Mobil-mobil yang Dipakai ke Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ada Sederet Limosin dan Jaguar XF

Oleh Ahmad Muzaki pada 20 Sep 2022, 20:06 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 20:06 WIB
Mobil pengantar keluarga ke pemakaman Ratu Elizabeth II (Drive Australia)
Mobil pengantar keluarga ke pemakaman Ratu Elizabeth II (Drive Australia)

Otosia.com, Jakarta Kabar duka masih menyelimuti Kerajaan Inggris usai berpulangnya Ratu Elizabeth II. Prosesi pemakamannya pun mampu menyedot perhatian dunia.

Banyak warga dunia yang penasaran dengan seremonial pemakaman Ratu Elizabeth II. Bahkan sederet mobil-mobil ikonik turut serta mengantar.

Tidak hanya Jaguar XF yang sempat menjadi pusat perhatian, tetapi ada beberapa limosin yang juga turut ambil bagian dalam prosesi tersebut.

Video Terpopuler saat Ini

1. Rolls Royce Phantom VI State Limousine 1978

Mobil ini turut menjadi saksi dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. Awalnya, kendaraan ini dipersembahkan sebagai hadiah kepada Sang Ratu untuk Silver Jubilee-nya pada tahun 1977.

Limosin ini mendapatkan sentuhan personalisasi dengan meninggikan bagian atap melalui panel atas kaca dan jendela belakang untuk tugas parade.

Pada saat pemakaman, jendela belakang telah dimodifikasi dan diganti dengan penutup untuk prosesi pemakaman. Mobil ini juga sempat digunakan untuk mengantar Putri Wales, Kate Middleton ke pernikahannya pada 2011 lalu.

Dan pada momen prosesi kali oini, Permaisuri dan Putri Wales ada di dalam mobil ini untuk mengantar Sang Ratu.

2. Rolls Royce Phantom VI State Limousine 1987

Kehadiran limosin khas Inggris ini menjadi yang terakhir diproduksi pada rentang waktu 1968 - 1990 silam. Ini adalah mobil kedua yang yang kerap digunakan oleh Sang Ratu untuk beberapa kegiatan.

Pada saat prosesi pemakaman, mobil ini ditumpangi oleh Putri Pangeran Andrew, Putri Beatrice dan Eugenie ada di dalam mobil ini.

3. Bentley Limousine 2002

Mobil ini dipersembahkan kepada Ratu Elizabeth II untuk Jibulee-nya pada 2002 silam. Mobil tersebut telah dilapisi baja untuk melindungi penumpangnya, dan pada 2009 lalu, mesin yang awalnya mengadopsi V8 Twin-Turbo berkubikasi 6,75 liter, kini telah dimodifikasi untuk menggunakan biofuel untuk menghasilkan emisi yang lebih bersih.

Dalam pemakaman Ratu Elizabeth II, Duchess of Sussex dan Countess of Wessex ada di dalam mobil ini untuk menuju pemakaman.

4. Jaguar XJ 2012

Mobil ini sebelumnya juga terlihat dalam acara pemakaman. Didalamnya terdadapat anggota keluarga kerajaan yang dibawa menuju Westminster Hall. Ini adalah satu dari dua limusin Jaguar XJ State yang dioperasikan.

Diketahui bahwa mobil ini memakai pelat nomor NGN-1 dan NGN-2.

Penulis: Fahmi Rizki

Sumber: Liputan6.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya