Honda CR-V Terbaru Terciduk Sedang Tes Jalan, Bakal Meluncur di Indonesia?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 12 Sep 2022, 20:08 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 20:08 WIB
Honda CR-V tes jalan
Honda CR-V terbaru terciduk sedang tes jalan di Thailand (paultan.org)

Otosia.com, Jakarta Beberapa waktu lalu Honda secara resmi memperkenalkan Honda CR-V terbaru secara global. SUV ini memasuki generasi keenam dan menerima serangkaian perubahan signifikan dari segi eksterior dan interior.

SUV ini dikabarkan dipasarkan lebih dahulu di Amerika Serikat pada musim panas tahun ini dan versi hybrid akan menyusul pada akhir tahun 2022.

Yang menarik, mobil yang sama baru-baru ini terciduk lagi sudah mendarat di salah satu negara di Asia. Melansir paultan.org, Senin (12/9/2022), Honda CR-V terbaru ditemukan sedang tes jalan di Thailand, mengenakan warna kamuflase tebal.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

Thailand

Honda CR-V 2023
Honda CR-V 2023 (ist)

SUV ini tertangkap kamera oleh salah satu anggota grup Facebook Honda HR-V 2022 Club Thailand. Mobil ini ditemukan sedang wara-wiri sekitar jalanan Khao Yai, Thailand.

Meski tertutup kamuflase, beberapa bagian menunjukkan bahwa SUV ini kemungkinan besar adalah Honda CR-V terbaru generasi keenam. Paling mencolok adalah bentuk lampu belakang, desain knalpot baru di bawah dan pelek yang mirip dengan kepunyaan CR-V terbaru.

Lantaran masih tertutup kamuflase dan dalam tahap pengetesan, belum banyak detail yang terungkap terkait mobil ini. Sebagai contoh apakah mengusung mesin turbo konvensional atau hybrid, serta apakah ada perubahan spesifikasi untuk model Asia nanti.

 

Spesifikasi

Honda Bocorkan Interior CR-V Generasi Baru (Autoblog)
Honda Bocorkan Interior CR-V Generasi Baru (Autoblog)

Honda CR-V sudah resmi ditampilkan secara global mengusung desain baru terinspirasi dengan beberapa SUV Honda di Amerika Serikat, Hal ini membuat tampilan CR-V lebih tegas dan berisi dibanding model sebelumnya.

Model-model premium seperti Sport atau Sport Touring mendapatkan pelek berwarna hitam dengan ukuran 18 atau 19 inci, sedangkan varian-varian rendah disematkan pelek berwarna perak berukuran 18 inci.

Interior mobil ini mirip seperti kepunyaan Honda Civic terbaru. Desain tersebut memberikan nuansa serba mewah dan minimalis.

Tipe termahal Sport Touring disematkan speedometer digital berukuran 7 inci, head unit dengan fungsi Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, sistem audio premium buatan BOSE dengan 12 speaker, serta wireless charging dengan daya pengecasan sebesar 15W.

 

Keselamatan dan performa

Honda CR-V e:HEV di GIIAS 2022
Honda CR-V e:HEV di GIIAS 2022 (Honda Prospect Motor)

Sistem keselamatan mobil ini juga menerima upgrade. Honda Sensing di CR-V terbaru kini memiliki teknologi Traffic Jam Assist, Low Speed Braking Control, Traffic Sign Recognition, Blind Spot Monitoring, Lane Keep Assist, dan Adaptive Cruise Control dengan Low Speed Follow.

Honda CR-V terbaru tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah 1.500cc turbo dengan semburan tenaga 190 hp dan torsi 242 Nm.

Opsi yang kedua adalah mesin 2.000cc Atkinson Cycle dengan sistem hybrid yang menggunakan sepasang motor listrik. Hasil kombinasi antara keduanya menghasilkan output 204 hp dan torsi 335 Nm.

Honda CR-V terbaru hanya tersedia dengan transmisi CVT dan secara umum menyalurkan tenaga ke roda depan (FWD). Versi internasional bisa meminang CR-V generasi keenam dengan penggerak setiap roda (AWD).

 

 

Masuk Indonesia?

Lantaran Honda CR-V terbaru sudah melantai di salah satu negara ASEAN, apakah Indonesia kelak akan mendapatkan model yang sama?

PT Honda Prospect Motor (HPM) belum mengungkap banyak terkait CR-V terbaru. Namun jika melihat angka penjualan CR-V di Indonesia (Gaikindo mencatat angka penjualan CR-V mencapai 8.972 unit untuk tahun 2021), kemungkinan besar generasi keenam CR-V akan diperkenalkan di tanah air.

Soal pilihan mesin pun masih menjadi misteri. CR-V yang dijual saat ini masih mengusung mesin turbo untuk tipe termahal, sedangkan varian entry level mendapatkan mesin 2.000cc naturally aspirated.

Selain kedua mesin itu, Honda Indonesia juga tertarik memperkenalkan CR-V e:HEV. Versi ini pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, bersamaan dengan Accord e:HEV.

Dengan demikian, jika CR-V generasi keenam akan diperkenalkan di Indonesia kelak, boleh jadi tersedia dengan mesin turbo konvensional ataupun mesin hybrid yang lebih ramah lingkungan.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya