Modifikasi Kei Car Honda N-Van, Pria Jepang Ini Cuma Habis Rp 300 Ribu

Oleh Arendra Pranayaditya pada 11 Sep 2022, 18:11 WIB
Diperbarui 11 Sep 2022, 18:11 WIB
Honda N-Van Modifikasi
Tampilan luar Honda N-Van Hoshino berkelir aksen emas dengan interior bergaya Japanese room (Hoshino)

Otosia.com, Jakarta Modifikasi merupakan salah satu cara populer untuk membuat mobil pribadi menjadi lebih menarik untuk dilihat dan terasa nyaman dikendarai. Memodifikasi mobil secara personal tidak mengikuti standar tertentu.

Sebagai contoh adalah Hoshino, seorang pria paruh baya yang tinggal di Maebashi, Prefektur Gunma, Jepang. Ia memodifikasi Honda N Van miliknya dengan tema eksterior yang mewah, sementara interior serba nyaman bergaya Japanese room.

Hasil modifikasinya bisa dilihat pada akun YouTube Ladoga Mr, di mana Hoshino mengunggah beragam video terkait proses yang dilakukannya.

Video Terpopuler saat Ini

Eksterior

Transformasi modifikasi Honda N-Van
Transformasi memodifikasi Honda N-Van, dari awal membeli hingga tampilan saat ini (Hoshino)

Hoshino merestorasi tampilan N Van miliknya cukup sederhana, namun mengubah image mobil secara keseluruhan. Rupanya ia menyukai tema mobil mewah, di mana mobil berwarna putih diberi aksen-aksen emas.

Penambahan warna emas ini terbilang mudah dan terjangkau, bisa tercapai dengan melapisi beberapa bagian mobil. Paling mencolok adalah setiap emblem Honda (dari depan hingga pelek), spion, grill depan dan area sekitar plat nomor.

Pencahayaan mobil ini juga menerima upgrade. Lampu depan kei car ini mendapatkan lampu sein LED sequential yang sekaligus berfungsi sebagai DRL LED. Lalu spion luar mobil juga dipasangkan lampu sein LED yang lebih stylish.

Modifikasi eksterior lainnya terletak di bumper depan. Hoshino mengubah fascia depan menjadi lebih agresif dengan memberikan sepasang “taring” baru yang juga dilapisi aksen emas. Sebagian bumper depan juga diwrapping karbon, membuat tampilan mobil menjadi lebih unik.

Interior

Interior Honda N-Van Modifikasi
Interior dimodifikasi untuk bersantai dengan tema japanese room (Hoshino)

Modifikasi selanjutnya terletak di bagian interior. Pria yang bekerja sebagai teknisi Toyota dan truk Hino di kotanya ini rupanya gemar berkreasi dengan kayu. Dapat dikatakan tangannya sangat “gatal”, lantaran seluruh ornamen kayu ini dibuat sendiri olehnya.

“Temanya ruang bersantai seperti Japanese room. Semua saya buat sendiri melalui trial and error, tidak ada manual ataupun gambar patokan. Saat satu bagian selesai, saya memikirkan apa modifikasi selanjutnya,” beber Hoshino.

Interior Honda N Van ini ditransformasi total, mulai dari bagian depan hingga ruang bagasi. Sebagian besar dasbor kini dilapisi bahan kayu, termasuk tuas transmisinya. Hoshino bahkan juga menambahkan sepasang laci kayu baru di area glove box depan.

Detail lainnya

Detail-detail modifikasi lain Honda N-Van
Detail-detail modifikasi lain, mulai dari laci di area glove box hingga tuas baru untuk membuka bagasi dari dalam interior (Hoshino)

Sementara ruang bagasi dijadikan tempat bersantai. Satu fitur menarik N Van adalah setiap kursi, termasuk penumpang depan, bisa dilipat rapat ke lantai. Hoshino menaruh Tatami Mat di atasnya, supaya lebih nyaman saat duduk santai atau tidur. Pun Ia menambahkan meja kecil serba guna yang dibuat dengan kayu.

Tema kayu berlanjut bagian kaca. Mengingat konsep utama adalah Japanese room untuk ‘rileks’, pria yang gemar olah raga jalan kaki seusai pulang kerja ini membuat kaca belakang bergaya “Shoiji” dengan tirai bambu yang bisa dilipat. Adapun lukisan Jepang klasik di atas, membuat rasa rumah Jepang di mobil ini makin kental.

Detail ubahan lainnya mencakup louvre AC dalam dilapisi warna emas, ruang simpan di atap, smartphone holder magnetik dari kayu, tambahan lampu untuk tidur, tempat koin dari kayu, dan tuas baru untuk membuka bagasi dari dalam mobil.

Oh iya beberapa material modifikasi interior ini ia peroleh dari teman lamanya, terutama untuk kaca kayu Shoiji dan laci untuk glove box depan. “Kaca Shoiji dan laci-lacinya saya dapat dari teman lama saya. (Barang-barang) itu sangat berguna,” imbuhnya.

Performa

Honda N-Van Malam Hari
Interior menjadi lebih nyaman dengan adanya lampu untuk malam hari (Hoshino)

Hoshino hanya berfokus untuk memodifikasi ringan tampilan luar dan merombak total bagian dalam Honda N Van miliknya. Dengan demikian performa mobilnya tetap standar dan tidak melanggar hukum di Jepang.

“Tidak ada masalah,” kata Hoshino secara singkat, saat ditanya apakah modifikasinya legal atau tidak.

Honda N Van milik Hoshino merupakan tipe L Type, berbeda dengan varian +Style Fun yang memiliki tampilan luar lebih funky. Mobil boxy ini dibekali mesin 660cc tiga silinder turbo dengan semburan tenaga 64 PS dan torsi 104 Nm.

Honda N Van L Type maupun + Style Fun sama-sama tersedia transmisi manual 6 percepatan atau CVT. Mobil ini bisa dipinang dengan penggerak roda depan (FWD) atau setiap roda (4WD). Setiap model juga sudah disematkan peranti keselamatan Honda Sensing.

Honda N Van dijual di Jepang dengan harga mulai dari 1.276.000 Yen atau Rp 132,8 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 104,09) hingga 1.387.100 Yen atau Rp 144,3 juta.

Biaya modifikasi

Ilustrasi Honda N-Van Honda Sensing
Ilustrasi Honda N-Van dilengkapi Honda Sensing (honda.co.jp)

Untuk memodifikasi mobil ini ternyata tidak memakan banyak uang. Hoshino hanya mengeluarkan dana sekitar 3.000 Yen atau Rp 300 ribuan saja. “Secara total (modifikasi) hanya membutuhkan 3.000 JPY saja,” ungkapnya.

Lalu Hoshino juga menjelaskan bahwa ia memilih mobil ini dengan alasan ruang interiornya yang begitu lapang. Untuk kedepannya, belum diketahui apakah pria paruh baya ini akan menambah daftar modifikasinya atau tidak.

“Saya memilih mobil ini karena ruang interiornya luas. Saat ini belum ada ide untuk kedepannya,” tutup Hoshino.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya