Masih Dites Jalan, Beginikah Wujud Suzuki Swift Terbaru?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 26 Sep 2022, 20:15 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 20:15 WIB
Render Suzuki Swift terbaru
Render Suzuki Swift terbaru (bestcarweb.jp)

Otosia.com, Jakarta Suzuki rupanya diam-diam tengah menyiapkan Swift terbaru. Pasalnya Swift terciduk sedang tes jalan di Eropa dengan sekujur bodinya ditutupi warna kamuflase.

Meski belum dikonfirmasi secara langsung, diduga kuat mobil tersebut adalah Suzuki Swift teranyar. Beberapa indikasinya terlihat dari desain mendasar yang menyerupai Swift, terutama dari bentuk atapnya.

Suzuki Swift terbaru akan menerima banyak perubahan dari segi desain, mulai dari grill dan bumper depan, hingga sektor buritan dan lampu belakang. Hal ini berkaitan dengan penggunaan bahasa desain terbaru Suzuki untuk model-model terkini.

 

Video Terpopuler saat Ini

Render

Render Suzuki Swift Sport
Render Suzuki Swift Sport (bestcarweb.jp)

Lantaran bodi Swift masih tertutup kamuflase, beberapa orang mencoba menebak wujud resminya. Salah satunya adalah situs bestcarweb.jp yang menampilkan render bentuk baru Suzuki Swift, termasuk model Sport.

Hatchback ini mendapatkan fascia depan baru. Lampu depan kini lebih pipih dengan lampu kabut di bawahnya mempunyai housing berbeda. Sementara ada grll dan bumper depan baru, membuat wajah mobil ini terlihat lebih “kalem” dibanding model sebelumnya.

Bagian samping minim perubahan, di mana bentuk atap dan tarikan garis bodi sekilas serupa dengan Swift lama. Lalu bagian belakang terlihat mempunyai bentuk lebih membulat.

Versi Sport mendapatkan fascia depan lebih agresf dengan banyak tarikan garis lancip. Perbedaan paling mencolok terletak di bagian grill depan, adanya aksen hitam di antara lampu utama dan foglamp, bodykit khusus dan adanya spoiler di pintu bagasi.

Spesifikasi

Suzuki Swift terbaru sedang tes jalan
Suzuki Swift terbaru tertangkap kamera sedang tes jalan di suatu tempat di Eropa Selatan. (motor.es)

Tidak sebatas menampilkan render, situs ini juga memberi prediksi seperti apa spesifikasi baru Swift terbaru kelak. Pasalnya mobil ini akan meneruskan mesin yang digunakan saat ini dengan beberapa refinement.

Hatchback ini diprediksi akan dipasangkan mesin 1.200cc naturally aspirated dengan tambahan sistem hybrid. Jantung pacunya menghasilkan tenaga 91 PS dengan torsi 12 kgm, ditambah dengan motor listrik dengan daya 3.1 PS.

Semetara Suzuki Swift Sport mengandalkan jantung pacu 1.400cc turbo yang juga mendapatkan hybrid. Mesin ini menyemburkan tenaga sebesar 130 PS dan torsi 24 kgm, sedangkan sistem hybrid bawaannya meletupkan output 13 PS dengan torsi 5.5 kgm.

Suzuki Swift menyalurkan seluruh tenaga mesinnya ke roda depan (FWD) melalui girboks CVT. Sementara Swift Sport juga menggunakan basis FWD, namun tersedia dengan pilihan transmisi manual atau otomatis dengan 6 percepatan.

Baleno Cross

Render Suzuki Baleno Cross
Render Suzuki Baleno Cross (autocarindia.com)

Selain Swift, Suzuki juga diketahui tengah mengetes Baleno versi SUV. Pasalnya sebuah SUV misterius mempunyai kemiripan dengan Baleno ditemukan tertutup dengan kamuflase.

SUV ini mengusung kode nama “YTB” dan digadang-gadang akan disebut sebagai “Baleno Cross”. Meski tertutup kamuflase, beberapa foto menunjukkan di mana mobil ini mengambil basis dari Baleno.

Lantaran diselubungi, beberapa orang mencoba menebak bentuk resminya seperti apa.

Wujud Baleno Cross

Salah satunya adalah situs autocarindia.com. Laman otomotif asal India ini mencoba menebak bentuk mobil dibalik kamuflase tebalnya melalui render atau gambar digital.

Hasilnya tampilan Baleno ini menjadi lebih gagah. Fascia depan mengusung desain mirip dengan Suzuki Grand Vitara terbaru, grill besar, DRL LED di atas dan lampu utama diletakkan di bawahnya.

Mobil ini juga menjadi lebih tinggi dibandingkan Baleno biasa dan area rumah roda ditempelkan body cladding, layaknya sebuah mobil SUV. Sebagai pelengkap di area atap ada roof rail yang belum diketahui apakah memiliki fungsi atau sekadar aksesori pemanis.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya