Hyundai Singgung Mobil Listrik Murah, Stargazer Hyrbid?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 04 Sep 2022, 10:07 WIB
Diperbarui 04 Sep 2022, 10:07 WIB
Hyundai Stargazer
Hyundai Stargazer (HMID)

Otosia.com, Jakarta PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan Stargazer sebagai produk terbaru sekaligus termurah dari lini mobil Hyundai di Indonesia. Mobil keluarga ini turut mengikuti jejak Creta dan Ioniq 5 yang diproduksi dalam negeri.

Hyundai Stargazer dijual dengan beragam keunggulan, di antaranya desain futuristis, interior mewah, serta teknologi terkini seperti fitur keselamatan aktif Hyundai SmartSense. Bahkan Hyundai sendiri mengungkapkan bahwa Stargazer akan menjadi salah satu tulang punggung penjualan Hyundai di Indonesia.

“Mobil ini akan menjadi backbone. Kami baru memiliki produk CBU dan CKD lokal. Kuantitas besar itu Creta dan Stargazer,” ujar Makmur, Chief Operating Officer PT HMID di sela-sela test drive Hyundai Stargazer, Rabu (31/8/2022).

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

Versi listrik

Hyundai Stargazer jalan tol
Hyundai Stargazer dijajal melewati jalan tol Surabaya-Malang (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Setelah resmi meluncurkan Stargazer di Gaikindo Indonesia International Auto Show (2022), Hyundai rupanya tertarik untuk menghadirkan kendaraan listrik dengan harga lebih terjangkau.

Makmur menjelaskan bahwa potensi kendaraan listrik tergolong besar di Indonesia. Terlebih lagi dengan pengumuman terbaru terkait kenaikan harga bahan bakar minyak, adanya model elektrifikasi turut menuai torehan positif dari masyarakat.

"Ini terlihat saat kitau launching Ioniq 5, indennya sudah lebih dari 3.200 unit dan suplai kita hanya 150 unit," kata Makmur di kesempatan yang sama.

Model misterius

Hyundai Stargazer
Hyundai Stargazer tipe Prime (HMID)

Namun demikian Hyundai masih perlu melakukan tahap riset terkait pasar yang dituju. Belum diketahui apakah kendaraan berbasis listrik ke depan akan diperkenalkan di Stargazer atau model lainnya.

"Iya kita pikir. Soal kapan, tunggu tanggal mainnya," tegas Makmur.

Pun Makmur menambahkan bahwa diperlukan adanya pengenalan sekaligus edukasi terkait mobil listrik, tidak serta merta meluncurkan suatu produk baru ke publik.

"Kita perlu mengedukasi juga kepada konsumen bagaimana cara memakainya, karena segmen ini akan menjadi luas," pungkas Makmur.

Stargazer Cross

Selain potensi varian berbasis listrik, Hyundai juga memberi sinyal kuat akan kehadiran Stargazer dalam bentuk SUV. Dengan demikian bisa aja akan ada Stargazer LSUV dan bersaing dengan Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush dan Suzuki XL7.

Sama seperti tanggapan terkait mobil listrik, Makmur enggan berkomentar banyak terkait Stargazer model ‘Cross’. Namun merek asal Korea Selatan ini menaruh minat untuk bersaing di segmen LSUV.

"Jadi, kita tunggu tanggal mainnya," ujar Makmur di sela-sela media test drive Hyundai Stargazer di Batu, Malang, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).

Tergantung ketertarikan pasar

Hal yang serupa sempat disinggung oleh Simon Loasby, Head of Hyundai Style, Hyundai Motor Corporation (HMC). Ia menjelaskan bahwa konsep tersebut bisa terwujud. Ia mengungkapkan bahwa Hyundai tidak menutup kemungkinan versi 'cross' dari Stargazer dan bahkan terbilang tertarik terhadap ide itu.

Namun untuk saat ini Simon enggan berkomentar lebih banyak terkait detail-detail dari model SUV dari Stargazer. Ia menekankan bahwa makin tinggi ketertarikan terhadap Stargazer versi ‘cross’, maka makin besar kemungkinan model itu akan terwujud.

"Berikan kami waktu. Saya suka ide itu. Saya tentunya tidak bisa mengungkapkan apa yang kami kembangkan saat ini. Tetapi makin tinggi ketertarikan masyarakat terhadap ide itu, semakin besar kemungkinan model 'cross' diwujudkan," tutup Simon.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya