Toyota Innova Unik, Pakai Setir Kiri dan Pakai Bak Terbuka

Oleh Arendra Pranayaditya pada 09 Okt 2022, 13:11 WIB
Diperbarui 09 Okt 2022, 13:11 WIB
Penampakan Innova Pikap
Penampakan Innova Pikap (Instagram/@indra_fathan)

Otosia.com, Jakarta Toyota Innova menjadi salah satu MPV yang populasinya cukup banyak di Indonesia. Kebanyakan orang menyukai Toyota Kijang Innova karena terkenal kuat, bandel dan praktis, cocok untuk beragam kebutuhan sehari-hari.

Lantaran populasinya yang banyak, tidak jarang beberapa pemilik mencoba memodifikasi atau bahkan mengubah beberapa hal di mobil mereka.

Salah satunya adalah pemilik Toyota Kijang Innova yang menampilkan video singkat, diunggah oleh pemilik akun Instagram @@kangmas.angga dan @dan.disini. Bagian depan pikap ini mempunyai bodi dan kabin dari Innova reborn, sedangkan sektor buritan merupakan bak pikap. 

Video Terpopuler saat Ini

Serba unik

Toyota Innova pikap
Toyota Innova pikap (Instagram/@indra_fathan)

Toyota Kijang Innova di video yang diunggah terbilang unik. Selain bodinya yang anti-mainstream, Innova tersebut ternyata setir kiri. Hal ini terlihat di dalam cuplikan video, di mana berada di sisi kiri mobil.

Adapun lampu sein di bawah menonjol keluar, seakan dipasang layaknya aksesori tambahan. Sebagai komparasi Toyota Innova reborn pre-facelift mempunyai lampu sein yang menyatu dengan lampu kabut.

Sementara spion bawaannya lebih sederhana, tak berwarna dan tidak dipasangkan lampu sein. Pelek bawaannya pun menggunakan pelek kaleng.

Basis Mobil

Meski bagian depan terlihat penuh layaknya Kijang Innova reborn pre-facelift, kemungkinan besar mobil ini berbasis dari Toyota Kijang kapsul pikap yang kerap ditemukan di tahun 2000-2005.

Penanda paling mencolok adalah bak belakang yang kecil dan cungkring, terlihat kurang proporsional dengan batok depan Innova reborn yang besar. Ukuran bak tersebut juga kerap ditemukan pada Kijang Kapsul pikap lawas.

Sementara soal setir kirinya kemungkinan mengacu ke arah Innova reborn sebagai unit impor, seperti negara Filipina dan Taiwan.

Di sisi lain, ada juga kemungkinan Innova ini ditanamkan ke sasis Toyota Hilux. Namun ini terbilang kurang ideal, mengingat Hilux Single Cab mempunyai bak lebih panjang dan Hilux Double Cab mempunyai bentuk bak senada dengan bodinya.

Toyota Kijang Innova terbaru

Isu panas terkait soal Toyota Kijang Innova lainnya mengacu pada model terbarunya. MPV andalan Toyota ini dikabarkan akan debut dalam waktu dekat dan menerima serangkaian ubahan signifikan.

Demi menekan emisi gas buang dan meningkatkan efisiensi, Toyota Kijang Innova terbaru dikabarkan akan mengusung mesin hybrid. Hal ini diungkapkan oleh situs autocarindia.com, yang juga menjelaskan bahwa Innova hybrid juga akan dijual di India.

Hadirnya mesin hybrid sekaligus menggantikan mesin diesel yang saat ini ditawarkan sebagai varian premium. Dengan kata lain, besar kemungkinan jantung pacu 2.400cc diesel di Innova dan Venturer saat ini akan dihapus.

Sebagai gantinya adalah mesin bensin hybrid dengan kapasitas 2.000cc. Namun untuk sementara, informasi terkait jeroan baru ini masih menjadi teka-teki.

Nama baru

Toyota Innova generasi teranyar diduga kuat memulai debut pada bulan November 2022 di India dan dijual resmi pada bulan Januari 2023. Namun peluncuran untuk Indonesia, informasi lebih lanjut belum terungkap.

Selain itu, MPV ini juga akan disematkan nama baru. Lebih tepatnya sebagai “Innova Hycross” di negeri Bollywood dan Innova “Zenix” di Indonesia.

Nama “Zenix” sendiri tercatat sudah terdaftar di Indonesia. Berdasarkan situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI), “Innova Zenix” telah didaftarkan sebagai merek pada tahun 2020. Paten nama ini diajukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC).

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya