Begini Cara Buka Kunci Setir Mobil dengan Mudah dan Cepat

Oleh Ahmad Muzaki pada 18 Sep 2022, 13:18 WIB
Diperbarui 18 Sep 2022, 13:18 WIB
Ilustrasi setir mobil (Otosia)
Ilustrasi setir mobil (Otosia)

Otosia.com, Jakarta Demi meningkatkan keamanan mobil, pemilik bisa mengunci setirnya. Dengan begitu mobil tak akan mudah digerakkan, sehingga pemilik akan merasa aman saat memarkir atau meninggalkannya.

Cara membukanya pun mudah, namun tentunya harus memahami langkah-langkahnya. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Video Terpopuler saat Ini

Masukkan kunci ke celah pengapian

Setir mobil kemungkinan terkunci karena ada tekanan pada setir saat kendaraan sudah dalam keadaan mati. Anda bisa membukanya dengan kunci, layaknya menyalakan kendaraan.

Kunci nantinya akan berputar dan bisa menjalankan mobil, kemudian kunci setir bersama dengan silinder pengapian akan terbuka.

Putar kunci dengan halus

Apabila kunci kendaraan dan setir masih terkunci, Anda akan perlu menekan kunci sesuai arah putarannya, namun harus berhati hati untuk tidak memaksa juga.

Jika kunci sampai patah, maka perlu segera menghubungi ahli kunci mobil. Tentunya biaya untuk memperbaiki atau mengambil patahan kunci ini cukup mahal.

Tekan setir kendaraan

Setir mobil yang terkunci menggunakan pin di salah satu sisinya. Ketika terkunci, putaran setir ke arah sisi pin yang terkunci sudah maksimal, dan pin membuat setir tidak bisa bergerak ke arah sebaliknya.

Cara ini biasanya membuat kunci mudah untuk diputar karena ada kuncian pada setir mobil yang harus digerakan terlebih dahulu.

Tarik kunci sedikit sebelum diputar.

jika kunci mulai terasa longgar, mungkin Anda bisa memutar pengapian pada lobang kunci. Anda juga masih bisa menggerakkan pin yang dibutuhkan untuk menyalakan kendaraan dengan memasukkan kunci.

Putar setir dan kunci pengapian sekaligus untuk membuka kunci setir.

Tekan setir ke arah yang tepat selagi memutar kunci. Sehingga kedua kunci akan terbuka dan setir bisa bergerak bebas kembali, serta kendaraan mulai menyala jika kedua kunci terbuka.

Lubang Kunci Macet

Jika pada lubang kunci terasa seperti macet dan sulit untuk memasukan kunci, maka melonggarkan Kunci adalah salah satu cara yang bisa dilakukan, antara lain:

- Gunakan sedikit pembersih perangkat listrik di lubang kunci.

Jika silinder pengapian sudah macet, semprotkan sedikit pembersih perangkat listrik ke lubang kunci supaya cukup terlumasi dan bisa berputar.

- Semprotkan udara kaleng ke pengapian.

Serpihan yang tersangkut di pengapian dapat mencegah kunci kendaraan berputar sehingga kunci setir tidak bisa terbuka seperti debu atau kotoran lain yang menyumbat untuk kunci masuk.

- Masukkan Kunci

Jika Anda tidak memiliki semprotan Anda bisa melakukan cara dengan memasukan kunci dan keluarkan kembali secara perlahan. Lakukan beberapa kali dan akan membuat debu yang menyumbat dapat keluar secara sendirinya.

Dan pastikan kunci Anda tidak bengkok karena ini bisa jadi yang membuat kunci mobil Anda tidak dapat berputar secara normal.

Penulis : Rayhan Rizki Sonjaya Putra

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya