Daihatsu Gran Max Punya Mesin Baru, Kini Ada Versi 1.500cc

Oleh Arendra Pranayaditya pada 30 Agu 2022, 17:10 WIB
Diperbarui 30 Agu 2022, 17:10 WIB
New Daihatsu Gran Max
Daihatsu Gran Max terbaru resmi meluncur di Senayan Park pada hari Selasa (30/8/2022). Perubahan utama terletak di interior dan mesin 1.500cc baru (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi merilis Daihatsu Gran Max terbaru. Lokasi peluncuran berada di Senayan Park, Jakarta dan berlangsung pada hari Selasa (30/8/2022). Melalui tagline “Sahabat Bisnis”, Daihatsu Gran Max terbilang sukses menjadi salah satu pilihan utama mitra bisnis pelaku usaha Indonesia.

Gran Max tercatat sudah terjual sebanyak 700.000 unit sejak debut perdananya di tahun 2007 silam. Bahkan mobil rakitan asal Indonesia ini juga menancapkan kukunya di Jepang, melalui merek Toyota sebagai TownAce dan LiteAce serta Mazda sebagai Bongo.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para pengusaha terhadap Daihatsu Gran Max sabagai Sahabat Bisnis mereka. Gran Max terbukti andal sebagai kendaraan operasional para pengusaha di berbagai daerah dan telah mendunia. Kami percaya, GranMax dapat menjadi pilihan utama bagi pengusaha baik yang baru memulai bisnis, maupun mengembangkan bisnis mereka," kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

Perubahan

Daihatsu Gran Max terbaru Pikap
Daihatsu Gran Max terbaru model pikap (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Perubahan Daihatsu Gran Max hanya berlaku untuk model 1.500cc. Varian 1.300cc tidak mengalami perubahan dan dijual dengan harga yang sama.

Salah satu ubahan paling utama terletak di sektor performanya. Daihatsu Gran Max tipe 1.5 kini mengusung mesin 1.500cc 1NR-VE Dual VVT-i dengan semburan tenaga 97hp di 6.000Rpm dan torsi mencapai 134Nm di 4.400Rpm.

Perubahan eksterior terbilang minim. Gran Max juga mendapatkan ukuran roda lebih besar diameter 14 inci. Dengan demikian ground clearance atau ketinggian dari tanah meningkat sekitar 15 mm dibanding model sebelumnya.

Perbedaan pelek bergantung pada model yang dipinang. Tipe rendah mendapatkan pelek kaleng, sedangkan trim atas dipasangkan pelek two tone lima palang.

Kenyamanan

Daihatsu Gran Max terbaru
Daihatsu Gran Max terbaru model Mini Bus (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Interior mobil ini juga mendapatkan beragam perubahan, terutama di area dasbor. Gran Max memiliki desain setir kemudi baru dengan empat palang, serta tambahan cup holder dan ruang simpanuntuk kemudahan peletakan barang.

Mobil niaga ini juga mendapatkan sistem kemudi Electronic Power Steering (EPS). Daihatsu mengklaim perubahan ini membuat Gran Max menjadi lebih mudah bermanuver dan mempunyai biaya perwatan yang lebih terjangkau.

Adapun penyegaran ringan di dasbor dengan MID baru dengan tampilan lebih modern dan clean. Selebihnya mobil ini tetap mengusung spesifikasi yang sama dengan model sebelumnya.

Spesifikasi yang tidak berubah

Interior Daihatsu Gran Max terbaru
Interior Daihatsu Gran Max terbaru (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Meski mendapatkan serangkaian ubahan, beberapa spesifikasi dari model sebelumnya tetap dipertahankan.

Sebagai contoh setiap kaca masih sistem engkol putar manual dan panel pintu masih mempunyai bahan vinyl. Lalu bahan jok yang digunakan tidak berubah dan radio bawaannya masih single din.

Gran Max terbaru juga mempertahankan bentuk bodi yang sama, serba mengotak dan fungsional. Mobil niaga ini masih menggunakan bentuk bumper depan yang sama dengan model sebelumya dan tidak mendapatkan upgrade lampu LED layaknya beragam tipe Gran Max di Jepang.

Harga

Lantaran perubahan ini hanya berlaku untuk varian 1.5, Gran Max 1.3 tetap dijual dengan banderolan yang sama.

Khusus Gran Max 1.5, mobil ini kini dibanderol mulai dari Rp 150,5 juta hingga Rp 213,8 juta. Harga bergantung pada pilihan model dan kelengkapan fitur, contohnya model minibus penumpang atau versi mobil box.

Daihatsu memastikan bahwa pemilik Gran Max terbaru bisa menjalankan servis dan perawatan berkala di setiap bengkel Daihatsu. Secara total ada 167 bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia.  

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya