roda depan dan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT ini.

Lebih Lega

Sedan yang disebut berpenampilan dengan fastback silhouette ini berubah secara ukuran. Kini, Vios memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Bodi All New Vios yang lebih lebar dimaksudkan untuk menawarkan kenyamanan lebih baik karena kabin menjadi lebih luas.

Kehadiran jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) untuk menegaskan kabin yang lebih mundur ke belakang.

Desain buritan yang simpel dan modern dengan sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Mesin Baru dan Entertainment System

Mesinnya baru, berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder Dual VVT-i menyediakan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

Di kabin, All New Vios telah disematkan panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern mengikuti selera pengemudi.

Electric Parking Brake diaplikasikan pada seluruh grade All New Vios. Sistem audio menggunakan layar sentuh 9 inch floating di tengah dashboard.

Toyota meng-update entertainment system dengan meningkatkan smartphone connection di head unit melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP) di seluruh grade All New Vios.

Di kabin, All New Vios telah disematkan panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer dilengkapi Multi Information.

Fitur Keselamatan dan Harga

Soal keselamatan, Toyota Safety Sense (TSS) All New Vios terdiri atas 9 fitur safety.  Di antaranya adalah Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA) adalah fitur untuk mengurangi risiko menabrak kendaraan lain yang ada di depan dengan memberikan peringatan hingga pengereman, bahkan berhenti darurat jika dibutuhkan.

Pedal Misoperation Control (PMC) untuk mengurangi potensi kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal gas dengan menyalakan alarm peringatan, melakukan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan.

Ada pula Lane Departure Warning (LDW) yang membaca marka jalan untuk selanjutnya memberikan alarm peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya. Lalu Lane Departure Prevention (LDP) mencegah mobil pindah lajur di jalan dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus.

All New Vios hadir dengan lima (5) pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

Untuk harga, All New Vios 1.5 E M/T dibanderol Rp 314.900.000, Vios 1.5 G CVT Rp 355.200.000, dan varian tertinggi Vios 1.5 G CVT TSS dijual Rp 368.400.000. Semuanya adalah harga on the road DKI Jakarta.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya