Sedang Mencari LCGC Bekas Usai BBM Naik? Ini Daftar Harganya

Oleh Arendra Pranayaditya pada 12 Sep 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 15:15 WIB
Datsun Go Panca
Datsun Go Panca (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Belum lama ini pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Tercatat Pertalite kini dipasarkan dengan harga Rp 10.000 per liter, Bio Solar di angka Rp 6.800 per liter dan Pertamax dijual Rp 14.500 per liter.

Kenaikan harga Pertalite dan Pertamax bisa jadi berdampak langsung dengan pembelian mobil baru maupun bekas. Sebagai contoh banyak orang akan memilih mobil LCGC karena kapasitas mesin yang kecil dan irit bahan bakar.

Khusus pembelian mobil bekas, pilihan LCGC tergolong bervariasi. Konsumen bisa memilih mobil dengan lima penumpang atau tujuh penumpang.

Berikut pilihannya:

Video Terpopuler saat Ini

1.     Toyota Agya/Daihatsu Ayla

Toyota Agya
New Toyota Agya mengalami penyegaran cukup signifikan. (Septian/Liputan6.com)

Pertama adalah Toyota Agya atau Daihatsu Ayla. Duet kembar LCGC hatchback ini menjadi salah satu pilihan paling “aman”. Stok unit cukup melimpah di berbagai situs jual beli mobil bekas dan pencarian suku cadang terbilang mudah.

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla menggunakan sasis dan mesin yang sama. Perbedaan tergolong minim, mencakup desain dan beberapa pilihan fitur. Lalu mesin 1.000cc di Ayla lebih banyak variannya dibanding Agya 1.000cc.

Toyota Agya banyak dijual di rentang harga Rp 100-140 jutaan, sedangkan Daihatsu Ayla bisa dipinang pada kisaran harga Rp 80-130 jutaan tergantung tahun produksi dan kondisi.

2.     Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R
Suzuki Karimun Wagon R (Foto: Rio/Liputan6).

Pilihan berikutnya adalah Suzuki Karimun Wagon R. Mobil ini menjadi LCGC terakhir Suzuki Indonesia, sebelum disuntik mati tahun lalu. Karimun Wagon R bisa dibilang sebagai mobil paling praktis di kelas LCGC 5 penumpang.

Bentuk bodi serba mengotak cukup fleksibel untuk diisi berbagai macam barang. Bahkan tidak jarang menemui mobil ini digunakan sebagai kendaraan niaga berbentuk Blind Van.

Suzuki Karimun Wagon R kerap ditawarkan dengna harga yang kompetitif. Model tahun 2013-2017 pre-facelift dijual dengan harga Rp 70-80 jutaan, sedangkan Karimun Wagon R facelift tahun 2017-2021 bisa dipinang di angka Rp 80-100 jutaan.

3.     Honda Brio

Honda Brio
(Foto: Honda)

Ketiga adalah Honda Brio. Di antara mobil LCGC, Honda Brio menjadi pilihan paling ideal bagi konsumen yang menyukai rasa berkendara serba sporti. Hatchback kecil ini kerap menjadi pilihan pertama anak muda atau yang berjiwa muda.

Kesan sporti di mobil ini diperkuat pada setingan suspensi yang cenderung lebih kaku dibanding rival-rivalnya dan mesin 1.200cc lebih bertenaga, dengan semburan tenaga 90 PS dan torsi 110 Nm.

Harga bekas Honda Brio paling tinggi di antara LCGC 5 penumpang lainnya. Model tahun 2013-2018 dijual pada kisaran harga Rp 110-140 jutaan, sedangkan Brio generasi kedua tahun 2018 dan seterusnya bisa dipinang mulai dari Rp 140 juta hingga Rp 180 jutaan.

4.     Daihatsu Sigra/Toyota Calya

20160802-Menteri Perindustrian Hadiri Peluncuran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra
Model berfoto saat peluncuran mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di pabrik PT Astra Daihatsu Motor, Karawang, Jawa Barat, (2/8). Kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang telah menghasilkan produk Avanza-Xenia dan Rush-Terios. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keempat adalah duet kembar Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Kedua mobil ini menjadi pilihan paling cocok bagi konsumen yang mengutamakan kepraktisan dan daya tampung penumpang banyak.

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya mendominasi segmen LCGC 7 penumpang, lantaran tidak ada rival yang bersaing langsung di kategori tersebut. Stok mobil yang tinggi membuat pencarian kedua mobil ini lebih mudah di pasar mobil bekas.

Sama seperti Agya dan Ayla, harga mobil Toyota cenderung lebih tinggi dibanding Daihatsu. Toyota Calya banyak ditawrakan dengan harga Rp 110-140 jutaan, sementara Daihatsu Sigra dijual pada kisaran Rp 100-130 jutaan.

5.     Datsun Go

Datsun Go Panca Special
Datsun Go Panca Special hanya ada 300 unit

Pilihan LCGC terakhir adalah Datsun Go. Sama seperti Karimun Wagon R, mobil ini sudah disuntik mati. Datsun Go bisa dipinang sebagai hatchback atau Go+ Panca dengan bodi MPV tujuh penumpang, alternatif dari Sigra dan Calya.

Datsun Go dan Go+ mempunyai harga bekas yang relatif mirip. Kedua varian, hatchback maupun MPV, sama-sama dijual dengan harga sekitar Rp 70-90 jutaan tergantung tahun produksi dan kondisi.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya