Comeback, Strategi Chery Bidik Pasar Kendaraan Premium di Indonesia

Oleh Nazarudin Ray pada 22 Agu 2022, 15:18 WIB
Diperbarui 22 Agu 2022, 15:18 WIB
Strategi Chery
SUV 5-seater Chery Tiggo 7 Pro di area test drive outdoor GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta Chery tidak sebatas comeback ke pasar otomotif Indonesia. Brand asal Tiongkok ini sudah ambil ancang-ancang untuk menggelontorkan investasi sebesar Rp 15 triliun di tanah air.

Sebagai langkah awal, Chery memanfaatkan momentum Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 untuk memperkenalkan kembali brand yang dulu sudah sempat dikenal di Indonesia.

Bukan MPV, segmen paling gemuk di Indonesia, namun Chery menjagokan SUV Premium 5 dan 7 penumpang, yakni Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

Memboyong keduanya ke tanah air bukan tanpa alasan, dari respon konsumen Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro merupakan jawaban atas kebutuhan orang Indonesia.

Kembali ke Indonesia dengan menyasar kelas yang lebih tinggi dari sebelumnya, tentu saja mengharuskan Chery memiliki strategi yang kuat, terutama kepercayaan pasar bahwa Chery memang memiliki kemampuan untuk menyediakan produk premium dan dapat melayani aktivitas purnajual dengan baik.

Video Terpopuler saat Ini

Momentum GIIAS 2022

Strategi Chery
Tao Yong, President Director PT Chery Sales Indonesia berpose di depan Chery Tiggo 8 (Otosia.com/Nazar Ray)

Pada GIIAS yang ditutup Minggu kemarin (21/8/2022) Chery mengusung tema “Chery Beyond Advanced” yang membawa empat nilai utama, yaitu green, root, link, dan technology.

Keempat nilai utama dalam “Chery Beyond Advanced” ini juga merupakan semangat yang dipegang dalam membangun landasan Chery untuk berkontribusi pada industri otomotif Indonesia.

Dengan strategi investasi yang telah direncanakan secara matang, Chery akan membangun pabrik produksi berkapasitas tinggi yang tidak hanya akan memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, namun juga menjadi basis produksi setir kanan untuk beberapa negara tujuan ekspor, serta dalam rencana yang lebih panjang termasuk untuk memproduksi kendaraan elektrifikasi yang sejalan dengan visi pemerintah Indonesia.

Strategi produk

Strategi Chery
Chery siapkan strategi jitu memasuki pasar SUV Premium di Indonesia (Otosia.com/Nazar Ray)

SUV Tiggo 7 dan 8 Pro adalah bagian dari strategi Chery untuk memenuhi kebutuhan konsumen urban yang bergaya hidup sukses, memiliki selera tinggi, namun berorientasi keluarga, melalui kabin dan material interior yang mumpuni, fitur-fitur yang menerapkan teknologi terkini, serta desain yang bergaya modern.

Sejalan dengan hal itu, Chery akan memastikan jaringan dealer-nya yang akan melayani penjualan dan purnajual di berbagai kota besar di Indonesia..

“Sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di China, kami membangun setiap detail produk kami, mulai dari mesin, interior hingga eksterior melalui serangkaian proses penelitian dan pengembangan yang telah diakui dan memenangkan penghargaan internasional, dan produk kami juga telah diakui keunggulannya, serta telah memenangkan hati pasar global di beberapa negara. Melalui TIGGO 8 PRO dan TIGGO 7 PRO, kami siap membawa kelas SUV Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi,” papar Tao Yong, President Director PT Chery Sales Indonesia.

Tiggo 7 Pro

Chery Tggo 7 pro merupakan SUV 5 penumpang yang menyasar kelompok elit perkotaan, tetapi juga penunjang gaya hidup yang multifungsi bagi penggunanya melalui empat USP yang memaksimalkan performa saat berkendara, seperti ADAS (Advanced Driving Assistance System). Dengan panjang bodi 4.500 mm dan jarak sumbu 2.670 mm, Chery mengadopsi keanggunan desain Tiggo Series secara keseluruhan melalui kisi-kisi berbentuk berlian dengan lampu LED matriks tajam yang saling melengkapi.

Selain itu, Chery juga menyematkan 360 Camera dengan surround view pada Tiggo 7 Pro yang didukung fitur Intelligent Tech HD Reverse Image dengan kualitas 1920 720 HD guna memperluas pandangan sekitar mobil, Chery Intelligent Voice Assistant, dan electric panoramic sunroof.

Chery Tiggo 7 Pro selain dibekali suspensi MacPherson independen juga memiliki fitur Adaptive Cruise Control yang dapat mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil dan mengatur kecepatan kendaraan. Untuk menunjang kualitas udara Tiggo 7 pro dilengkapi teknologi filter standar N95 pada aliran pendingin ruangan sebelum masuk ke dalam kabin.

Tiggo 8 Pro

Sementara Tiggo 8 Pro merupakan SUV premium berkapasitas tujuh penumpang yang memiliki karakter yang kuat, baik secara eksterior maupun interior. SUV ini dirancang untuk pecinta otomotif dengan High-end Lifestyle. Nuansa business class yang dihadirkan oleh Tiggo 8 Pro sangat selaras dengan gaya hidup perkotaan dengan kekuatan mesin 2.0TGDI.

Tiggo 8 Pro mengusung konsep desain global Chery 3.0 "Aesthetic Content and Form" yang mengadaptasi gaya high-end, dengan fitur-fitur elegan dan berteknologi mewah.

Dilengkapi dengan 12 fungsi ADAS seperti automatic start-stop, Adaptive Cruise Control (AEC), Automonous Emergency Braking (AEB) dan Forward Colission Warning (FCW), menjadikan SUV ini mampu meningkatkan keselamatan perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya