Gandeng Indomobil Group, Citroen Resmi Hadir di Indonesia

Oleh Arendra Pranayaditya pada 05 Okt 2022, 19:21 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 19:21 WIB
Ilustrasi Citroen kembali ke Indonesia
Ilustrasi Citroen kembali ke Indonesia (Citroen)

Otosia.com, Jakarta Stellantis N.V., perusahaan induk Automobiles Citroën, telah menunjuk Indomobil Group untuk menjalankan bisnis Citroën di Indonesia. Kemitraan ini diumumkan di Jakarta Selasa (4/10/2022). Perjanjian kemitraan menunjuk Indomobil sebagai distributor tunggal merek Citroën di Indonesia, termasuk rencana memperkenalkan mobil-mobil Citroën di Indonesia mulai 2023.

Acara ini dihadiri oleh Andrew Nasuri, Head of Business Development, Indomobil Group; Vincent Cobée, CEO Citroën, dan Carl Smiley, Stellantis Chief Operating Officer untuk India dan wilayah Asia Pasifik untuk mengumumkan secara resmi kehadiran Citroen di Indonesia.

“Kami sangat bangga mengumumkan kemitraan strategis Indomobil dan Stellantis yang akan memperkenalkan dan mengembangkan merek Citroën di Indonesia. Melalui Indomobil Wahana Trada, kami akan memasarkan kendaraan yang bergaya dan menawarkan layanan purna jual yang andal untuk membangun merek di sini,” tutur Andrew Nasuri.

“Penunjukan ini menandai tonggak sejarah yang mencerminkan kemitraan yang kuat antara Stellantis Group dan Indomobil Group saat kami meresmikan bisnis ini,” lanjutnya.

 

Video Terpopuler saat Ini

Tentang Citroen

Deretan mobil Citroen
Deretan mobil Citroen dari kiri: Citroen e-C4, Citroen C3 dan Citroen C5 (Citroen)

Citroën adalah merek mobil Prancis yang didirikan pada tahun 1919 oleh Andre Citroën. Sesuai dengan tiga nilai utamanya, kemanusiaan, kesejahteraan, dan keberanian, Citroën berkomitmen untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dengan memberikan solusi cerdas melalui inovasi produk dan teknologi.

Sebagai tolak ukur dalam hal kenyamanan, produk Citroën akan dilengkapi dengan layanan yang memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi para pelanggannya.

“Kami yakin Citroën di Indonesia akan dikenal sebagai merek yang “Dares to Care” (Berani Peduli). Peduli terhadap kesejahteraan pelanggan kami, menjaga kenyamanan mereka, dan peduli untuk memberikan mereka pengalaman digital dan bebas masalah terbaik di kelasnya,” jelas Vincent Cobée, CEO Citroën.

Pasar Indonesia

Citroen C3
Citroen C3 (autocarindia.com)

Pasar otomotif di Indonesia memiliki prospek cerah di tahun-tahun mendatang. Dengan kemitraan strategis ini, Citroën sebagai produsen mobil Eropa akan menawarkan kendaraan yang lebih stylish dan berkualitas tinggi yang akan meramaikan pasar otomotif di Indonesia.

Citroën akan didukung oleh jangkauan luas Indomobil melalui jaringan dealer resmi dan bengkel servisnya. Indomobil diandalkan melalui pengalaman dan keahlian yang mendalam dalam mengembangkan merek dengan strategi jangka panjang.

“Indomobil adalah mitra yang mapan dan berharga, memiliki rekam jejak kisah sukses dengan merek otomotif global. Lebih penting lagi, Indomobil memiliki keahlian dan pengalaman panjang di industri otomotif lokal dan fokus yang kuat pada kepuasan pelanggan,” ungkap Carl Smiley, Stellantis Chief Operating Officer untuk India dan wilayah Asia Pasifik.

Mobil yang diboyong

Citroen menghadirkan tiga produk sekaligus pada pengenalan mereknya hari ini, dimulai dari Citroen C3, Citroen C5 dan terakhir Citroen E-C4 sebagai showcase mobil listrik. Ketiga mobil ini belum dijual, sebatas pengenalan.

Citroen C3 terbilang sebagai mobil bergaya funky ini diposisikan sebagai entry level SUV sebagai rival dari Renault Kiger dan Nissan Magnite di negeri Bollywood. Dengan demikian, Citroen C3 bakal bersaing dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di tanah air.

Citroen C3 pertama kali diperkenalkan di India pada bulan Juli 2022 kemarin. Mobil ini menyodorkan tampilan serba modern dan nan unik, dengan banyak campuran warna. Sebagai contoh adalah atap berwarna oranye, bodi berwarna putih dan body cladding hitam.

Secara kelengkapan, mobil ini dibekali head unit berukuran 10.25 inci, dasbor berdesain unik, DRL LED, ground clearance 180 mm, radius putar balik 4.98 m, dan tersedia dengan mesin 1.200cc turbo yang menghasilkan output 110 PS dan torsi 190 Nm. Sedangkan varian 1.200cc naturally aspirated menyemburkan tenaga sebesar 80 hp dan torsi 115 Nm.

SUV ini dibanderol mulai dari 571.000 Rupee atau Rp 106,8 juta (dengan kurs 1 Rupee = Rp 187,09) hingga 815.000 Rupee atau Rp 152,4 juta.

Citroen C5

Citroen C5 Aircross
Citroen C5 Aircross (netcarshow.com)

Mobil berikutnya adalah Citroen C5 Aircross. SUV bongsor ini diposisikan sebagai rival dari Hyundai Tucson, Jeep Compass dan VW Tiguan di India. Citroen C5 Aircross akan bersaing dengan Mazda CX-5, Subaru Forester, MG HS dan Wuling Almaz, jika dijual di Indonesia.

Berbeda dengan Citroen C3, C5 Aircross dijual sebagai SUV premium serba nyaman. Dengan demikian tampilan mobil ini lebih elegan dan mewah, namun mempertahankan unsur desain khas Citroen.

Mobil ini disematkan berbagai fitur, di antaranya keyless entry, speedometer digital, head unit berukuran 25.4 cm, kamera mundur, grip control, lampu pencahayaan LED, park assist, blind spot monitoring, wireless charger dan panoramic sunroof.

Citroen C5 Aircross hanya ditawarkan dengan mesin diesel di India. Lebih tepatnya jantung pacu 2.000cc yang sanggup menyemburkan tenaga 177 PS dan torsi 400 Nm. SUV ini dijual dengan harga 3.667.000 Rupee atau Rp 686 juta.

Citroen e-C4

Citroen e-C4
Citroen e-C4 (Citroen)

Mobil yang terakhir adalah Citroen e-C4. SUV ini mengusung tampilan bergaya coupe di mana bagian atap dibuat lebih melengkung. Desain ini, selain meningkatkan aspek estetika, juga membantu aerodinamika, ideal untuk mobil lisrik.

Lantaran Citroen e-C4 baru dijual di Eropa, mobil ini tergolong lengkap dari segi fitur. Citroen e-C4 dilengkapi speedometer digital, head unit canggih dan serangkaian teknologi keselamatan, seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Blind Spot Monitor dan masih banyak lagi.

e-C4 dibekali baterai berukuran 50.0 kWh dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan output 136 PS dan torsi 260 Nm. Seluruh tenaga mobil disalurkan ke roda depan (FWD) dan mobil ini diklaim bisa menjelajah sejauh 349 km.

SUV Coupe ini dijual dengan harga 30.895 GBP atau Rp 535,5 juta (dengan kurs 1 GBP = Rp 17.333,33).

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Berita Terkini Selengkapnya