LMPV Seharga Wuling Air ev Standard Range, Ini Pilihannya

Oleh Arendra Pranayaditya pada 22 Agu 2022, 20:02 WIB
Diperbarui 23 Agu 2022, 15:32 WIB
Wuling Air ev di area test drive GIIAS 2022 (doc. Otosia.com)
Wuling Air ev di area test drive GIIAS 2022 (doc. Otosia.com)

Otosia.com, Jakarta PT Wuling Motor Indonesia resmi meluncurkan mobil listrik Air ev di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Wuling Air ev menjadi mobil listrik termurah yang dijual oleh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) resmi di Indonesia.

Ada dua model yang ditawarkan. Pertama adalah Air ev Standard Range dengan jarak tempuh mencapai 200 km. Lalu opsi kedua adalah Air ev Long Range yang bisa menjelajah sejauh 300 km.

Khusus versi Standard Range, Air ev dibanderol Rp 238 juta on the road Jakarta. Harga tersebut setara dengan banderol beberapa LMPV di Indonesia, mulai dari Toyota Avanza hingga Ertiga.

Berikut pilihan mobil LMPV seharga Wuling Air ev Standard Range:

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

1.   Toyota Avanza

Toyota Avanza E
Toyota Avanza tipe E (Toyota Astra Motor)

Pertama adalah Toyota Avanza terbaru. Dengan dana seharga Wuling Air ev termurah, pilihan terbatas pada Avanza tipe 1.3 E M/T yang dijual dengan harga Rp 233,1 juta.

Meski menjadi tipe termurah dari lini produk Toyota Avanza, varian ini masih mendapatkan berbagai fitur-fitur menarik. Misalnya AC double blower, lampu depan dan belakang LED, head unit 7 inci, serta sepasang airbags di dasbor.

Toyota Avanza ini dibekali mesin 1.300cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi 12.4 kgm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan.

 

2.   Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia tipe X
Daihatsu Xenia tipe X (Astra Daihatsu Motor)

Pilihan berikutnya adalah Daihatsu Xenia. Berbeda dengan Avanza, pilihan model dengan dana yang sama lebih beragam di Xenia.

Sebut saja Xenia 1.3 X CVT dengan harga Rp 237,5 juta dan Xenia 1.3 R MT SC yang dijual Rp 232,6 juta. Masing-masing model mempunyai keunggulan tersendiri. Tipe 1.3 X CVT, selain bertransmisi matic, juga dilengkapi Traction Control dan Hill Start Assist.

Sementara Xenia 1.3 R MT SC lebih lengkap dari sisi fitur kenyamanan, seperti spion luar bisa dilipat secara otomatis, speedometer lebih modern, keyless entry dengan tombol start stop, serta head unit yang lebih besar.

Kedua versi dibenamkan mesin 1.300cc 1NR-VE dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi puncak 121 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan (1.3 R MT) atau transmisi CVT (1.3 X CVT).

 

3.   Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga GA
Suzuki Ertiga tipe GA (YouTube/L Channel)

Berikutnya adalah Suzuki Ertiga tipe GA yang dibanderol Rp 225,1 juta. Model ini menjadi pilihan termurah dari lini produk Ertiga di Indonesia.

Ertiga GA belum dilengkapi berbagai fitur-fitur kenyamanan, seperti AC standar, spion luar diatur secara manual, pelek kaleng, serta tidak mendapatkan head unit. Namun versi ini tetap mempertahankan power windows untuk setiap sisi, speedometer dengan MID dan lampu depan sudah projector.

Suzuki Ertiga termurah dibenamkan mesin K15B non-hybrid dengan output sebesar 105 PS dan torsi 138 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan.

 

4.   Honda Mobilio

Honda Mobilio S
Honda Mobilio tipe S MT (Honda Prospect Motor)

Lalu keempat adalah Honda Mobilio. Model yang tersedia hanya tipe termurah Honda Mobilio S M/T, lantaran Honda tidak menawarkan model lainnya sejak awal tahun 2022 silam. Model ini dijual dengan harga Rp 229,9 juta.

Meski tipe termurah dikhususkan untuk penjualan fleet, Mobilio S tetap mendapatkan MID kecil sederhana, AC double blower, head unit single DIN dengan konektivitas Bluetooth dan DRL depan sudah LED.

Honda Mobilio juga mempunyai performa mesin paling mumpuni di antara LMPV lainnya. Mobil ini dilengkapi jantung pacu 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 118 PS dan torsi 145 Nm. Penggerak roda berada di depan (FWD) dengan girboks manual 5 percepatan.

5.   Wuling Confero S

New Wuling Confero S ditampilkan menjelang acara otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022
New Wuling Confero S dipajang pada booth Wuling Indonesia menjelang IIMS Hybrid 2022. Mobil ini menjadi pilihan ideal bagi peminang mobil LMPV dengan harga terjangkau. (Otosia.com/Arendra Pranayditya)

Terakhir adalah Wuling Confero S. LMPV asal Tiongkok ini bisa dipinang dengan harga jauh lebih murah dibanding Air ev Standard Range. Lebih tepatnya tipe termahal ditawarkan pada harga Rp 225,3 juta, ini belum termasuk diskon dari Wuling.

Mobil keluarga ini juga terbilang lengkap di kelasnya, seperti ada DRL LED, lampu depan projector, head unit dengan konektivitas ke handphone, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) dan tersedia dengan opsi captain seat untuk baris kedua.

Confero S termahal mengusung mesin 1.500cc P-TEC VVT dengan semburan tenaga 107 hp dan torsi 142 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui girboks manual Auto Clutch Transmission (ACT) 6 percepatan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya