Suzuki S-Cross Disuntik Mati di India, Indonesia Menyusul?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 12 Okt 2022, 09:18 WIB
Diperbarui 12 Okt 2022, 09:18 WIB
Suzuki SX4 S-Cross IIMS Hybrid 2022
Suzuki SX4 S-Cross (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Suzuki SX4 S-Cross masih dijual di Indonesia. Dibanding para rivalnya, seperti HR-V dan Creta, S-Cross bisa dibilang sebagai salah satu pilihan paling berumur di segmen compact SUV.

Mobil ini meneruskan kesuksesan Suzuki SX4 di Indonesia dengan sentuhan lebih modern dan mewah. Suzuki SX4 S-Cross terbaru debut di tanah air pada tahun 2016 dan diperbarui pada tahun 2017.

Setelah update terakhir itu, S-Cross terus dijual oleh Suzuki hingga saat ini dengan spesifikasi yang sama.

 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Stop produksi

Suzuki SX4 S-Cross
Suzuki SX4 S-Cross (Suzuki)

Meski masih dijual di Indonesia, Suzuki S-Cross di India mengalami nasib lebih buruk. Melansir autocarindia.com, Selasa (11/10/2022), baru-baru ini Maruti Suzuki resmi menyuntik mati Suzuki S-Cross.

SUV ini sudah tidak lagi diproduksi dan bahkan Suzuki S-Cross sudah tidak lagi tersedia di situs resmi Maruti Suzuki India, sebagai penanda resmi bahwa S-Cross tidak dipasarkan.

Pengganti

All New Suzuki Grand Vitara
All New Suzuki Grand Vitara (carwale.com)

Posisi Suzuki SX4 S-Cross digantikan oleh Grand Vitara terbaru. SUV ini merupakan hasil kolaborasi antara Maruti Suzuki dan Toyota India, di mana kembarannya mengusung nama Toyota Hyryder.

Mobil ini dirancang sebagai SUV untuk segmen menengah, dengan kapasitas penumpang sebanyak 5 orang. Grand Vitara terbaru mempunyai bodi serba kompak dan tampilan yang gagah.

Beberapa keunggulan fitur mobil ini termasuk panoramic sunroof, kamera 360, 6 airbags, head unit baru serba canggih, lampu depan dan belakang LED, bisa terkoneksi dengan handphone, dan masih banyak lagi.

Performa

Ubahan utama pada mobil ini adalah hadirnya deretan mesin hybrid yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Tersedia dua pilihan mesin. Pertama adalah jeroan 1.500cc K15C mild hybrid andalan Suzuki yang menyemburkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi puncak sekitar 138 Nm. Mesin ini kurang lebih mirip seperti kepunyaan Ertiga hybrid di Indonesia.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke aspal melalui girboks manual 5 percepatan atau otomatis 6 percepatan. Ada pula opsi penggerak roda empat (4WD) yang hanya dipinang dengan girboks manual.

Opsi lainnya adalah mesin 1.500cc tiga silinder Atkinson cycle buatan Toyota dengan semburan tenaga 79 hp dan torsi 141 Nm. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan motor listrik yang menghasilkan output 115 hp dan menyalurkan tenaga lewat girboks e-CVT.

Indonesia

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Suzuki SX4 S-Cross hingga saat ini masih dijual secara resmi dan muncul di laman Suzuki Indonesia, meski berstatus Completely Built Up (CBU) dari India.

Redaksi Otosia sudah menanyakan langsung ke pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Namun hingga berita ini dibuat, Suzuki belum memberikan penjelasan lebih jauh terkait nasib S-Cross di tanah air.

Apabila SUV ini mendapatkan nasib yang sama seperti di India, boleh jadi Suzuki Indonesia memboyong Grand Vitara terbaru sebagai pengganti S-Cross di Indonesia.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya