Minat New Pajero Sport, Simak 5 Keunikannya

Oleh Nazarudin Ray pada 29 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 29 Agu 2022, 19:00 WIB
Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport, SUV yang punya fitur komplet (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta New Pajero Sport menjadi SUV premium yang selain menggendong nama legendaris juga menjadi pilihan bagi mereka yang mengingkan kendaraan multi-fungsi harga start Rp 500 jutaan.

Di level ini, para konsumen mapan menjadikannya pilihan karena postur, kenyamanan, daya muat, hingga purnajual. Namun di luar aspek-aspek termasuk bahasa desain yang cocok dengan selera, ada sejumlah keunikan dari kendaraan kekar 7-penumpang ini.

New Pajero Sport sendiri dipasangi mesin diesel 4N15 2.4L VGT-Intercooler, yang menyemburkan tenaga maksimum 181 PS pada 3.500 RPM, dan torsi 43,8 Kgm pada 2.500 RPM. SUV ini juga ditunjang oleh transmisi otomatis 8 percepatan dengan sport sequential.

Disebut dengan "New", bagian perwajahannya juga sudah diberikan sentuhan perubahan. Bahasanya "Dynamic Shield" khas Mitsubishi Motors.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

Kabin

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport mendulang banyak SPK di GIIAS 2022 kemarin (Otosia.com/Nazar Ray)

Pembaruan juga terdapat pada New Dynamic Shield Grille design, Active Cornering Lamp, Sunroof, dan New Front Combination Lamp.

Power Tail Gate (dengan Kick sensor dan remote control) menambahkan kemewahan. Sebab, tren ini semakin selaras dengan kelas SUV ini dengan adanya fitur tersebut.

Masuk ke kabin, New Pajero Sport sudah dilengkapi New Head Unit 8 inch dengan Smartphone-Link Display Audio (SDA). New LCD Meter Cluster 8” pula, dan yang membuat kondisi pandang sekitar saat mundur makin baik juga Multi Around View Monitor.

Supaya tambah manis, ada New Design Dual Zone Climate Control AC, New Auto Dimming Rear-view Mirror, New Hand Free Steering Switch, New Floor Console, dan untuk kebutuhan charging-charging, ada New AC Power Outlet.

 

Ground Clearance

Layaknya sebuah SUV, posisi adalah hal penting. Dengan perannya ini, dia dibuat dengan jarak dari bodi ke tanah secara ideal.

Ground clearance New Pajero Sport sendiri adalah 218 milimeter. Baik untuk kebutuhan dalam kota, maupun area yang sedikit offroad, maka tinggi ini cukup ideal dengan kedua fungsi itu secara bersamaan.

Kondisi jalan sulit untuk diterka dan Mitsubishi sudah menyematkan aneka perangkat pendukung keselamatan.

 

Sensor-sensor dan Melesat di Jalan Licin

Secara mendasar saja jika bicara sensor, Mitsubisi New Pajero Sport sudah dilengkapi 4 sensor di depan dan 4 sensor di belakang yang bertugas untuk mendukung kerja fitur-fitur keamanan.

Untuk fitur keamanan, New Pajero Sport dibekali Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), dan Brake Auto Hold (BAH).

Untuk sebuah SUV kelas atas, New Pajero Sport dibekali sistem-sistem pendukung untuk menjaga kestabilannya.

Dia sudah dilengkapi dengan fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) yang membuat pengendalian mobil jadi lebih baik dalam berbagai kondisi jalan dan cuaca.

 

Sistem Cegah Salah Injak Pedal

New Pajero Sport juga didukung Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS). Fitur ini sangat berperan ketika lalu lintas tidak bisa diterka, semisal tiba-tiba ada kendaraan lain yang rem mendadak tetapi lampu rem mati atau mereka yang tiba-tiba menyerobot jalur.

Fungsinya sangat berguna jika tiba-tiba pengemudi panik hendak melakukan rem mendadak atau panic braking tetapi malah menekan pedal gas.

Peran itu didukung Electronic Brake Distribution sehingga pengereman mobil dapat lebih aman dan nyaman karena distribusi pengereman diatur secara elektronis.

 

Melaju di tol atau pun offroad

Dengan fungsi ganda baik untuk di jalan tol maupun offroad, New Pajero Sport dibekali

Adaptive Cruise Control, jadi tidak terpaku pada satu pengaturan saja untuk kebutuhan terutama di jalan tol, apalagi tol panjang.

Untuk kebutuhan offroad, ada Super Select 4WD-II, Jika dulu transmisi 4WD masih menggunakan tuas transmisi tambahan untuk pindah dari 2WD ke 4WD, kini hanya butuh memutar tombol saja.

Kita bahkan bisa memindahkan mode penggerak roda dari 2WD ke 4WD pada kecepatan 100 km/jam. Ini akan berguna ketika misalnya tol tiba-tiba licin, lalu kita memfungsikan salah satu mode untuk mengontrol traksi tiap roda, seperti pada pilihan 4H (4WD High Range).

Di luar itu, tentu saja ada 4HLc dengan center differential yang terkunci, untuk mengemudi di jalanan kasar, pasir, atau tertutup salju, dengan torsi terdistribusi merata ke 4 roda.

Lalu ada juga 4LLc dengan prinsip sama seperti 4HLc, tetapi bekerja menggunakan torsi lebih besar.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya