Harga BBM Naik, Wuling Air EV Bisa Jadi Pilihan

Oleh Nazarudin Ray pada 09 Sep 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 09 Sep 2022, 16:00 WIB
Wuling Air EV Jadi Pilihan di Saat BBM Naik
Wuling Air ev saat dijajal pengunjung GIIAS 2022 lalu (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta Ketika harga bahan bakar minyak ditetapkan naik pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB, barangkali segera terbayang, apa yang bisa dihemat untuk mengatur kembali pengeluaran bensin. 

Apakah saatnya beralih ke kendaraan seperti Wuling Air EV? Mobil kota nan mungil ini sedang viral, apalagi ia menjadi salah satu mobil listrik favorit yang dicoba di gelaran GIIAS 2022 lalu.

"Kami kan gemuk berempat. So far okelah. Enggak berasa sempit. Anak-anak belakang. Untuk mobil ibu-ibu okelah. Antar kota, ke Tangerang misalnya," ujar ibu bernama Nini yang mengaku sudah DP untuk Wuling Air EV.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

 

Jarak Tempuh 300 km

Wuling Air EV Jadi Pilihan di Saat BBM Naik
Wuling Air ev bisa menjadi kendaraan keluarga di perkotaan (Otosia.com/Nazar Ray)

Mobil yang kompak karena panjangnya tidak sampai 3 meter ini utamaya disuguhkan bagi penggunaan dalam kota. Namun penggunaan yang dimaksud pun diperhitungkan berdasarkan jarak tempuh rata-rata masyarakat di perkotaan.

"Untuk Indonesia Wuling EV ditawarkan dengan jarak tempuh 200 km dan 300 km untuk sekali pengisian baterai penuh," kata Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors. 

Untuk sebuah kendaraan listrik, Wuling Air EV bisa dibilang bahkan bisa dipakai hingga ke kota terdekat.

Fitur-Fitur Modern di Kabin

Wuling Air EV Jadi Pilihan di Saat BBM Naik
Wuling Air ev dapat menjelajah hingga 300 km dalam sekali pengecasan baterai (Otosia.com/Nazar Ray)

Untuk sebuah kendaraan dengan panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, Wuling Air EV membawa budaya Wuling belakangan ini sebagai kendaraan dengan fitur modern nan nyaman.

Nyaman lebih ke tenang didukung fitur-fitur yang bahkan untuk sebuah mobil kecil, dia diberi kamera mundur. Jadi mungkin bagi para ibu-ibu akan dimudahkan dengan fitur tersebut saat parkir.

Bicara keamanan pada khususnya, dia juga dibuat aman saat tanjakan karena akan rem otomatis jika ada gejala meluncur.

Fungsi tersebut didukung oleh automatic vehicle holding, yang disertai Hill Hold Control untuk start lagi di tanjakan. Sementara itu, rem-nya pun cukup tarik dengan satu jari karena merupakan electric parking brake. 

Fitur Keamanan

Ban kempes juga terhindarkan karena ada monitor tekanan angin ban, lalu ada pengingat suara jika ada penyeberang jalan yang dinilai membahayakan. Fungsi ini didukung fitur Sound Module for pedestrian warning.

Itu baru soal keamanan yang juga mencakup airbag, rem ABS dan EBD bahkan Electronic Stability Control.

Bicara soal koneksi dengan gadget, Wuling terkenal dengan perintah suara bahasa Indonesia "Halo Wuling" yang diikuti dengan perintah terhadap fitur yang ingin diaktifkan.

"Putar radio" misalnya, bukan navigasi, telepon, kecilkan-besarkan volume, bukan jendela hingga fungsi AC yang bisa sespesifik "saya kepanasan" atau "saya kedinginan", didukung fungsi layar sentuh ukuran 10,25 inci.

Perawatan Murah

Efisiensi seperti pada Wuling Air EV juga akan terasa pada perawatan karena basic-nya sendiri mobil listrik tidak perlu ganti oli, filter, dan sejenisnya karena menggunakan sebuah motor elektrik dan baterai.

Charging dari nol selama 4-8,5 jam akan full dengan pilihan baterai sesuai tipe mobil. Wuling menyediakan Wuling Air EV "Standar Range" yang bisa dipakai saat baterai full hingga 200 km atau "Long Range" yang hingga 300 km.  

Wuling Air EV versi Standard Range sendiri dijual dengan harga Rp238 juta, sedangkan tipe yang Long Range dijual Rp295 juta. Pajak pun tidak pusing karena ini mobil listrik, apalagi untuk urusan nomor pelat ganjil-genap. 

Garansi Komponen

Perawatannya dimudahkan karena didukung garansi untuk komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun atau 120.000 kilometer serta garansi reducer, power distribution unit, dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100.000 kilometer.

"Untuk garansi baterai jika kondisi (battery threshold) kurang dari 80 persen," ujar Fanda Dritanto, After Sales Technical Manager Wuling Motors.

Berapa biaya servis berkalanya? Untuk periode sampai dengan 100.000 kilometer secara total Rp 3.992.000. Dengan pembagian biaya jasa Rp 2,2 juta dan suku cadang Rp 1.792.000.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya