Suzuki S-Presso Berdandan Nyentrik, Kesannya Jadi Lebih Mahal

Oleh Arendra Pranayaditya pada 28 Agu 2022, 12:09 WIB
Diperbarui 28 Agu 2022, 12:09 WIB
Suzuki S-Presso dan render S-Presso JDM
Suzuki S-Presso yang dijual resmi dan render Suzuki S-Presso bergaya JDM (doc.Otosia.com, Instagram/@bayuhariw)

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan dua produk baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Salah satunya adalah Suzuki S-Presso yang debut sebagai city car terjangkau dengan tampilan SUV.

Khusus dari segi tampilan, Suzuki S-Presso terbilang menuai banyak pertanyaan. Beberapa orang menilai mobil ini kurang proporsional, terutama dari ukuran bodi kecil namun tinggi dan adanya rongga cukup besar di rumah ban belakang.

Lantaran desainnya menuai kritik, beberapa orang mencoba mendandani tampilan S-Presso dengan desain yang berbeda.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

Tema JDM

Render Suzuki S-Presso bergaya JDM
Render Suzuki S-Presso bergaya JDM (Instagram/@bayuhariw)

Salah satunya adalah akun Instagram @bayuhariw yang baru-baru ini mengunggah render Suzuki S-Presso berpenampilan sporti layaknya mobil Japanese Domestic Market (JDM). Pada dasarnya akun ini menyampurkan Suzuki S-Presso dengan kei car Jepang Suzuki Alto Turbo RS generasi kedelapan.

Perubahan desain bodi terbilang cukup signifikan. Nuansa SUV pada mobil ini dihilangkan sepenuhnya, lantaran body cladding berkelir hitam di bagian bawah kini dibuat menyatu dengan warna bodi.

Sebagai gantinya ada bodykit serba sporti dengan fender roda lebih menonjol keluar, membuat tampilan S-Presso lebih meaty dan proporsional. Adapun perubahan bentuk bumper dan lampu depan bergaya Alto Turbo RS.

 

Detail lainnya

Suzuki Alto Turbo RS
Suzuki Alto Turbo RS generasi kedelapan (autoevolution.com)

Sama seperti Suzuki Alto Turbo RS generasi kedelapan di Jepang, S-Presso ini dibalut warna putih dengan beberapa aksen merah, seperti di pintu samping dan spion. Atap mobil ini dibuat warna hitam.

Pelek bawaannya berubah. Kini lebih besar dan mengisi rongga rumah roda di depan dan belakang. Pelek sporti tersebut sudah standar digunakan pada Alto Turbo RS, dan sekilas mempunyai desain mirip dengan RS Watanabe F8.

Sebagai pelengkap, bagian interior dibuat nuansa racing dengan jok bucket seats dari Recaro dan ada roll cage di belakang.

 

Spesifikasi

Suzuki S-Presso memboyong mesin 998cc tiga silinder yang menghasilkan output 68 PS dan torsi 90 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks manual atau Auto Gear Shift (AGS) dengan 5 percepatan.

Sedangkan Alto Turbo RS generasi kedelapan dibenamkan mesin 658cc tiga silinder turbo berkode R06A yang menghasilkan ouput 64 PS dan torsi 100 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan atau setiap roda (AWD) melalui girboks manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT. Spesifikasi ini khusus untuk Alto Turbo RS dan Alto Works di Jepang.

Harga

Suzuki Alto Turbo RS generasi kedelapan sudah tidak lagi diproduksi. Lini produk Alto belum lama ini memasuki generasi kesembilan, namun belum diketahui apakah varian Turbo RS akan diperkenalkan kembali.

Pada saat Alto Turbo RS debut di tahun 2015, kei car ini dibanderol 1.293.840 Yen atau Rp 139,9 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 108,15) untuk tipe FWD. Sedangkan varian AWD dibanderol 1.405.080 Yen atau Rp 151,9 juta.

Di sisi lain Suzuki S-Presso di Indonesia ditawarkan pada harga Rp 155 juta untuk tipe Manual dan Rp 164 juta untuk model AGS.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya