Terios Baru Bakal Bikin Panik Pesaingnya, Kapan Meluncur?

Oleh Nazarudin Ray pada 08 Okt 2022, 19:23 WIB
Diperbarui 08 Okt 2022, 19:24 WIB
Daihatsu Beri Penjelasan Soal Isu Terios Baru
Daihatsu Terios dalam petualangan Terios 7 Wonders (ADM)

Otosia.com, Jakarta Kabar bahwa Toyota Rush berstatus diskontinu menguak rencana pembaruan untuk SUV 7 penumpang tersebut.

Maka pertanyaan pun jatuh ke Astra Daihatsu Motor mengingat Rush dan Terios adalah kembaran di bawah lini produksi yang sama.

Sejauh ini, meski sudah ada kisi-kisi terkait Rush baru, pihak Astra Daihatsu Motor belum mau membeberkan informasi secara jelas.

Video Paling Dicari saat Ini

 

Jajaki Produk Baru

"Pokoknya terkait produk baru, seperti biasa, Daihatsu menjajaki pelajari, kita hitung baik, itu full change maupun minor change," ujar Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor di sela-sela acara ‘Daihatsu Kumpul Sahabat Jabar’ di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (8/10/2022).

Tidak ada tampikan bahwa Astra Daihatsu Motor akan mengeluarkan tipe baru dari Daihatsu Terios.

Ia sendiri hanya menekankan bahwa apa pun kendaraan yang akan diluncurkan Astra Daihatsu Motor, pihaknya membuat dengan sudah mendengar masukan dari konsumen.

"Percayalah, Daihatsu pasti mendengar dan berusaha memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk produk baru, tunggu deh," ujarnya.

 

 

Toyota Rush Baru

Sebagai saudara kembar di lini SUV 7 penumpang, rumor mengenai Toyota Rush sudah menggema lebih dulu dibanding Terios, sekalipun mudah diterka keduanya akan hadir bersamaan pada waktunya.

Model baru Toyota Rush sendiri, selain terendus setelah kabar diskontinu produk, juga diduga tertangkap kamera saat dalam pengujian.

Menurut sejumlah tanggapan, Toyota Rush terbaru lebih kental nuansa crossover dengan overfender.

Satu perubahan besar lainnya adalah sistem gerak roda depan atau front wheel drive (FWD). Perubahan ini selaras dengan perubahan yang juga terjadi pada Avanza dan Xenia.

Dengan secuplik perubahan yang tercatat, maka mudah diterka jika demikian pulalah yang akan ditemukan pada Terios baru.

Beginikah Tampangnya Nanti?

Render New Daihatsu Terios (Instagram/@rafiuamar40/@malvinwsetiawan)
Render New Daihatsu Terios (Instagram/@rafiuamar40/@malvinwsetiawan)

Belum lama ini beredar di dunia maya wajah baru Daihatsu Terios. Bukan teaser atau spyshot, melainkan sebuah render. Adalah akun Instagram @rafiuamar40 dan @malvinwsetiawan yang mencoba berimajinasi mengenai tampilan Toyota Rush terbaru dalam bentuk render.

LSUV ini menerima rombakan total dari segi desain, terlihat lebih kekar dan gagah, sekilas memilik ukuran bodi yang lebih besar. Desain mobil ini mirip SUV Toyota di Amerika Serikat, layaknya RAV4 dan Sequoia terbaru.

Beberapa perubahan bentuk yang mencolok mencakup grill depan serba besar, lampu depan mempunyai desain baru dan secara keseluruhan menjadi lebih gambot dan berisi. Bentuk atap juga berubah, menjadi lebih lancip dan tegas.

Selang beberapa waktu kemudian kedua akun Instagram ini menampilkan render untuk kembaran Toyota Rush, yakni Daihatsu Terios.

Daihatsu Terios mengusung konsep berbeda dengan Toyota Rush. SUV ini mengusung tampilan lebih mewah dan premium, dibanding Rush yang mengutamakan tampang lebih sporti.

Dengan demikian tampilan Terios menjadi lebih discreet dan mayoritas warna bodi dibuat senada, terutama dari hilangnya body cladding berwarna hitam yang melingkari area rumah roda.

Perbedaan lainnya dengan render Rush terlihat pada pelek dengan warna two tone dan grill mempunyai warna lebih terang, membuat pola barunya lebih terlihat.

Spesifikasi

Sama seperti Toyota Rush di postingan lainnya, Daihatsu Terios ini masih sebatas render. Namun demikian kedua akun ini memprediksi bahwa spek Terios terbaru akan berubah total. LSUV ini boleh jadi menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan beralih ke penggerak roda depan (FWD).

Selain itu Terios juga mendapatkan dapur pacu hybrid. Lebih tepatnya mesin e-Smart hybrid yang juga ditemukan pada Daihatsu Rocky di Jepang.

SUV ini dibenamkan mesin 1.200cc hybrid berkode WA-VEX yang menghasilkan output 106 hp dan torsi 170 Nm.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya