Selain Versi 5 Pintu, Suzuki Siapkan Jimny Hybrid dan Listrik

Oleh Arendra Pranayaditya pada 21 Sep 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 14:03 WIB
Suzuki Jimny
Suzuki Jimny (netcarshow.com)

Otosia.com, Jakarta Suzuki diketahui tengah menyiapkan Jimny model baru dengan jumlah pintu yang lebih banyak. Versi 5 pintu ini kerap ditemukan sedang tes jalan di berbagai negara, mulai dari Eropa hingga India.

Tampilan utuh SUV serba mengotak ini masih menimbulkan tanda tanya, sebab saat menjalani pengetesan jalan seluruh bodinya terselubung kamuflase. Namun mobil ini sekilas terlihat seperti Jimny tiga pintu dengan wheelbase yang belbih panjang.

Meski versi 5 pintu belum diluncurkan secara resmi, rupanya Suzuki juga akan memperkenalkan varian lain berbasis elektrifikasi. Hal ini dilakukan untuk menekan hasil emisi gas buang.

 

 

 

Dua model

Suzuki Jimny IIMS 2019
Suzuki Jimny tampil publik di ajang otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Mengutip carsales.com.au, Selasa (20/9/2022), Suzuki Jimny berbasis elektrik akan hadir dalam dua model.

Pertama adalah varian hybrid. Di Australia kelak Jimny akan mendapatkan mesin hybrid yang lebih ramah lingkungan. Hal ini berbeda dengan Jimnya 5 pintu terbaru yang dikabarkan akan mendapatkan mesin mild hybrid.

“Setiap model Suzuki akan mendapatkan versi hybrid. Tapi kita harus memperkenalkan (Jimny hybrid) di suatu tempat yang menjadi jangkauan kami,” kata Michael Pachota, Managing Director of Suzuki Australia.

EV

Sektor buritan Suzuki Jimny
Sektor buritan Suzuki Jimny (netcarshow.com)

Model elektrifikasi berikutnya mencakup Electric Vehicle (EV) atau mobil listrik murni. Penggunaan platform EV terbilang lebih ramah lingkungan, lantaran dapur pacunya tidak menggunakan mesin dengan pembakaran internal.

Soal tanggal peluncurannya, Michael tidak bisa memberikan penjelasan yang pasti. Jimny versi EV diprediksi akan meluncur pada tahun 2030 mendatang.

“Saya tidak bisa memastikannya. Kami tidak memiliki apa pun dari pabrik terkait konfirmasi Jimny dengan platform EV. Tapi tidak salah berasumsi berdasarkan arah yang ingin kita tuju,” tukas Michael.

Spesifikasi

Spyshot Suzuki Jimny Eropa
Spyshot Suzuki Jimny di Eropa (motor.es)

Suzuki Jimny 5 pintu digadang-gadang mempunyai mesin baru. Jantung pacu K15B bawaannya akan digantikan dengan mesin K15C DualJet layaknya Suzuki Ertiga dan XL6 facelift di negeri Bollywood.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga sekitar 103 PS dan torsi 137 Nm yang dikawinkan dengan sistem mild hybrid. Seluruh tenaga tetap disalurkan ke setiap roda (4WD) melalui pilihan transmisi manual 5 percepatan atau girboks otomatis 6 percepatan.

Suzuki Jimny 5 pintu dikabarkan akan debut perdana pada Delhi Auto Expo yang berlangsung bulan Januari tahun 2023.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya