Toyota Patenkan SUV Misterius, Digadang-gadang CH-R Terbaru

Oleh Arendra Pranayaditya pada 15 Sep 2022, 19:11 WIB
Diperbarui 15 Sep 2022, 19:11 WIB
Paten SUV Toyota terbaru
Paten SUV Toyota terbaru (drive.com.au)

Otosia.com, Jakarta Toyota sedang gencar memperkenalkan beragam mobil listrik baru. Hal ini diawali dengan pengenalan 15 mobil konsep baru berbasis elektrik tahun lalu, mulai dari mobil SUV hingga mobil sports.

Dari 15 mobil konsep tersebut, Toyota memperkenalkan bZ4X sebagai mobil listrik murni pertamanya. Beberapa waktu kemudian beredar kabar bahwa model bZ selanjutnya diduga kuat sebagai mobil sedan dengan kode bZ3 di Cina.

Meski bZ3 belum meluncur secara resmi, projek mobil listrik Toyota selanjutnya kemungkinan besar berupa mobil SUV.

 

Paten

Toyota Small SU EV Concept
Toyota Small SU EV Concept (electricvehicleweb.com)

Melansir drive.com.au, Kamis (15/9/2022), sebuah paten mobil SUV misterius Toyota ditemukan di Australia. Tidak banyak informasi terkait mobil tersebut, hanya sebatas tampilan luar mobil yang ditampilkan.

SUV ini kemungkinan besar adalah versi nyata dari salah satu 15 mobil konsep yang ditunjukkan tahun lalu. Lebih tepatnya adalah versi resmi dari Toyota Small SU EV, lantaran memilki bentuk profile yang serupa.

Crossover ini mempunyai tampilan serba lancip dan berliku, menegaskan desain serba modern. Yang unik bagian belakang mobil ini terlihat mempunyai warna yang berbeda, layaknya mobil berwarna two tone.

Model

Lantaran masih sebatas paten, belum diketahui SUV penuh misteri ini akan mengacu sebagai mobil apa. Namun situs ini memprediksi bahwa mobil ini merupakan model terbaru dari salah satu SUV Toyota.

Pertama adalah model baru Yaris Cross. Ukuran bodi serba kompak dan adanya tarikan garis melengkung di pilar C terbilang mirip dengan desain Yaris Cross saat ini. Dengan demikian mobil ini bisa jadi model terbarunya dengan basis elektrikfikasi.

Sementara prediksi berikutnya mengacu pada Toyota CH-R. Bentuk atap serba coupe dengan sektor buritan tegak mempunyai desain mirip dengan CH-R.

Namun prediksi ini perlu diselidiki lebih dalam, lantaran beberapa media di Jepang (seperti Best Car Web) sempat mengungkapkan bahwa CH-R terbaru akan mengambil basis dari mobil konsep Toyota bZ3X dengan bentuk bodi yang berbeda.

Toyota bZ4X

Toyota bZ3X
Toyota bZ3X juga digadang-gadang menjadi Toyota CH-R terbaru (Toyota)

Sekadar informasi, Toyota bZ4X pertama kali diperkenalkan secara global tahun lalu. Mobil listrik ini dirancang dirancang melalui kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Kembaran bZ4X dari Subaru akan mengusung nama Solterra.

EV dari Toyota ini mempunyai tampilan crossover futuristik nan unik di bagian luar dan dalam. Bahkan ada model bZ4X yang menggunakan setir model “yoke” seperti kepunyaan Tesla Model S Plaid terbaru.

Toyota bZ4X pertama kali melantai di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kemarin. Mobil tersebut hanya sebatas ditampilkan ke publik dan belum dijual secara resmi.

Performa

Toyota bZ4X tersedia dalam dua varian. Pertama adalah penggerak roda depan (FWD) dengan tenaga 201 hp yang sanggup berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7.1 detik dan mempunyai klaim jarak tempuh sejauh 405 km.

Sementara model lainnya mengusung sistem penggerak empat roda (AWD) dengan output 214 hp yang sanggup melejit dari 0-100 km/jam dalam waktu 6.5 detik dan dapat melaju sejauh 366 km dalam sekali pengecasan. Kedua versi bZ4X dibekali baterai berukuran 71.4 kWh.

Di Amerika Serikat, Toyota bZ4X dibanderol mulai dari 42.000 USD atau Rp 602,8 juta (dengan kurs 1 USD = Rp 14.354,05), hingga 48.780 USD atau Rp 700,2 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya