Toyota Yaris Lebih Laris, Kok Malah Vios Baru Lebih Dulu Luncur?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 15 Okt 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 15 Okt 2022, 21:00 WIB
Toyota Yaris dan Toyota Vios
Toyota Yaris dan All New Toyota Vios (TAM)

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Vios terbaru, Rabu (12/10/2022) lalu. Mobil ini menjadi generasi keempat dari lini produk Vios dan mengalami penyegaran secara menyeluruh.

Yang menarik, versi terbaru Vios justru lebih dulu hadir dibandingkan kembarannya Toyota Yaris. Padahal, secara data, penjualan Yaris lebih laris dibanding Vios di Indonesia.

Sebagai contoh berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Vios tahun lalu mencatat angka 1.243 unit. Sedangkan Toyota Yaris jauh lebih unggul sebanyak 6.819 unit.

 

Video Terpopuler saat Ini

Penjualan global

Toyota Yaris GR Sport
Toyota Yaris GR Sport di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Keputusan Vios lebih dulu ini kemudian ditanyakan langsung kepada Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director dari PT Toyota Astra Motor.

Ia menjelaskan bahwa Vios baru hadir dengan alasan menyesuaikan untuk permintaan pasar global, tidak hanya Indonesia. Dengan demikian riset model baru lebih diutamakan untuk Toyota Vios dibanding Yaris.

“Jika melihat dari overall market tidak hanya di Indonesia saja dan porsi development yang ada, memang saat ini Vios yang lebih dahulu muncul,” terang Anton di sela-sela peluncuran All New Toyota Vios.

Nasib Yaris

Meski Vios lebih dulu hadir di Indonesia, Anton menegaskan bahwa Toyota Yaris tidak akan ditinggalkan. Mobil ini juga berpotensi mendapatkan model baru seperti Vios, namun untuk sementara masih dalam tahap studi.

Ia juga belum bisa menjawab banyak terkait spesifikasi baru Yaris, lantaran masih dalam tahap pembelajaran. Namun, mengingat Vios sebelumnya berbagi basis dengan Yaris, boleh jadi All New Yaris akan mengusung spesifkasi yang serupa.

“Yaris saat ini kita masih study dan melihat kebutuhan konsumen. Kita tidak pernah melupakan Yaris, kita terus pelajari juga mengenai marketnya,” tukas Anton.

Vios sebagai mobil taksi

Sektor buritan All New Toyota Vios
Sektor buritan All New Toyota Vios (TAM)

Toyota Vios di Indonesia sebelumnya lekat dengan armada taksi. Lebih tepatnya varian termurah dan paling rendah, yang disebut sebagai “taksi limo”.

Menjawab soal gengsi dan kemungkinan adanya permintaan All New Vios sebagai unit taksi, Toyota memberikan penjelasan. Pada dasarnya saat ini Toyota belum menerima permintaan varian Limo pada All New Toyota Vios untuk dijadikan taksi.

Lalu Anton Jimmi menyebut bahwa tren taksi sedan sudah mulai tergantikan. Misalnya pengusaha taksi kini memilih Toyota Transmover.

“Trennya taksi cenderung lebih ke mobil non-sedan. Saat ini belum ada permintaan (versi Limo) untuk Vios baru,” paparnya.

Pasar fleet

Kendati demikian Toyota juga berharap pada pasar fleet. Menurut dia, pembelian fleet bukan dimaksudnya sebagai taksi, namun untuk konsumen dari segmen perbankan atau pemerintah.

Strategi ini diterapkan melalui perbedaan model Vios terbaru. Pada dasarnya tipe E M/T dijual dengan target utama untuk pembelian fleet. Sedangkan Vios G CVT dan G CVT TSS difokuskan untuk penjualan retail biasa, terutama para pecinta sedan sejati.

“Untuk fleet kita tawarkan Vios model E. Pembelinya cenderung dari sektor perbankan atau pemerintahan, di mana mobil sedan masih dianggap mempunyai simbol status. Tipe G dan G TSS dijual ke retail customer,” tutup Anton.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya