Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Tutorial Lengkap Mengganti Busi Mobil

Oleh Ahmad Muzaki pada 27 Agu 2022, 09:08 WIB
Diperbarui 27 Agu 2022, 09:08 WIB
Ilustrasi busi (NGK Indonesia)
Ilustrasi busi (NGK Indonesia)

Otosia.com, Jakarta Busi adalah komponen terpenting yang ada di dalam sistem perapian di sebuah mobil. Fungsi komponen ini sangat vital pada sebuah mobil, berkaitan dengan nyala atau matinya mesin.

Cara kerjanya mesin akan bekerja karena adanya daya ledakan yang dikontrol busi dengan menyalurkan arus listrik dari perapian. Karena fungsi pentingnya ini busi harus selalu dicek secara berkala.

Jika fungsinya melemah maka sudah seharusnya segera mengganti busi baru. Nah, berikut ini cara mengganti busi mobil dengan mudah dan cepat. Simak selengkapnya!

Video Terpopuler saat Ini

1. Cari lokasi busi pada mesin (lihat buku petunjuk)

Biasanya pada saat membuka kap mesin mobil, akan terlihat sekelompok kabel yang berderet 4-8 yang mengarah ke beberapa posisi berbeda. Busi berada di dalam mesin di bawah kabel tersebut dengan tutup yang melindunginya.

Pada mobil yang memiliki 4 silinder busi bisanya berada pada bagian bawah atau samping mesin, namun pada mobil 6 silinder biasanya ada pada bagian atas mobil atau samping kepala mesin. Sedangkan mesin V6 dan V8 busi akan terbagi dua di tiap sisi mesin.

Beberapa mesin memiliki tutup yang harus dibuka dulu untuk melihat kabel businya. Otolovers harus melihat buku petunjuk dan pastikan dimana posisi busi tersebut, berapa banyak dan berapa jarak celah yang sesuai, serta ukuran kunci untuk membukanya.

2. Biarkan mesin dingin sebelum membuka busi mobil

Jika baru mematikan mesin mobil dengan kondisi masih panas maka diamkan dulu sejenak agar suhunya turun. Sebab pada bagian busi akan menjadi sangat panas.

Setelah itu siapkan peralatan untuk membuka busi mobil seperti Kunci sok/kunci busi, batang extension, Soket pembuka busi, biasanya terdapat pada set kunci busi, dan mengukur celah busi.

3. Buka busi pertama

Tarik kabel dari mesin yang menutupi busi agar terlihat dan jangan menggoyangkannya karena nantinya akan membuat longgar kabel busi. Lalu masukan kunci busi untuk membuka dengan hati hati.

Cek busi secara hati-hati dan lihat ada bekas terbakar atau tidak. Otolovers harus membukanya satu per satu, agar urutannya tidak berubah.

4. Periksa keausan busi lama

Sangat normal jika busi pada mobil kotor meskipun busi tersebut masih bekerja dengan baik. Namun perlu diketahui mengganti busi jika terlihat kotoran putih atau bekas terbakar dan elektrodanya hilang, itu pertanda busi sudah tidak bekerja secara baik atau maksimal.

5. Beli busi pengganti yang cocok

Saat mencari busi pastikan untuk melihat buku panduan mobil terlebih dahulu. Sehingga akan mengetahui jenis busi yang cocok untuk mobil Otolovers. Busi yang terbuat dari metal mahal biasanya akan lebih awet.

6. Masukkan busi baru dan kencangkan dengan kunci busi

Gunakan kunci busi untuk melepaskan setiap busi dari mesin dan ganti dengan yang baru. Kencangkan sedikit dan jangan terlalu kuat karena bisa merusak ulir pada kepala silinder mobil.

Begitulah cara memasang busi mobil, untuk itu perlunya mengecek secara berkala agar kelistrikan pada mobil bekerja dengan baik. Mengganti busi mobil penting karena jika busi sudah usang mobil tidak akan bisa menyala.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya