Wajah Baru Honda Jazz, Lebih Menggoda Meski Tak Ada di Indonesia

Oleh Nurrohman Sidiq pada 08 Okt 2022, 14:04 WIB
Diperbarui 08 Okt 2022, 14:04 WIB
Honda Jazz RS e:HEV di Jepang (Carscoops)
Honda Jazz RS e:HEV di Jepang (Carscoops)

Otosia.com, Jakarta Honda Jazz memang sudah tidak lagi dijual di Indonesia. Meski begitu, sampai hari ini namanya masih cukup terkenal dan banyak ditemukan sebagai mobil bekas.

Di negeri asalnya, Jepang, Honda Jazz terus mengalami pembaruan. Terkini, mobil yang dulunya diposisikan sebagai pesaing Toyota Yaris itu keluar dengan versi facelift.

Update model baru yang masih menyandang platform generasi keempat Honda Jazz atau Fit (versi Jepang) ini menyenggol beberapa sektor, mulai dari eksterior sampai power.

 

 

 

 

Video Paling Dicari saat Ini

Generasi Keempat

Honda Jazz Facelift 2022 ini memakai rancang bangun dari generasi keempat Honda Jazz. Ia pertama diperkenalkan tahun 2019 lalu. Ada dua model yang muncul, yakni Jazz versi city car hatchback dan Crosstar.

Pun pengenalan facelift 2022 telah berlangsung sejak akhir bulan Agustus 2022 lalu di Jepang sana. Namun baru dirilis resmi wujud aslinya pada Oktober ini.

Honda menawarkannya dalam beberapa varian, antara lain Basic, Home, Luxe, Crosstar dan RS.

 

Perubahan

Honda Jazz RS e:HEV di Jepang (Carscoops)
Honda Jazz RS e:HEV di Jepang (Carscoops)

Menurut lansiran Carscoops, dikutip Sabtu (8/10/2022), varian Basic dan Home mengalami perubahan paling minimalis. Hal itu bisa dilihat dari sisi fascia dan bentuk bumper intake. Grille depannya kini terlihat lebih simple.

Varian Luxe berada di atas Home dan Basic yang kelihatan lebih mewah berkat kaki-kki alloy dan tambahan laburan krom pada intake, side sill dan mirror cap. Ya, kesannya memang lebih premium.

Beda lagi dengan Crosstar yang secara karakter fisik lebih jangkung. Ia kini memiliki aksen aluminum pada bumper trim dan side sill, termasuk grill yang mempertegas nuansa crossover.

All New Jazz RS

Varian paling sporti dan tentu saja paling menggoda dipegang oleh All New Honda Jazz RS. Seperti biasa, varian ini memang dibikin tampilan body kit lebih kaya tekukan dan terkesan agresif.

Grille depannya lebih besar, saluran udara di depan juga punya konsep lebih tajam, dipadu dengan apron depan ber-finishing hitam.

Peleknya memakai palang lima jari dengan bahan alloy, yang selaras dengan side sill. Kalau melihat sisi buritan,, ada spoiler ditambah apron dan tailpipe berwarna krom.

Tentu saja ada emblem RS yang melengkapi konsepnya sebagai city car hatcback sporti.

Lebih dalam Soal All New Jazz RS

Performa All New Honda Jazz RS didukung dengan mode berkendara dari normal, sport dan eco. Lebih lagi, pengendaliannya makin enak karena sudah ada suspensi yang disetting khusus untuk seri RS.

Lini instrument cluster sudah tersaji apik dalam monitor 7 inchi. Sedangkan infotainment melekat pada layar 9 inchi. Kali ditilik lagi, dari seri sebelumnya pun Honda Jazz ini sudah memakai spesifikasi serupa sejak dari generasi sebelumnya.

Di samping itu ada Honda Sensing yang menjadi standar keselamatan untuk Jazz. Menurut sumber yang sama, sudah ada improvisasi dari sisi blind spot information, reversing assist, traffic jam assist, dan sudden acceleration control.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya