Beli New Xpander Cross Masih Mahal, Harga Bekasnya Menggiurkan

Oleh Arendra Pranayaditya pada 28 Agu 2022, 09:10 WIB
Diperbarui 28 Agu 2022, 14:48 WIB
Mitsubishi Xpander Cross refreshment
Mitsubishi Xpander Cross minor improvement (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta New Xpander Cross diluncurkan PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kemarin.

Mobil keluarga bergaya SUV ini mendapatkan beragam ubahan, mulai dari tampilan baru, speedometer digital dan setir dari Pajero Sport, pelek desain berbeda dan fitur Active Yaw Control (AYC).

Perubahan tersebut juga meningkatkan harga Xpander Cross. Tipe MT kini dibanderol Rp 309,5 juta, sedangkan varian Premium CVT dijual Rp 335,75 juta.

Bagi yang berminat meminang Xpander Cross, namun dihadapkan pada dana terbatas bisa melirik ke pasar mobil bekas. Berapa harga Xpander Cross bekasnya saat ini?

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

Spesifikasi

Mitsubishi Xpander Cross bekas terbagi menjadi dua model. Pertama adalah Xpander Cross model awal tahun 2019 hingga 2021. Berikutnya adalah minor refreshment yang dijual pada tahun 2021 hingga 2022.

Meski terpisah menjadi dua model, kedua Xpander Cross ini tidak mempunyai perbedaan dari segi tampilan. LSUV ini baru menerima rombakan styling pada saat facelift di GIIAS 2022 kemarin.

Xpander Cross model awal mengusung tampilan gaya SUV, di mana sekiling bodi mendapatkan body cladding. Selain itu fitur yang diboyong lebih lengkap dibanding Xpander non-cross pada masanya, seperti lampu depan dan lampu kabut sudah LED serta pelek two tone berukuran 17 inci.

 

Interior

Interior Mitsubishi Xpander Cross minor improvement
Interior Mitsubishi Xpander Cross minor improvement (Otosia.com/Nazar Ray)

Perbedaan antara kedua model Xpander Cross paling terlihat di bagian interior. Mobil keluaran tahun 2019-2021 mengusung desain mirip kepunyaan Xpander, namun dengan kombinasi warna interior hitam-coklat, head unit berbeda dan tipe termahal mendapatkan jok kulit.

Lebih dari itu, Xpander Cross dan Xpander relatif sama dari segi desain dan fitur. LSUV ini disematkan MID berwarna, AC masih putar kenob, banyak ruang simpan, dan cruise control yang menjadi fitur andalan Xpander di masanya.

Lalu model kedua Xpander Cross yang diperkenalkan pada tahun 2021 mengusung interior Xpander facelift dengan beberapa perbedaan fitur.

Sebagai contoh panel-panel empuk di interior mobil ini dibalut warna biru, termasuk jok mobil yang sudah berbahan kulit. Xpander Cross minor improvement ini juga mendapatkan head unit dengan ukuran lebih besar menjadi 9 inci.

 

Keselamatan

Mitsubishi Xpander Cross pre-facelift
Mitsubishi Xpander Cross pre-facelift (Otosia.com/Nazar Ray)

Paket keselamatan Mitsubishi Xpander Cross kurang lebih sama dari model awal hingga facelift terbaru.

Setiap model mendapatkan sepasang airbags di dasbor, mempunyai Vehicle Stability Control (VSC), ABS, EBD, Hill Hold Control (HHC), sensor parkir dan kamera mundur. Yang berbeda terletak di Xpander Cross terbaru yang disematkan Active Yaw Control dan kamera 360.

Sementara peranti keselamatan aktif layaknya Advanced Driving Assistance System (ADAS) masih absen hingga saat ini. Dengan demikian Xpander Cross belum mendapatkan teknologi seperti Lane Keep Assist (LKA), Collision Mitigation Braking System (CMBS) ataupun Adaptive Cruise Control (ACC).

Performa

Setiap model Xpander Cross, baru maupun lama, tetap mempertahankan mesin yang sama.

Lebih tepatnya mesin 1.500cc naturally aspirated MIVEC dengan semburan tenaga 104 PS dan torsi 141 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis.

Khusus Xpander model awal tahun 2019-2021 girboks otomatis masih menggunakan model konvensional dengan torque converter dan mempunyai 4 percepatan. Model setelah minor improvement di tahun 2021 hingga tahun 2022 sudah mengusung transmisi CVT.

Harga

Berikut rincian harga Mitsubishi Xpander Cross bekas berdasarkan pantauan berbagai situs jual beli mobil bekas di Indonesia:

·     Xpander Cross tahun 2019-2021 MT Rp 250-260 jutaan

·     Xpander Cross tahun 2019-2021 AT Rp 260-290 jutaan

·     Xpander Cross tahun 2021-2022 MT Rp 270-280 jutaan

·     Xpander Cross tahun 2021-2022 AT Rp 290-300 jutaan

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya