All New Toyota Sienta Resmi Meluncur, Ini Perubahannya

Oleh Arendra Pranayaditya pada 24 Agu 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2022, 20:00 WIB
All New Toyota Sienta
Toyota Sienta generasi ketiga terbaru (paultan.org)

Otosia.com, Jakarta Setelah cukup lama mengaspal secara global, Toyota secara resmi meluncurkan Sienta terbaru di Jepang. MPV dengan pintu samping geser ini mendapatkan perubahan total, mulai dari desain hingga sasis.

Melansir paultan.org, Rabu (24/8/2022) Toyota Sienta generasi ketiga kini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Lebih tepatnya TNGA-B dengan konfigurasi kursi untuk 5 penumpang atau 7 penumpang.

Secara dimensi, MPV ini relatif mirip dengan model sebelumnya. Toyota Sienta memiliki panjang 4.260 mm, lebar 1.695 mm dan jarak antar sumbu roda tercatat di angka 2.750 mm. Perbedaan utama berada di tinggi mobil sebesar 1.715 mm, sekitar 20 mm lebih tinggi dibanding model sebelumnya.

 

Video Terpopuler saat Ini

Eksterior

All New Toyota Sienta
Sisi samping dan tampilan belakang Toyota Sienta terbaru (carscoops.com)

Sama seperti bocoran yang tersebar di internet, All New Toyota Sienta mengusung tampilan unik khas mobil Jepang.

Desain Sienta generasi kedua yang penuh tarikan garis melengkung kini digantikan dengan bentuk membulat serba menonjol. Mobil ini mempunyai banyak body cladding di sekitar sisi samping dan area fender depan.

Selain itu desain kaca samping mobil ini dibuat lebih besar. Hal ini bisa tercapai melalui desain window line yang lebih rendah untuk meningkatkan visibilitas selama berkendara. Adapun lampu belakang yang dibuat ke atas dengan pintu bagasi baru yang diklaim bisa dibuka sekitar 15 mm lebih tinggi.

Secara fitur, Sienta ini sudah mendapatkan lampu pencahayaan serba LED di depan dan belakang, pintu geser elektrik untuk penumpang baris kedua dan pelek 15 inci berwarna two tone model kipas.

Interior

Interior Toyota Sienta terbaru
Interior Toyota Sienta terbaru (carscoops.com)

Interior mobil ini tidak kalah unik seperti eksteriornya. Sienta generasi ketiga mempunyai desain dasbor mendatar dan bertingkat, dengan banyak ruang simpan. Sebagai contoha adalah tempat simpan di dasbor depan dan cupholder di konsol tengah.

Yang menarik kursi baris kedua mobil ini masih menggunakan desain yang sama seperti model sebelumnya, yakni terbagi 50:50 dan belum mempunyai senderan tangan. Desain ini dipertahankan guna menyediakan ruang untuk kursi baris ketiga bisa dilipat ke dalam lantai.

Pilihan unik lainnya adalah penggunaan rear air circulator atau kipas angin di atap untuk menyalurkan hembusan angin AC ke belakang. Fitur ini berbeda dengan Sienta Indonesia saat ini yang sudah dilengkapi AC double blower.

Namun secara keseluruhan mobil ini mendapatkan beragam upgrade signifikan, seperti speedometer digital berukuran 7 inci, head unit besar berukuran 10.5 inci, bisa terhubung dengan fitur T-Connect, kerai privasi untuk kaca baris kedua dan kursi dengan bahan kain yang mudah dibersihkan.

Keselamatan

Ilustrasi Toyota Safety Sense
Ilustrasi Toyota Safety Sense yang sudah disematkan di setiap varian Toyota Sienta terbaru (toyota.jp)

Paket keselamatan di Toyota Sienta terbaru juga menerima improvement. Setiap model kini tersedia dengan peranti keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

Dengan demikian setiap Sienta generasi ketiga di Jepang sudah mempunyai fitur Lane Keep Assist, Collision Mitigation Braking System, Traffic Sign Assist, Dynamic Radar Cruise Control, dan lainnya.

Ada juga fitur Proactive Driving Assist yang membantu mengurangi kemungkinan terjadinya benturan dengan pejalan kaki, pesepeda dan mobil parkir. Sistem ini berfungsi melalui pemberian input setir ke jalur yang benar.

Performa dan harga

Ilustrasi mesin hybrid Toyota Sienta terbaru
Ilustrasi mesin hybrid Toyota Sienta terbaru (paultan.org)

Toyota Sienta terbaru tersedia dengan dua opsi mesin. Pertama adalah mesin 1.500cc tiga silinder M51A-FKS Dynamic Force dengan semburan tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks CVT. Mesin ini juga ditemukan di Toyota Yaris versi Eropa.

Pilihan kedua adalah mesin hybrid 1.500cc tiga silinder M15A-FXE Hybrid dengan Atkinson cycle. Jantung pacu ini menghasilkan output 91 PS dan torsi 120 Nm. Mesin ini lalu dikawinkan dengan motor listrik dengan baterai 6.5-Ah dengan tenaga 80 PS dan torsi puncak 141 Nm.

Mesin hybrid bisa dipinang dengan penggerak roda empat (AWD) E-four yang menambahkan motor listrik di roda belakang dengan output 3 PS dan torsi 44 Nm. Model hybrid menggunakan transmisi eCVT.

Toyota Sienta terbaru dijual mulai dari 1.950.000 Yen atau Rp 212 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 108,73) untuk tipe X 2WD 5-seater bermesin bensin konvensional. Sedangkan tipe termahal Hybrid Z E-four 7-seater dibanderol 3.108.000 Yen atau Rp 338 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya