Wuling Patenkan Almaz Hybrid dan Alvez di Indonesia, Segera Dijual?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 31 Agu 2022, 17:14 WIB
Diperbarui 31 Agu 2022, 17:14 WIB
Wuling Xing Chi
Wujud resmi Wuling Xing Chi (gmauthority.com)

Otosia.com, Jakarta PT Wuling Indonesia belum lama ini secara resmi merilis Wuling Air ev di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil listrik serba mungil ini menjadi Electric Vehicle (EV) termurah di mana banderolan resminya tidak mencapai Rp 300 juta.

Wuling Air ev tersedia dengan dua pilihan, yakni Standard Range yang bisa menjelajah hingga 200 km, sedangkan varian Long Range bisa berjalan sejauh 300 km dalam sekali pengecasan.

Mobil ini juga menjadi wujud komitmen Wuling untuk menghadirkan produk-produk terkini dengan teknologi modern dan ramah lingkungan.

 

Video Terpopuler saat Ini

Paten

Paten Wuling Almaz Hybrid dan Wuling Alvez
Paten Wuling Almaz Hybrid dan Wuling Alvez (PDKI)

Setelah debut Air ev, Wuling rupanya tertarik untuk menghadirkan dua produk baru lagi. Pasalnya Wuling baru-baru ini mematenkan dua model baru di Indonesia.

Indormasi ini tercatat pada situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Menelusuri segmen “Merek”, terpantau dua paten Wuling dengan nomor pengumuman BRM2257A, yakni nama “Almaz Hibrid” dan “Alvez”.

Mobil yang pertama mempunyai nomor permohonan DID2022060538, sedangkan mobil kedua mempunyai nomor permohonan DID2022060541.

Kedua nama misterius ini sama-sama dipatenkan oleh SAIC-GM-WULING AUTOMOBILE CO., LTD dengan tanggal permohonan pada 8 Agustus 2022 dan diumumkan pada tanggal 15 Agustus 2022.

Wuling Almaz Hybrid

MG Hector pre-facelift
MG Hector pre-facelift (carwale.com)

Gagasan adanya varian hybrid untuk Wuling Almaz sudah mulai dibacarakan sejak pertengahan tahun lalu. Namun kala itu Wuling tidak memberikan informasi maupun jawaban yang jelas kapan Almaz Hybrid akan diluncurkan.

Lebih dari itu, prediksi terkait seperti apa spesifikasi yang dimilikipun cukup jelas. Pasalnya mesin hybrid pada Wuling Almaz sudah tersedia. Lebih tepatnya dijual secara resmi di India melalui MG Hector.

Sekadar informasi, MG Hector merupakan kembaran dekat dari Wuling Almaz yang dijual di negeri Bollywood. SUV ini terpantau memiliki fitur lebih lengkap dari Almaz di Indonesia, seperti adanya opsi kursi tengah captain seat dan pintu bagasi otomatis.

Spesifikasi

Mengutip autocarindia.com, Selasa (30/8/2022), MG Hector varian hybrid sudah diperkenalkan sejak tahun 2019 silam. Sistem hybrid yang digunakan adalah Mild Hybrid, layaknya kepunyaan Suzuki.

Sistem ini mempunyai kapasitas 48 volt yang bekerja bersamaan dengan mesin 1.500cc turbo dengan semburan tenaga 143 hp dan torsi 250 Nm. Mild Hybrid ini bisa menambahkan torsi sebanyak 20 Nm saat berakselerasi.

Selain itu versi hybrid juga mendapatkan regenerative braking untuk mengisi ulang sistem hybrid bawaannya dan Idling Start Stop untuk meningkatkan efisiensi. Yang menarik versi ini hanya tersedia untuk mobil dengan transmisi manual di India.

Wuling Alvez

Wuling Xing Chi tes jalan
Wuling Xing Chi terpantau sedang tes jalan di Indonesia (Instagram/@Ardian)

Sementara Wuling Alvez digadang-gadang sebagai Wuling Xing Chi. Melansir gmauthority.com, Selasa (30/8/2022), mobil ini sekilas terlihat mirip dengan Wuling Xing Chen yang belum lama ini dirilis secara resmi.

Namun secara spesifikasi, Xing Chi mempunyai ukuran lebih kecil. Lebih tepatnya dengan dimensi panjang 4.365 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan Xing Chen mempunyai panjang 4.594 mm, lebar 1.820 mm serta tinggi 1.740.

Lantas, di mana Xing Chen mempunyai ukuran mirip Wuling Almaz, Xing Chi diposisikan sebagai SUV yang lebih kecil. Dengan demikian mobil ini layak menjadi rival Honda HR-V, Hyundai Creta dan KIA Seltos di Indonesia.

Tes jalan

Yang menarik Wuling Xing Chi terpantau sudah memasuki Indonesia, namun masih dalam tahap pengetesan. Keberadaan SUV ini pertama kali disebarkan di internet melalui akun Instagram @Ardian beberapa waktu lalu.

Mobil yang tertangkap kamera masih mengenakan jubah kamuflase, bahkan hingga bagian lampu belakang dan pelek pun tertutupi.

Namun kemiripan SUV ini dengan Wuling Xing Chi dapat dilihat dari kesamaan tarikan garis menukik ke atas di antara pilar C dan D serta reflektor belakang dengan bentuk segitiga. Spesifikasi Wuling Xing Chi belum terungkap secara resmi.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya