Pengendara Mobil Wajib Bisa, Begini Cara Belajar Parkir Paralel

Oleh Redaksi Otosia pada 20 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi parkir paralel (Auto Insurance Center)
Ilustrasi parkir paralel (Auto Insurance Center)

Otosia.com, Jakarta Parkir paralel adalah momen parkir yang dianggap sangat menakutkan. Tetapi jika Anda sudah terbiasa dan bisa menguasainya dengan waktu yang singkat maka parkir paralel tentu bukan jadi hal yang menakutkan.

Sebelum memulai untuk parkir maka carilah tempat yang lebih panjang dari mobil Anda dan pastikan tempat tersebut aman dan legal untuk parkir.

Nah, berikut ini tahapan-tahapan belajar parkir paralel agar cepat mahir yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (19/9/2022).

Video Terpopuler saat Ini

1. Memilih Tempat Parkir

Cari tempat yang sesuai. Cari tempat untuk menempatkan mobil Anda tanpa menabrak kendaraan lain.

2. Pastikan tempat itu aman dan legal

Cari tanda petunjuk tentang aturan parkir di tempat itu. Pastikan Anda tidak parkir di depan keran pemadam kebakaran atau area lain yang tidak boleh ditutupi.

3. Nyalakan lampu sein dan posisikan kendaraan untuk mundur

Lihat kaca spion untuk memastikan tidak ada orang yang mendadak ada di belakang kendaraan Anda. Rem pelan-pelan untuk memberi tanda bahwa Anda berjalan pelan.

4. Pertimbangkan untuk meminta bantuan orang lain

Jika lokasi parkir itu sempit atau Anda belum terlalu mahir parkir paralel, sebaiknya mintalah tolong seseorang untuk membantu Anda memberi aba-aba dari luar mobil.

5. Mundurkan mobil Anda

Pastikan jalan di belakang sudah aman, lalu menolehlah dan lihat ke arah lokasi parkir. Setelah bagian belakang jok sejajar dengan bagian belakang mobil di sebelah Anda, putar setir dengan cepat dan arahkan mobil sehingga posisinya 45 derajat saat masuk ke lokasi parkir.

6. Mundur lurus

Mundurlah terus ke sudut sampai roda belakang yang paling dekat dengan trotoar jaraknya sekitar 30 cm dari trotoar.

7. Meluruskan mobil saat Anda sudah masuk dalam lokasi parkir.

Putar setir kembali ke arah jalan setelah bagian belakang mobil Anda sebagian besar sudah masuk ke lokasi parkir, dan sambil mundur pelan-pelan.

8. Luruskan ketika mobil sudah pada lokasi parkir

Setelah berhasil menempatkan mobil di dalam lokasi parkir, Anda mungkin perlu memposisikan ulang kendaraan supaya paralel dengan trotoar dan berada di tengah-tengah antara dua mobil yang ada di depan maupun di belakang. Pastikan memberikan jarak antara kedua mobil yang ada di depan dan belakang Anda untuk memudahkannya keluar.

9. Ulangi jika mobil tidak pas

Anda harus mengulanginya lagi jika mobil yang Anda parkirkan dirasa tidak pas dan tidak lurus, ini agar parkiran mobil rapih dengan mobil yang lainnya,

Penulis: Rayhan Rizki Sonjaya Putra

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya