Daihatsu Luncurkan Mobil Baru Besok, Gran Max atau Terios?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 29 Agu 2022, 14:12 WIB
Diperbarui 29 Agu 2022, 14:13 WIB
Daihatsu Gran Max terbaru
New Daihatsu Gran Max (YouTube/Dian kora)

Otosia.com, Jakarta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dipastikan akan meluncurkan produk baru besok, Selasa (30/8/2022). Infirmasi ini disampaikan pihak Daihatsu melalui undangan resmi yang diterima Otosia.com baru-baru ini. Lokasi peluncuran akan berlangsung di Kawasan Senayan, Jakarta.

“Bersama ini, kami mengundang Bapak/Ibu Sahabat Jurnalis untuk dapat hadir pada acara Konfrensi Pers Peluncuran Produk Baru Daihatsu yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2022,” tulis undangan resmi tersebut.

Yang menarik Daihatsu baru saja meluncurkan produk baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yakni Daihatsu Rocky improvement.

Meski belum lama memperkenalkan produk teranyar, mobil Daihatsu terbaru yang akan diluncurkan besok diprediksi adalah Gran Max.

Video Terpopuler saat Ini

Daihatsu Gran Max

Sisi belakang Daihatsu Gran Max terbaru
Sisi belakang Daihatsu Gran Max terbaru (YouTube/ Dian kora)

Prediksi pertama adalah Daihatsu Gran Max. Mobil niaga ini sudah cukup lama tidak menerima perubahan signifikan. Bahkan mobil ini bisa dibilang mempunyai spesifikasi yang sama sejak debut perdananya di tabun 2007 silam.

Sebagai contoh pelek bawaannya masih berukuran 13 inci dengan model lima palang, dasbor sederhana, setir dua palang, radio single DIN tanpa layar sentuh, panel pintu berbahan vinyl dan setiap kaca masih sistem engkol manual.

Gran Max di Indonesia tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah mesin 1.300cc dengan tenaga 88 PS dan torsi 114.7 Nm, lalu kedua jantung pacu 1.500cc yang menghasilkan output 97 PS dan torsi 134.3 Nm.

Perubahan

Interior Daihatsu Gran Max terbaru
Interior Daihatsu Gran Max terbaru (YouTube/M.T.O ChanneL)

Daihatsu Gran Max versi improvement terpantau sudah berada di beberapa diler di Indonesia. Keberadaan mobil ini terungkap pada akun YouTube Dian kora dan M.T.O ChanneL (automotive mechanics) belum lama ini.

Beberapa perubahan terlihat jelas di dasbor dan eksterior, mulai dari pelek baru berukuran 14 inci dengan warna two tone, setir empat palang yang lebih modern, cup holder di kedua sisi depan dasbor, panel instrumen lebih modern, serta beragam tombol dummy di sisi kanan setir.

Improvement paling mencolok adalah pergantian mesin untuk Gran Max 1.5. Pasalnya varian ini dibenamkan mesin 1.500cc 2NR-VE Dual VVT-i layaknya kepunyaan Xenia dan Terios. Mesin ini juga ditemukan di Gran Max Malaysia terbaru dengan semburan tenaga 97 hp dan torsi 134 Nm.

Selain itu sistem power steering bawaannya kini sudah Electric Power Steering yang memudahkan pengemudi untuk bermanuver.

Spesifikasi yang tidak berubah

Mesin 1.500cc di Daihatsu Gran Max terbaru
Daihatsu Gran Max terbaru mengusung mesin 1.500cc 2NR-VE seperti Xenia dan Terios (YouTube/M.T.O ChanneL)

Meski mendapatkan serangkaian ubahan, beberapa spesifikasi dari model sebelumnya tetap dipertahankan.

Sebagai contoh setiap kaca masih sistem engkol putar manual dan panel pintu masih mempunyai bahan vinyl. Lalu bahan jok yang digunakan tidak berubah dan radio bawaannya masih single DIN.

Gran Max terbaru juga mempertahankan bentuk bodi yang sama, serba mengotak dan fungsional. Mobil niaga ini masih menggunakan bentuk bumper depan yang sama dengan model sebelumya dan tidak mendapatkan upgrade lampu LED layaknya beragam tipe Gran Max di Jepang.

Kemungkinan lainnya

Di luar kesamaan spesifikasi dan bentuk, belum diketahui apakah model 1.3L akan mendapatkan perubahan yang sama atau tidak.

Selain Gran Max, beberapa model Daihatsu juga terpantau berpotensi menjadi kandidat. Contohnya adalah Daihatsu Terios yang hanya menerima update ringan berupa fitur Idle Start Stop (IDS) tahun lalu.

Lalu kemungkinan lainnya adalah Daihatsu Ayla. LCGC hatchback ini terakhir menerima ubahan signifikan di tahun 2020 melalui facelift. Ubahan yang disematkan mencakup bagian styling dan kelengkapan fitur.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya