Wuling Pamerkan SUV Listrik Mengotak, Siap Jegal Suzuki Jimny?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 24 Sep 2022, 20:28 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 20:28 WIB
SUV listrik terbaru Baojun
SUV listrik terbaru Baojun (carnewschina.com)

Otosia.com, Jakarta Wuling belakangan ini kerap menghadirkan beragam produk baru, baik secara lokal maupun internasional.

Sebagai contoh di Indonesia, merek asal Tiongkok ini belum lama merilis Air ev sebagai produk mobil listrik pertamanya di tanah air. Bahkan mobil ini sudah diproduksi dalam negeri.

Sementara di Cina sendiri, Wuling memperkenalkan Mini EV Cabrio yang mempunyai atap terbuka dan memperbarui Kiwi EV dengan spesifikasi lebih lengkap.

 

Video Terpopuler saat Ini

SUV

SUV listrik terbaru Baojun tertangkap kamera
SUV listrik terbaru Baojun tertangkap kamera sedang diangkat ke atas truk (carnewschina.com)

Setelah menghadirkan beberapa model baru, Wuling sepertinya dalam waktu dekat akan menghadirkan produk baru lagi.

Melansir carnewschina.com, Jumat (23/9/2022) Baojun, sub-brand Wuling, akan meluncurkan mobil listrik mungil nan mengotak dengan nama 'City Fun Trendy Project', cocok sebagai rival baru Suzuki Jimny.

Yang menarik, mobil ini mengusung nama utama 'Kiwi' dibanding 'Baojun'. Hal ini boleh jadi menandakan Wuling akan membuat nama 'Kiwi' sebagai brand tersendiri.

Desain

Suzuki
Suzuki Jimny 4Sport dipasarkan di Brasil dengan jumlah terbatas.

Mobil listrik ini mempunyai desain serba mengotak nan unik, seperti bergaya retro futuristis.

SUV Kiwi ini mengusung tampilan serba mungil, namun mempertahankan desain tegas layaknya mobil SUV. Fascia depan terlihat gagah dengan banyak lekukan serba mengotak, dipadu dengan lampu utama LED berbentuk garis.

Sisi samping tampil khas dengan adanya over fender menonjol, mirip Suzuki Jimny atau Jeep Wrangler. Pun profile sampingnya serupa, di mana bentuk atap terlihat kurang aerodinamis.

Sektor buritan meneruskan konsep tangguh nan imutnya dengan adanya body cladding dan lampu belakang LED bulat. Pelek bawaannya menggunakan morif kembang berwarna two tone.

Performa

Mobil 'jeep' mungil listrik ini mempunyai performa yang lebih mumpuni.

Dibanding Wuling Mini EV dan Baojun Kiwi EV, SUV ini mempunyai sepasang motor listrik yang menggerakkan setiap roda (4WD). Dengan demikian, mobil listrik ini 'handal' dalam melintasi lintasan-lintasan off-road.

Dengan adanya tambahan motor listrik tersebut, output tenaga kudanya meningkat menjadi sekitar 50 PS atau lebih. Figur torsinya belum diketahui, namun dapat dipastikan juga akan menerima peningkatan.

Sebaliknya, mulai dari Baojun Kiwi EV hingga Wuling Air ev di Indonesia, mayoritas mobil listrik Wuling hanya mengandalkan satu motor listrik yang menghasilkan tenaga 40 PS dan torsi 110 Nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang (RWD).

Harga

Off-roader kecil ini belum diketahui tanggal debutnya. Lantas harga mobil ini masih menjadi misteri.Sebagai patokan, berikut harga Wuling Air ev di Indonesia:

Wuling Air ev Long Range Rp 295.000.000

Wuling Air ev Standard Range Rp 238.000.000

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya