Bongkar Rahasia New MG ZS EV, SUV Bertampang Keren dengan Mesin Listrik Pertama di Indonesia

Oleh Nurrohman Sidiq pada 21 Agu 2022, 17:21 WIB
Diperbarui 21 Agu 2022, 17:21 WIB
MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Morris Garage (MG) membuat kejutan dengan menghadirkan mobil baru MG ZS EV di GIIAS 2022. Menariknya, mobil ini merupakan sebuah SUV yang tergolong dalam BEV (Battery Electric Vehicle) alias murni bermesin listrik.

Kemunculan mobil listrik ini selaras dengan tema booth mereka EVolution Forward yang mempertegas bahwa MG sudah siap dengan teknologi terdepan dan segala kecanggihannya.

Hal ini juga menyangkut salah satu dari empat pilar kualitas yang ditekankan pada Brit Dynamic selama proses evolusinya 100 tahun terakhir.

 

 

 

Video Terpopuler saat Ini

Rahasia Kecanggihan MG ZS EV

MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

MG ZS EV lahir dengan desain mewah khas Brit Dynamic yang menggunakan teknologi Permanent Magnet Synchronous Motor. Baterai yang dipakai berjenis lithium ion dengan kapasitas 50,3 kWh. Dalam satu kali catu daya, ia mampu menempuh jarak sampai 403 km (NEDC mode). Range yang sangat jauh untuk sebuah SUV listrik.

Pengisian dayanya juga cepat. Dalam waktu 1 jam 3 menit, dayanya bisa terisi sampai 80% (memakai charger 50kW).

Baterai yang dipakai memiliki mode V2L (Vehicle to Load). Inovasi ini bikin MG ZS EV layaknya power bank berjalan karena bisa mengalirkan daya listrik ke benda lain, misalnya saja sepeda listrik.

“Kami memiliki harapan New MG ZS EV sebagai mobil elektrik berbasis SUV pertama yang MG hadirkan untuk Indonesia akan meredefinisi ekspektasi mereka akan pengalaman berkendara ramah lingkungan yang maksimal dan menyenangkan,” ujar Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia.

 

Keselamatan Berkendara

Ciri khas MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
Ciri khas MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sebagai sebuah SUV yang melakukan penetrasi di Indonesia, daya jual MG ZS EV turut diperkuat dengan banyaknya fitur keselamatan. Ya, SUV tanpa teknologi keselamatan kelas wahid kini serasa mulai ketinggalan kereta.

Makanya MG punya inovasi yang disebut MG Pilot. Sistem ini memiliki ragam mode safety berkendara mulai dari Active Emergency Braking with Pedestrian and Bicycle Detection, Lane Keep Assist with Lane Departure Warning System dan Traffic Jam Asisst.

Selain itu masih ada Intelligent Speed Limit Assist, Intelligent High Beam Assist dan tidak kalah penting Adaptive Cruise Control.

 

Ketertarikan Pasar

Interior MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
Interior MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sebelum melantai di Indonesia, MG ZS EV sudah terlebih dahulu dipasarkan ke negara lain. Prancis merupakan negara paling menyenangi produk ini dengan rasio penjualan mencapai 21,8%, diikuti Swedia (21,5%), Jerman (14,5%) dan Norwegia (13,8%).

Soal keselamatan mobil ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena berhasil memperoleh peringkat bintang 5 Euro NCAP. Hal ini menempatkan MG ZS EV sebagai SUV 100% listrik dalam segmen B paling safety.

Tidak heran bila mobil ini menyabet banyak penghargaan, seperti Car of the Year di Swedia tahun 2022, Family Car of the Year 2021 di Belgia, dan Affordable EV of the Year 2022 di Inggris.

Pembuktian di GIIAS 2022 dengan EVolution Forward

MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)
MG ZS EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Selain di banyak negara, MG ZS EV juga menjadi pusat perhatian publik selama bertandang di GIIAS 2022 bersama model-model MG lainnya dalam balutan EVolution Forward.

Dari catatan MG Motors, ada lebih dari 1.000 pengunjung GIIAS melakukan test drive untuk produk New MG ZS, MG HS i-SMART, MG 5 GT, dan MG ZS EV!

“Morris Garages tetap konsisten dan gencar menegaskan komitmennya dalam menjaga kualitas Brit Dynamic pada setiap mobil kendaraannya. Pada perhelatan GIIAS kali ini, MG memberikan perhatian khusus pada dua dari empat pilar Brit Dynamic, yaitu desain dan teknologi yang terdepan. Dengan kehadiran model SUV, sedan, serta EV dan bahkan double cabin di portofolio MG di Indonesia, maka penerimaan MG di tengah masyarakat Indonesia akan semakin positif dan kami optimis MG akan semakin menggairahkan nuansa berkendara di Indonesia,” ungkap Arief Syarifudin selaku Marketing and PR Director MG Motor Indonesia.

Selain itu, hampir 150.000 orang bertandang ke booth MG untuk menyaksikan sendiri mobil-mobil keren dan canggih yang mereka tawarkan. Dari sini MG bahkan berhasil menarik lebih dari 1.000 calon konsumen.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya