6 Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus, Jadi Tanda Ada Masalah di Kendaraan

Oleh Ahmad Muzaki pada 30 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 08:00 WIB
Mendeteksi Masalah Motor dengan MIL di Speedometer (AHM)
Mendeteksi Masalah Motor dengan MIL di Speedometer (AHM)

Otosia.com, Jakarta Ada banyak faktor yang memengaruhi lampu indikator injeksi menyala terus. Di antaranya aki atau baterai yang tekor, ECU rusak, dan lain sebagainya. Sering kali tanda-tanta ini timbul karena motor atau mobil kurang dirawat.

Lampu indikator injeksi adalah lampu tanda yang ada pada dashboard kendaraan motor. Lampu indikator injeksi pada kendaraan motor memiliki banyak jenis dan fungsinya. Pada umumnya, lampu indikator injeksi menyala terus artinya memberikan kode tertentu kepada pengendara.

Biasanya kode yang diberikan berupa kedipan lampu dalam jumlah tertentu. Dengan adanya lampu indikator tersebut dimaksudkan untuk mempermudah mekanik dalam mendeteksi masalah pada kendaraan motor anda. Mengetahui penyebab lampu indikator injeksi menyala terus sangatlah penting.

Berikut ini penyebab lampu indikator injeksi menyala terus yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/9/2022).

Video Terpopuler saat Ini

Mengenal Lampu Indikator Injeksi

Seperti yang dijelaskan di atas, lampu indikator injeksi adalah lampu tanda yang terdapat pada dashboard kendaraan motor. Lampu indikator motor atau yang bisa disebut dengan check engine indicator sendiri adalah salah satu fasilitas motor yang sangat berguna untuk Anda.

Engine check ini ditandai dengan gambar seperti bongkahan mesin yang terdapat pada dashboard speedometer. Dalam keadaan normal, lampu indikator ini akan menyala selama tiga detik saat mesin motor dihidupkan. Namun jika lampu tetap menyala, artinya ada kerusakan yang terjadi pada mesin motor.

Lampu indikator injeksi terletak pada dashboard speedometer. Lampu indikator injeksi motor ini menjadi salah satu fasilitas yang sangat berguna untuk mendeteksi kerusakan.

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Ada banyak penyebab lampu indikator injeksi menyala terus yang mungkin tidak anda ketahui. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya perawatan ekstra terhadap sepeda motor. Berikut ini terdapat beberapa penyebab lampu indikator injeksi menyala terus, yaitu:

1. Masalah Pulser

Penyebab lampu indikator injeksi menyala terus yang pertama adalah karena adanya masalah pulser. Pulser atau pick up coil adalah komponen yang berfungsi menentukan waktu pengapian kepada CDI atau ECU ke SCR, kemudian memerintahkan SCR untuk membuka kapasitor dan melepaskannya. Jika pulser dalam kondisi lemah biasanya akan menyebabkan sepeda motor tersendat-sendat, seperti kehabisan bensin dan sering kali mogok.

2. Masalah Throttle Position Sensor (TPS)

Penyebab lampu indikator injeksi menyala terus yang lainnya adalah adanya masalah Throttle Position Sensor (TPS). Throttle Position merupakan sensor yang berfungsi membaca besaran bukaan gas dan memberikan sinyal tersebut ke ECU. Jika terjadi kerusakan, gejala yang ditimbulkan adalah putaran mesin jadi berat atau bahkan tidak bisa idle. Jika terus dibiarkan, TPS yang rusak nantinya dapat menyebabkan tarikan motor menjadi kurang responsif.

3. Masalah ECU motor

Penyebab lampu indikator injeksi menyala terus yang berikutnya adalah adanya masalah pada ECU motor. ECU merupakan salah satu elemen paling penting pada sepeda motor.

Sebab di dalam ECU terdapat semua fitur pada mesin injeksi yang nantinya dapat dikontrol. Seperti riding mode, bukaan bensin, dan campuran udara. Jika terjadi kerusakan pada ECU, hal ini bisa merusak seluruh sistem mesin dari sepeda motor injeksi Anda.

4. Masalah Saringan Udara

Penyebab lampu indikator injeksi menyala terus yang selanjutnya adalah adanya masalah saringan udara. Saringan udara pada motor bertugas menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar agar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu. Jika kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan tidak stabil. Selain itu, motor juga akan mendadak mati atau mogok bila filter udara kotor tetap digunakan. Untuk itu, perlu adanya perawatan ekstra pada kendaraan motor anda, minmal 2-3 bulan sekali.

5. Power Supply ke Fuel Injector Rusak

Penyebab lampu indikator injeksi menyala terus yang lainnya adalah power supply ke fuel injector rusak. Kerusakan ini disebabkan karena regulator tidak berfungsi dan battery atau aki tidak terisi dengan sepenuhnya. Namun bisa jadi karena terlalu over pengisiannya atau over charging. Jika indikator menunjukkan kedipan hingga 46 kali maka ini pertanda ada kerusakan pada power supply.

6. Check Engine yang Bermasalah

Penyebab lampu indikator injeksi menyala terus yang berikutnya adalah check engine bermasalah. Check engine ini memiliki bentuk gambar seperti mesin, apabila check engine pada lampu indikator injeksi menyala, berarti mengindikasikan adanya suatu masalah yang terjadi pada bagian mesin atau controlnya.

Meski demikian, hal tersebut tidak selalu menunjukkan kerusakan serius bagi pengguna. Bisa jadi penyebab lampu indikator injeksi menyala terus dapat diakibatkan adanya soket yang kendor, juga dapat menunjukkan adanya komponen atau sensor pada mesin yang membutuhkan penggantian.

Sekadar informasi, lampu indikator check engine di setiap merek kendaraan memiliki makna yang berbeda-beda. Ini oleh produsen kendaraan sudah diatur melalui komputer yang disematkan ke dalam ECU.

Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi

Sumber: Liputan6.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya