Baru Meluncur Seumur Jagung, Hyundai Stargazer Tembus 4.000 SPK

Oleh Arendra Pranayaditya pada 02 Sep 2022, 19:22 WIB
Diperbarui 02 Sep 2022, 19:22 WIB
Hyundai Stargazer GIIAS 2022
Hyundai Stargazer tampil di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) belum lama ini secara resmi merilis produk terbarunya Hyundai Stargazer. Debut LMPV ini berlangsung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kemarin.

Ketertarikan terhadap mobil ini terbilang tinggi. Hyundai menjadi ikut terjun ke dalam salah satu pasar tergemuk di Indonesia, yakni LMPV. Dengan demikian pesaing Stargazer mencakup Toyota Avanza dan Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga serta Mitsubishi Xpander.

Stargazer dipersenjatai berbagai hal untuk bersaing di kelas LMPV, seperti fitur-fitur serba lengkap, rasa berkendara nyaman, performa mumpuni dan harga yang kompetitif. 

Video Terpopuler saat Ini

Pemesanan membludak

Hyundai Stargazer test drive
Hyundai Stargazer tipe prime digunakan pada acara test drive (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dengan segala hal yang ditawarkan Stargazer, mobil ini terbilang diminati oleh banyak orang. Makmur, Chief Operating Officer (COO) PT HMID mengungkapkan bahwa total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) LMPV ini sudah melebihi angka 4.000 unit.

Keran pemesanan Hyundai Stargazer sudah dibuka mulai dari tanggal 15 Juli 2022 silam. Sementara di GIIAS 2022, mobil keluarga ini mencatat angka 1.585 SPK. Angka tersebut membuat Stargazer menjadi model terlaris Hyundai di GIIAS 2022.

“SPK yang kami dapat sudah lebih dari 4.000. Sekali lagi kami sangat berterima kasih kepada konsumen semua,” beber Makmur di sela-sela media test drive Hyundai Stargazer di Malang, Rabu (31/8/2022).

 

 

Model terlaris

Sisi belakang Hyundai Stargazer
Hyundai Stargazer dites berbagai awak media pada acara Media First Drive Hyundai Stargazer yang berlangsung di sekitar pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), Kamis 21/7/2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Makmur juga mengungkapkan tipe Stargazer mana yang paling diminati. Dari 6 model yang tersedia, varian tertinggi Prime IVT dengan warna single tone menjadi model terlaris. Hal ini terbilang wajar, terutama saat sebuah produk baru diluncurkan.

“Kalau ditanya tipe apa yang terbanyak, yang tertinggi adalah di tipe Prime single tone. Lalu yang kedua adalah Prime two tone. Kalau soal kontribusinya berapa banyak, saya tidak hafal,” lanjutnya.

Lalu terkait kursi baris kedua, banyak konsumen lebih tertarik untuk membeli mobil dengan captain seat. Meski harus merogoh kocek sebesar Rp 1 juta untuk dipasangkan, sebesar 85% Stargazer dipesan dengan fitur ini.

“Kalau dilihat dari suplainya, berapa untuk captain seat, ini kan sesuatu yang baru di segmen ini. Kami menyiapkan captain seat untuk semua varian kecuali active. Kontribusi dari captain seat itu 85 persen,” imbuh Makmur.

 

Distribusi

Hyundai Stargazer sudah didistribusikan ke berbagai diler sejak tanggal 25 Juli 2022 silam. Kala itu HMID memasok sekitar 500 unit dan 300 di antaranya sudah terjual langsung ke tangan konsumen.

Hal ini sesuai dengan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Juli 2022, di mana Stargazer mencatat angka penjualan 500 unit.

“Di bulan Juli, kita baru suplai unit ke dealer tanggal 25 ke atas. Itu kira-kira kita sudah suplai 500 unit. Retail sales yang langsung didapatkan oleh konsumen saat itu ada 300 unit,” jelasnya.

Sementara hasil penjualan dan suplai stok kendaraan di bulan Agustus 2022 belum terungkap, lantaran Hyundai belum melakukan penutupan bulan. Namun demikian Makmur mengatakan bahwa angka penjualan Stargazer bulan lalu terbilang lebih tinggi dibanding Juli 2022.

“Bulan ini kita masih tunggu penutupan bulan, masih belum closing, tapi angkanya fantastis. Tunggu tanggal mainnya,” tutup Makmur.

 

Harga

Berikut rincian harga terbaru Hyundai Stargazer:

·     Hyundai Stargazer Active MT Rp 243,3 juta

·     Hyundai Stargazer Active IVT Rp 255,9 juta

·     Hyundai Stargazer Trend MT Rp 263,3 juta

·     Hyundai Stargazer Trend IVT Rp 275,9 juta

·     Hyundai Stargazer Style IVT Rp 296,3 juta

·     Hyundai Stargazer Prime IVT Rp 307,1 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya