Bisa Jadi Inspirasi, Daihatsu Pamer Terios dengan Tampang Khas 7 Wonders

Oleh Arendra Pranayaditya pada 21 Agu 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 21 Agu 2022, 09:00 WIB
Daihatsu Terios 7 Wonders
Daihatsu Terios dimodifikasi bertema 7 Wonders (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Daihatsu hadirkan unit modifikasi bertema Terios 7 Wonders di booth Daihatsu Hall 5A pada perhelatan GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada 11 – 21 Agustus 2022.

Secara total PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan 9 produk di GIIAS tahun ini, mulai dari Daihatsu Xenia, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Daihatsu Sirion, Daihatsu Rocky, Daihatsu Ayla BEV, serta Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid.

Sementara dua produk lainnya merupakan unit modifikasi yang dikembangkan oleh tim Research and Development PT ADM, yakni Xenia Sport & Terios 7 Wonders.

Video Terpopuler saat Ini

Terios 7 Wonders

Daihatsu Terios 7 Wonders Rear
Sisi belakang Daihatsu Terios bertema 7 Wonders (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Pada unit modifikasi Terios, didesain dengan mengedepankan tampilan tough dan adventurous sesuai dengan product positioning Terios sebagai rear-wheel drive SUV.

Mark Widjaja, selaku Kepala Divisi Industrial Design PT Astra Daihatsu Motor menjelaskan bahwa selain styling yang lebih tough, di event GIIAS ini Daihatsu juga ingin menunjukkan milestone ekspedisi Terios 7 Wonders yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak 2012 hingga saat ini.

“Sebagai model dengan tagline Sahabat Petualang, kami berharap hadirnya unit modifikasi Terios ini dapat memberikan inspirasi bagi Sahabat Daihatsu dalam memodifikasi kendaraannya. Sekaligus mempromosikan ekspedisi Terios 7 Wonders yang juga merupakan salah satu program ikonik khas Daihatsu dalam eksplorasi jelajah nusantara di Indonesia,” ujar Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebagaimana diketahui, ekspedisi Terios 7 Wonders telah sukses jelajahi berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari Sumatera pada tahun 2012, Jawa (2013), Kalimantan (2014), Flores (2015), Sulawesi (2016), Maluku Utara (2017), Maluku Selatan (2018), Bengkulu, Pontianak, dan Kolaka pada 2019, serta Kalimantan, dan Sumba pada 2022.

 

Tampilan

Daihatsu Terios 7 Wonders Samping
Daihatsu Terios bertema 7 Wonders mempunyai catatan ekspedisinya di bagian samping mobil (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Terios modifikasi yang berbasis varian R A/T ini hadir dengan warna two-tone perpaduan antara sand khaki dan hitam, dengan tambahan aksen oranye.

Fascia Terios yang dibuat all black menambah kesan tangguh yang khas petualang. Tampilan warna black matte pada area bumper yang dipadukan aksen garis oranye secara continuous dari headlamp ke grill memberikan kesan maskulin pada keseluruhan tampilan Terios.

Pada sisi samping terlihat livery yang menggambarkan sejarah perjalanan Terios 7 Wonders yang merupakan kegiatan ekspedisi jelajah nusantara dengan tujuan mengekspos mulai dari keindahan alam, kekayaan flora dan fauna, hingga budaya kearifan lokal yang ada di Indonesia.

Sektor buritan mobil ini juga menggunakan rear lamp model smoked black, juga dilengkapi dengan aksen oranye. Terios menggunakan velg original berdiameter 17 inch dengan nuansa two tone untuk menambah kesan adventurous dengan aksen oranye. Velg ini dibalut ban Savero A/T Plus 235/75 R17, serta diberikan lift-kit agar mobil terlihat lebih gagah.

Menyempurnakan tampilan Terios si Sahabat Petualang, Daihatsu menyematkan roof rack dan light bar berwarna hitam di bagian atap.

 

Spesifikasi

Daihatsu Terios 7 Wonders
Daihatsu Terios 7 bertema 7 Wonders di GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazar Ray)

Daihatsu Terios tahun lalu sempat menerima penyegaran ringan. LSUV ini mendapatkan tambahan fitur Idling Start Stop (ISS) yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi sekaligus menghemat bahan bakar.

Selain penambahan fitur tersebut, Daihatsu Terios tetap mempertahankan spesifikasi yang sama dengan model sebelumnya.

Dengan kata lain mobil ini Setiap model masih mendapatkan lampu depan dan belakang LED dan shark fin antena.  Varian tertinggi R AT Custom mendapatkan tampang yang lebih sporti dengan bodykit berbeda, pelek dual tone, serta tarikan garis bewarna oranye di bagian samping mobil.

Untuk kenyamanan dan keselamatannya relatif sama. Daihatsu menyematkan berbagai fitur unggulan, seperti kamera 360, AC otomatis digital, lampu otomatis, head unit dengan konektivitas ke hand phone, empat airbags, ABS, EBD, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HAS), Emergency Stop Signal (ESS), keyless entry dan tombol start stop.

Daihatsu Terios dibenamkan mesin 1.500cc empat silinder naturally aspirated yang menghasilkan tenaga 104 PS dengan torsi 136 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau girboks otomatis 4 percepatan.

 

Harga

Berikut daftar harga Daihatsu Terios terbaru:

  • Terios X MT IDS Rp 232.200.000
  • Terios X MT DLX IDS Rp 242.200.000
  • Terios X AT DLX IDS Rp 252.800.000
  • Terios R MT IDS Rp 264.800.000
  • Terios R MT DLX IDS Rp 285.400.000
  • Terios R AT IDS Rp 275.300.000
  • Terios R AT DLX IDS Rp 285.400.000
  • Terios R MT Custom IDS Rp 287.400.000
  • Terios R AT Custom IDS Rp 287.400.000
 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya