Sudah Pernah Pamer Ayla BEV, Kapan Daihatsu Mulai Genjot Mobil Listrik di Indonesia?

Oleh Nurrohman Sidiq pada 17 Sep 2022, 20:10 WIB
Diperbarui 17 Sep 2022, 20:10 WIB
Daihatsu Ayla EV
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memilih Ayla jadi mobil konsep ini lantaran statusnya sebagai LCGC perdana dari Daihatsu. "Ayla adalah produk LCGC yang pertama kami develop jadi kami sudah sangat familiar dengan mobil ini. 253 ribu sudah kita buat mobil ini jadi kami punya bahan riset," terang Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM dikutip dari Liputan6.com.

Otosia.com, Jakarta Tren mobil listrik memang terus menjangkit. Para agen pemegang merek (APM) pun mulai berlomba-lomba pamer teknologi terkini yang semuanya berbasis mobil tanpa emisi.

Begitu pun PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto SHow yang digelar di Jakarta, bulan Agustus lalu, mereka memboyong Ayla listrik ke panggung pameran. Mobil ini pun ramai diperbincangkan khalayak otomotif.

Dengan munculnya mobil elektri baru ini, seperti menandakan bahwa Daihatsu sudah siap dengan era elektrifikasi Indonesia. Lantas, kapan mereka akan mulai menggenjot produksinya?

 

 

 

 

Video Terpopuler saat Ini
 

Era Baru Elektrifikasi

Sri Agung Handayani, Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor tidak menampik bahwa pihaknya juga sedang mempersiapkan elektrifikasi untuk lini produksinya. Menurutnya, ini memang sejalan dengan target pemerintah yang mencanangkan percepatan produksi kendaraan listrik tahun 2025 nanti.

"Sebenarnya pemerintah itu sudah memberikan target ya. Nanti in the next tahun 2025 kita diminta harus ada tunjangan untuk Indonesia. Daihatsu tentu menuju (mobil listrik) ya, karena itu adalah roadmap," ujar Sri Agung saat ditemui Otosia di GIIAS 2022 Surabaya, Jumat (16/9/2022).

Langkah awal menuju era mobil listrik diawali Daihatsu dengan menampilkan Ayla BEV (Battery Electric Vehicle). Lalu mengapa justru Ayla yang dipilih? Kenapa bukan model lain seperti Xenia?

Daihatsu Ayla Listrik

Sri Agung menambahkan bila memang Ayla listrik di GIIAS 2022 Jakarta kemarin masih berupa prototipe. Ia menjelaskan produk itu dikembangkan oleh divisi Research & Development (R&D) ADM di Indonesia.

"Kalau di GIIAS kemarin kami menampilkan prototipe. Prototipe itu dibangun oleh R&D kami. R&D kami kebetulan yang terbesar di Indonesia. Dibangun dari 2011, ada di Karawang ya," ujarnya.

Sedangkan pemilihan Ayla sendiri karena Sri Agung mengakui bila citycar ini cukup familiar dan sudah banyak jumlahnya di pasaran.

"Dan kita menggunakan mobilnya Ayla, karena Ayla sejak dilaunching kita sudah punya kurang-lebih 250 ribu unit. Jadi kita sudah punya learning yang cukup baik dengan kendaraanya dan kustomernya," paparnya lagi.

Sudah Dikembangkan sejak 2020

Lebih lanjut, dalam kesempatan berbeda, Sri Agung pernah menjelaskan bila Daihatsu Ayla listrik telah dikembangkan sejak akhir tahun 2020 lalu. Sedangkan pengembangan konversinya berjalan dari tahun 2021.

Kemudian sebelum melantai di GIIAS 2022 Jakarta, mobil ini sudah lebih dulu mengalami pengembangan desain. Namun, lagi-lagi ia tidak merinci kapan mobil ini kiranya bakal diproduksi atau dijual secara massal.

"Ini merupakan concept car, sampai saat ini kami masih study. Begitu selesai, teman-teman (wartawan) adalah orang pertama yang kami beri tahu," ujar Sri Agung kepada wartawan, dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (17/9/2022).

Daihatsu Rocky Hybrid

Dalam kesempatan yang sama, Sri Agung turut memaparkan soal Daihatsu Rocky e-SMART Hybrid. Sama seperti Ayla listrik, mobil ini punya teknologi mumpuni untuk dihadirkan di pasar Indonesia.

Selain itu, keberadaan Rocky hybrid menandakan bila Daihatsu mampu untuk menciptakan mobil elektrifikasi yang diminati pasar Indonesia, sekaligus menunjukkan sinyalemen persiapan mereka menuju ke sana.

"Bagaimana di Jepang, di principle-nya, kita bawa Rocky seri hybrid. Itu sudah dilaunching, kalau di Jepang November 2021. Jadi itulah bagian dari stage-stage yang kita lakukan. Mengarah ke sana sudah pasti," imbuh dia.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya