OLX Autos IMX 2022 'The Indonesian Kalcer', Titik Balik Industri Modifikasi Tanah Air

Oleh Nurrohman Sidiq pada 05 Okt 2022, 20:16 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 20:38 WIB
Toyota Avanza EV Concept Atta Halilintar IMX 2022
Toyota Avanza EV Concept tampil futuristis nan unik, garapan Atta Halilintar untuk IMX 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta - Tahun 2022 membuka lembaran baru dalam dunia industri otomotif Tanah Air. OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (OLX Autos IMX 2022) contohnya, yang tahun ini kembali melantai (offline) dan tidak lagi digelar secara daring.

Berlokasi di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pesta modifikasi yang mengusung tagline 'The Indonesian Kalcer' ini dihelat pada 1-2 Oktober 2022 dan dibuka oleh para petinggi negara, seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartanto dan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita.

Perihal paling menarik dari OLX Autos IMX 2022 ialah posisinya sebagai titik balik industri modifikasi yang sempat terpuruk dilanda pandemi Corona (COVID-19). Event ini merangkai unsur-unsur ekonomi nasional yang tercecer secara bertahap dari awal tahun, menggenjotnya lagi, berikut mengukir level baru ajang modifikasi dengan beragam suguhan di dalamnya.

 

Video Terpopuler saat Ini
 
Pembukaan OLX Autos IMX 2022 pencet tombol
Pembukaan OLX Autos IMX 2022 dengan prosesi pemencetan tombol (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

"Rangkaian gelaran OLX Autos IMX 2022 menjadi bukti multiplier effect economy guna mendorong para pelaku industri modifikasi di beberapa daerah Indonesia. Sepanjang 2022, di saat pandemi Covid-19 sudah mereda aktivitas para bengkel spesialis sudah mendekati normal yang tentunya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," tutur Bambang Soesatyo dalam sesi pembukaan.

Menteri Airlangga Hartarto pun mengamini efek tingkat lanjut ketika stimulus ekonomi dengan event seperti ini terus berlanjut. Bukan cuma produk-produk baru, tuaian hasilnya pun dirasakan dalam dunia bisnis mobil bekas.

"Belum lama ini saya lihat dari data OLX Autos sudah mampu menjual lebih dari 20 ribu unit mobil bekas dalam satu bulan. Angka ini terbilang fantastis dengan estimasi total transaksi 4 triliun dalam satu bulan," kata Menteri Airlangga.

Dia bahkan menyebut angka 8 persen soal pertumbuhan penjualan mobil bekas di Indonesia.

 

Nissan Silvia S15 Garasi Drift Petrolist IMX 2022
Nissan Silvia S15 milik YouTuber Garasi Drift di booth Petrolist pada IMX 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Chief Operation Officer OLX Autos Indonesia, Hendri Tadjuni tidak menampik bila relevansi itu benar adanya. Arus modifikasi yang kembali berderai kencang mengalirkan efek positif bagi penjualan mobil bekas. Dari situlah OLX Autos mengambil posisi esensial untuk menawarkan ragam pilihan mobil bekas untuk dibangun ulang.

"Tingginya permintaan mobil bekas berkualitas, membawa OLX Autos ikut berkolaborasi dengan NMAA dan IMX di mana sebagai platform layanan berbasis teknologi yang menawarkan berbagai inovasi terkini dalam transaksi jual beli mobil bekas dan memiliki jaringan lebih dari 4.000 partner dan memiliki 100 inspection center di 10 kota besar di Indonesia," urainya.

Tidak ketinggalan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno ikut melontarkan komentar. Ia pun tegas melihat OLX Autos IMX 2022 merupakan iklim strategis percepatan binis dan ekonomi.

”Saya sangat mengapresiasi gelaran OLX autos IMX 2022 dimana di dalam ekspo modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia ini memiliki banyak sekali kolaborasi demi membangun percepatan bisnis dan ekonomi dari para pelakunya,” ungkapnya dalam video singkat.

 

 
Booth Belkote di OLX Autos IMX 2022
Booth Belkote di OLX Autos IMX 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pada kesempatan berbeda, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencatat pergerakan serupa. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menilai gelaran pameran otomotif seperti European-American Meetup yang merupakan bagian dari Road Show OLX Autos IMX 2022 di wilayah kerjanya merupakan momentum pemicu berputarnya kembali ekonomi.

"Perputaran ekonomi acara otomotif di Jawa Barat yang meliputi mobil dan motor ini diharapkan bisa mencapai lebih dari Rp1 triliun di mana seluruh stakeholder yang terlibat bisa merasakan dampak positifnya,” ujar Ridwan Kamil seperti dikutip dari siaran resmi IMX 2022, Rabu (5/10/2022).

Bukti berikutnya bagaimana OLX Autos IMX 2022 mampu membalikkan keterpurukan menjadi kesempatan ialah besarnya transaksi yang dicapai selama dua hari penyelenggaraan. Totalnya bahkan mencapai Rp 4,8 miliar, baik dari pembelian tiket pre-sale maupun on the spot.

Ini menjadi cermin bila masyarakat telah siap, segala stakeholder dan ekosistem menyambut baik pergerakan industrinya, khususnya modifikasi dan ekspo aftermarket. Semestinya, 'bola api' yang masih panas ini tidak dibiarkan padam dan menjadi pekerjaan rumah untuk suksesnya gelaran pesta otomotif lainnya di kemudian hari.

Berita Terkini Selengkapnya