Beda Nasib Suzuki Wagon R di Indonesia dan India, Kini Disiapkan Versi Listriknya

Oleh Arendra Pranayaditya pada 26 Agu 2022, 19:16 WIB
Diperbarui 26 Agu 2022, 19:16 WIB
Suzuki Wagon R EV
Suzuki Wagon R versi listrik terciduk sedang tes jalan di India (bgr.in)

Otosia.com, Jakarta Tahun lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghentikan produksi Karimun Wagon R di Indonesia. Salah satu alasan Karimun Wagon R disuntik mati karena Suzuki fokus untuk mengembangkan teknologi hybrid dan elektrifikasi secara lokal.

"Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi," ujar Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia dalam kesempatan lalu.

Berbeda dengan Indonesia, Karimun Wagon R justru tetap diproduksi di India. Mobil ini tampil dengan bodi yang lebih mengotak dan mempunyai desain yang lebih proporsional dan modern.

 

Video Terpopuler saat Ini

Wagon R Elektrik

Sektor buritan Suzuki Wagon R elektrik di India
Suzuki Wagon R versi elektrik mempunyai tampilan berbeda dengan versi Wagon R biasa (bgr.in)

Baru-baru ini Karimun Wagon R kedapatan sedang dites jalan di India. Melansir situs bgr.in, Kamis (25/8/2022), Karimun yang terekam kamera ini mengusung sumber daya listrik murni. Lokasi pengetesan berada di Manesar, dekat pabrik Suzuki di Gurgaon, India.

Yang menarik, Wagon R ini tidak ditutupi warna kamuflase sama sekali. Dengan demikian banyak detail-detail mobil ini terungkap ke publik.

Paling mencolok adalah fascia depan, di mana grill depan dihilangkan untuk mengurangi gesekan angin. Lalu lampu depan kini dipisah menjadi dua bagian, yakni di atas dan di bawah. Bahkan penempatan lampu kabut dan desain bumper mobil ini juga berbeda.

Sektor buritan Wagon R elektrik juga mendapatkan beragam ubahan, seperti desain bumper baru dengan reflector dan lampu belakang dibuat berwarna hitam. Ciri kuat bahwa mobil ini adalah Wagon R terlihat dari kaca samping dan aksen garis hitam yang tidak berubah.

Interior dan spesifikasi

Sayangnya kumpulan foto terkait Suzuki Wagon R elektrik masih sebatas spy shot. Belum diketahui jika ada perubahan di bagian interior dan spesifikasi seperti apa yang akan diusung nanti.

Namun situs ini memprediksi Maruti Suzuki India akan memberikan improvement di bagian interiornya, lantaran mobil listrik pada umumnya mempunyai harga lebih mahal dan mengedepankan teknologi terkini.

Suzuki Wagon R ini bisa jadi merupakan langkah baru Suzuki India untuk bermain di pasar Electric Vehicle (EV). Suzuki di India saat ini hanya menawarkan opsi hybrid di model-model tertentu, belum sepenuhnya berdaya listrik.

Suzuki Wagon R Jepang

Suzuki Wagon R konvensional
Suzuki Wagon R konvensional (marutisuzuki.com)

Suzuki Wagon R juga masih dipasarkan di Jepang. Bahkan belum lama ini menerima pembaruan sekaligus memperkenalkan model baru.

Kei Car ini sekarang tersedia dengan tiga pilihan model, yakni Wagon R, Wagon R Stingray dan yang terbaru adalah Wagon R Custom Z. Tipe terakhir diposisikan di tengah dengan desain sederhana dan Wagon R Stingray sebagai opsi top spek.

Setiap model sudah dilengkapi lampu-lampu pencahayaan LED, antenna short pole di bagian kiri belakang mobil, keyless entry untuk mempermudah keluar-masuk mobil, AC digital otomatis dan bisa dipinang sebagai “audioless” yang tidak dipasangkan head unit ataupun sistem audio.

Keselamatan dan performa

Peranti keselamatan Suzuki Wagon R di Jepang terbilang komplet, seperti adanya Hill Hold Control, Electronic Stability Programme, ABS, EBD, kursi sudah ISOFIX, jumlah airbags ada 6 buah dan Suzuki Safety Support.

Suzuki Safety Support mencakup fitur seperti Lane Keep Assist, Adaptive Radar Cruice Control, Collision Mitigation Braking System, Auto High Beam, Rear Cross Traffic Alert dan Kamera 360.

Suzuki Wagon R di Negeri Sakura tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah jantung pacu 658cc naturally aspirated tiga silinder berkode R06A. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 49 PS dan torsi 58 Nm.

Sementara pilihan lain adalah mesin yang sama, namun dipasangkan turbo. Tambahan peranti ini meningkatkan performa Wagon R menjadi 64 PS dengan torsi puncak di kisaran 95 Nm.

Setiap pilihan mesin bisa dikawinkan dengan sistem mild hybrid. Motor listrik dan baterai 10Ah bawaannya mendongkrak tenaga sekitar 3.1 PS dan torsi sebesar 50 Nm.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya