MG HS Facelift Terciduk Sedang Tes Jalan, Kapan Meluncur?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 03 Sep 2022, 16:01 WIB
Diperbarui 03 Sep 2022, 16:01 WIB
MG HS facelift
MG HS facelift terciduk sedang tes jalan di Indonesia (MG Thailand, Instagram/@hmm_autocare

Otosia.com, Jakarta MG HS sudah dua tahun mengaspal di Indonesia. SUV ini pertama kali menancapkan kuku di tanah air pada tahun 2020 sebagai SUV kedua MG, setelah debut ZS beberapa bulan sebelumnya.

Setahun kemudian MG menghadirkan varian yang lebih lengkap dengan nama HS Magnify i-Smart. Mobil ini mempertahankan kemewahan dan kecanggihan dari MG HS sebelumnya, namun ditambahkan peranti keselamatan berupa Advanced Driving Assistance System (ADAS).

Dengan demikian tipe termahal HS Magnify kini mempunyai fitur seperti Lane Keep Assist, Collision Mitigation Braking System, Blind Spot Warning, serta Adaptive Cruise Control.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

Model baru

MG HS facelift PHEV
MG HS facelift varian PHEV (MG Thailand)

Kini mobil yang sama kembali terciduk sedang tes jalan, namun masih tertutup selimut kamuflase. SUV misterius ini diduga kuat sebagai MG HS facelift yang debut di Thailand pada awal tahun 2022.

Keberadaan mobil ini pertama kali muncul di sosial media melalui akun Instagram @hmm_autocare, Rabu (31/8/2022). Ia hanya terpantau dari sisi belakang saja.

Kesamaan dengan MG HS terbaru terlihat dari rupa lampu belakang yang berbeda dan bumper belakang dengan diffuser serta lubang knalpot baru.

 

MG HS facelift

Interior MG HS terbaru
Interior MG HS terbaru (MG Thailand)

MG HS facelift mengusung bahasa desain baru yang mirip dengan sedan MG 5 GT di Indonesia. Bagian grill dibuat terpisah dari bumper depan, membuat fascia depan tampil lebih agresif dan sporti.

Sementara bagian samping, belakang dan atap masih mengusung bentuk mendasar yang sama, mengingat perubahan mobil ini tergolong facelift.

Kendati demikian, MG menyegarkan tampilan HS melalui penyematan lampu depan quad LED Projector, lampu belakang LED, serta pilihan pelek lima palang model taring untuk model HS biasa atau pelek jari-jari untuk versi PHEV. Kedua pelek ini berukuran 18 inci.

 

Interior

Dari sisi interior, bentuk kabin mobil ini tidak banyak berubah. Dengan kata lain desain interior yang sporti dan mewah seperti pada MG HS saat ini masih dipertahankan.

Yang menarik, pilihan warna Scarlet Red, Metal Ash Grey dan untuk varian PHEV, Black Knight, semuanya disematkan interior full black, mulai dari bagian dasbor hingga atap. Sedangkan MG HS PHEV berwarna Artic White mempunyai kombinasi warna putih dan biru tua di kabinnya.

Sama seperti model sebelumnya, MG HS facelift tetap dilengkapi setir yang sporti, panoramic sunroof, head unit canggih berukuran 10 inci, dan ambient lighting. Namun pembaruan kali ini menambahkan speedometer full virtual berukuran 12 inci dan sistem audio premium buatan BOSE.

 

Keselamatan dan performa

Fitur keselamatan MG HS facelift kurang lebih sama dengan model yang dijual saat ini. SUV ini secara standar sudah dilengkapi 6 airbags, kamera 360 3D, ABS, EBD Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control.

Lalu peranti canggih i-Smart juga dilanjutkan pada model ini. Lantas teknologi seperti Adaptive Cruise Control, Lane Change Assist, Blind Spot Detection, Autonomous Emergency Braking, serta Rear Cross Traffic Alert, juga ditemukan pada MG HS terbaru.

MG HS facelift juga meneruskan penggunaan mesin lamanya, yakni 1.500cc turbo dengan semburan tenaga 162 hp dan torsi 250 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi Twin-clutch Sportronic Transmission (TST) 7 percepatan.

 

Seri PHEV

Yang baru adalah varian PHEV. Versi ramah lingkungan ini dibenamkan baterai Lithium-Ion dengan kapasitas 16.6 kWh dan motor listrik tunggal Permanent Magnet Synchronous Motor di depan.

Hasilnya MG HS PHEV dapat meletupkan tenaga sebesar 284 PS dengan torsi 480 Nm. Transmissi yang digunakan berupa EDU II 10 percepatan, di mana mesin bensin mempunyai 6 gigi dan motor listrik mendapatkan 4 gigi sisanya.

Untuk harga, MG HS bensin dibanderol mulai dari 939.00 Baht atau Rp 401,6 juta (dengan kurs 1 Baht = Rp 427,78) untuk tipe termurah Model C, hingga varian termahal HS PHEV Model X di angka 1.379.000 Baht atau Rp 589,9 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya